Manfaat Menaruh Tanaman di Kamar Mandi Tanaman di dalam kamar mandi memiliki banyak fungsi. (Unspash/Curology)

KEHIDUPAN modern menuntut orang untuk serba cepat dan instan. Perlu jeda waktu untuk meredakan ketegangan akibat ritme tersebut. Kamar mandi bisa menjadi tempat yang praktis dan tepat untuk sedikit meredakan ketegangan. Dengan sedikit tambahan dekorasi tanaman hidup di dalamnya, peredaan ketegangan bisa lebih berkualitas.

Ya, tanaman di dalam kamar mandi memiliki banyak fungsi. Mereka tak hanya sebagai pemanis dekorasi kamar mandi, tapi juga membantu memberikan ketenangan bagi jiwa-jiwa yang sumpek setelah seharian berkutat dengan rutinitas.

Tak perlu takut tanaman cepat mati, banyak tanaman justru sangat cocok hidup di lingkungan yang lembab dan kurang cahaya seperti kamar mandi. "Bahkan di kamar mandi kecil, tanaman dapat tumbuh dengan sangat baik," kata Shane Pliska, pemilik Planterra Interior Landscaping di Detroit, Amerika Serikat, seperti dikutip today.com.

Karena itu, tak ada ruginya jika kamu mulai mencoba menaruh sejumlah tanaman di kamar mandimu. Tak peduli seberapa kecil atau luas kamar mandimu, berikut ini beberapa manfaat menaruh tanaman di kamar mandi.

Menghilangkan Bau Tak Sedap

Baca juga:

4 Benda Ini Seharusnya Tak Disimpan di Kamar Mandi

tanaman di kamar mandi
Tanaman di kamar mandi akan membantu kamu mengurangi bau tak sedap. (Unsplash/Phil Hearing)

Kamar mandi di Indonesia lazimnya berjenis kamar mandi basah. Artinya kamar mandi ini sering terkena percikan air dari bak mandi, pancuran, keran air, dan kloset jongkok. Karena sering terkena percikan air, kamar mandi ini akan lembab dan cenderung berbau tak sedap jika tak dibersihkan.

Tak perlu khawatir jika kamu hanya punya sedikit waktu untuk membersihkan kamar mandi supaya tak berbau. Tanaman di kamar mandi akan membantu kamu mengurangi bau tak sedap.

"Pada pagi hingga sore hari, tanaman mengeluarkan oksigen sebagai bentuk fotosintesis. Dengan adanya kadar oksigen tambahan pada ruang, tentu akan cepat membantu menghilangkan bau tak sedap yang menempel di kamar mandi," terang tim MRA dan Casa Indonesia dalam Makeover Kamar Mandi.

Mengurangi Kelembapan

Udara lembab berpotensi menumbuhkan jamur di kamar mandi. Selain itu, kamar mandi yang lembab juga akan jadi tempat subur tumbuhnya bakteri. Meski tanaman tak bisa menghilangkan jamur dan bakteri, kehadiran mereka dapat menutup kesempatan jamur dan bakteri tumbuh.

Tanaman menyerap kadar air di udara sehingga akan mengurangi kelembapan. Ini berarti potensi jamur dan bakteri untuk berkembang akan terhambat. Kamar mandimu pun bisa jadi lebih sehat.

Menciptakan Udara Lebih Bersih

Baca juga:

Setop Kebiasaan yang Merugikan Kesehatan di Kamar Mandi!

tanaman di kamar mandi
Kamar mandi salah satu ruang yang memungkinkan pengendapan partikel mikro berbahaya. (Unsplash/Jared Rice)

Jika kamu punya mata yang bisa melihat partikel mikro, kamu akan terkejut. Rumahmu ternyata dipenuhi oleh berbagai macam partikel berbahaya yang melayang di udara tanpa pernah terlihat oleh mata telanjang. Kamar mandi salah satu ruang yang memungkinkan pengendapan partikel mikro berbahaya. Apalagi jika sirkulasi udara di dalamnya tak dirancang dengan baik.

Menaruh tanaman di kamar mandi dapat mengurangi partikel tersebut. "Tanaman menarik karbondioksida dari udara dan menggantinya dengan oksigen, mereka juga menarik partikel berbahaya dari udara. Bersama mereka, kamu bisa bernafas sedikit lebih lega," tulis 21oak.com. Ini juga berarti tubuh kamu akan lebih sehat karena dipasok udara yang lebih bersih.

Meningkatkan Mood

Dulu mandi hanya aktivitas membersihkan tubuh. Tapi sekarang, mandi sering digunakan sebagai sarana kontemplasi dan relaksasi. Nah, bagaimana kalau aktivitas itu didukung oleh tanaman yang terbukti mampu meningkatkan mood?

Laman ellisonchair.tamu.edu membeberkan manfaat tanaman untuk meningkatkan mood. "Bunga dan tanaman hias mendatangkan energi positif dan membantu orang merasa aman dan santai," tulis laman tersebut. Bahkan, penelitian lain, seperti dikutip directsinks.com, menunjukkan orang yang hidup dengan bunga dan tanaman akan punya umur lebih panjang.

Memperbaiki Kesehatan Fisik dan Mental

Dari semua manfaat tanaman di kamar mandi yang disebutkan tadi, akhirnya berujung kesimpulan bahwa mereka bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Udara bersih akan membuat tubuh lebih sehat sehingga meningkatkan kekebalan tubuh untuk menangkal segala penyakit.

Sedangkan manfaat memperbaiki mood berhubungan dengan kesehatan mental. Laman greenthumbplanet.com menyebutkan bahwa banyak orang merasa lebih tenang dan santai ketika melihat tanaman di sekitarnya. Menaruh tanaman di kamar mandi akan memberikan manfaat serupa. (dru)

Baca juga:

Bahaya Bercinta di Kamar Mandi, Salah Satunya Bikin Miss V Kering

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Showroom Interior Hadir untuk Menemukan Inspirasi Hunian Impian
Home Lifestyle
Showroom Interior Hadir untuk Menemukan Inspirasi Hunian Impian

Rasakan pengalaman berbeda saat mengunjungi showroom interior.

Alasan Kenapa Tikus Sering Gigitin Kabel di Rumah
Home Lifestyle
Alasan Kenapa Tikus Sering Gigitin Kabel di Rumah

Para peneliti mengetes 32 tikus dan memberi tikus-tikus tersebut kabel-kabel yang berbeda warna, jenis, dan rasa.

Carstensz Residence Serah Terima Unit Tower Flamboyan
Property
Carstensz Residence Serah Terima Unit Tower Flamboyan

Apartemen mewah nan cocok bagi pasangan milenial.

Menata Interior Rumah Sesuai Kepribadian
Hiburan & Gaya Hidup
Menata Interior Rumah Sesuai Kepribadian

Mengenali tipe kepribadian adalah langkah awal untuk menata interior rumah.

Perlengkapan yang Wajib Ada di Kamar Bayi
Home Lifestyle
Perlengkapan yang Wajib Ada di Kamar Bayi

Salah satu keuntungan memakai kamar tersendiri untuk bayi adalah keleluasaan dalam mengatur posisi furnitur.

 BTN dan BPJamsostek Berikan Rp 500 Juta Bunga 7 Persen Buat KPR
KPR
BTN dan BPJamsostek Berikan Rp 500 Juta Bunga 7 Persen Buat KPR

Untuk fasilitas PUMP, peserta bisa mengajukan kredit hingga Rp150 juta yang dapat dipergunakan untuk uang muka.

7 Tempat Terbaik untuk Pasang CCTV di Rumah
Fun
7 Tempat Terbaik untuk Pasang CCTV di Rumah

Sebagus apapun CCTV, jika tidak menempatkannya dengan baik dan benar, pengawasan akan kurang berfungsi.

Merdeka 118, Gedung Tertinggi Kedua Dunia Saingan Burj Khalifa
Property
Super Taifun Nanmadol Berpotensi Batalkan MotoGP Jepang
Property
Super Taifun Nanmadol Berpotensi Batalkan MotoGP Jepang

Penyelenggara MotoGP berpotensi batalkan GP Jepang akibat taifun dan cuaca buruk.

Tips Naik Kelas Mengolah Dinding Tanpa Pusing
Home Lifestyle
Tips Naik Kelas Mengolah Dinding Tanpa Pusing

Tak sekadar pelindung untuk para penghuninya, kini dinding menjadi elemen penegas estetika rumah;