Setop Kebiasaan yang Merugikan Kesehatan di Kamar Mandi! Kurangi kebiasaan yang enggak sehat di kamar mandi (Foto: Pexels/Christa Grover)

KAMAR mandi adalah tempat kita membersihkan diri sekaligus menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman. Terlebih jika tak rutin dibersihkan. Mungkin kamu pernah mendengar gagasan bahwa rumah yang bersih dilihat dari kamar mandi yang bersih. Logikanya, bagimana sebuah rumah bisa dikatakan bersih jika tempat orang yang tinggal di dalamnya untuk memebersihkan diri tidak higienis?

Baca juga:

Sambut Hari Lebih Baik, Hindari 4 Kebiasaan Merugikan Ini saat Bangun Tidur

Meski terlihat bersih, banyak penyakit yang disebabkan dari kebiasaan kita menggunakan kamar mandi. Kebiasaan-kebiasaan yang mungkin jarang kita sadari risikonya. Merangkum laman Hellosehat, empat kebiasaan yang merugikan kesehatan berikut sebaiknya mulai kamu pikirkan kembali untuk diulangi.

1. Main Gadget

Setop Kebiasaan yang Merugikan Kesehatan di Kamar Mandi!
Main Gadget di kamar mandi kebiasaan tak sehat (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Mungkin kamu salah satunya, yang sering membawa gadget ke kamar mandi. Entah untuk sekedar baca berita atau cek media sosial. Meski kamu sudah yakin akan kebersihan tangan saat ke luar kamar mandi, sangat mungkin untuk bakteri dan kuman menepel di gadget yang kamu bawa. Ini menjadi salah satu faktor mengapa ponsel atau gadget menjadi salah satu benda paling kotor yang ternyata sangat dekat denganmu.

2. Tak Mencuci Tangan dengan Benar

Setop Kebiasaan yang Merugikan Kesehatan di Kamar Mandi!
Tidak Mencuci tangan dengan benar bisa menjadi bumerang (Foto: Pexels/Anna Shvets)

Mencuci tangan merupakan cara ampuh untuk menghilangkan kuman dan mencegah dari penyakit. Kalau mencuci tangan tak benar, maka kuman di kamar mandi bisa terbawa ke luar, bahkan sampai kamu makan. Jadi, cucilah tanganmu dengan air mengalir dan sabun selama 20-30 detik. Jangan lupa untuk memebersihkan bagian bawah kuku ya!

Baca juga:

5 Kebiasaan Perempuan ini Justru Merugikan Kesehatan

3. Menumpuk Pakaian di Lantai Kamar Mandi

Setop Kebiasaan yang Merugikan Kesehatan di Kamar Mandi!
Jangan tumpuk pakaian kotor di lantai kamar mandi (Foto: modernbathroom)

Kebiasaan merugikan kesehatan lainnya yakni menimbun pakaian di kamar mandi. Lantai kamar mandi sama kotornya dengan wc, menumpuk baju bekas pakai di kamar mandi tentu berisiko menyebarkan bakteri. Suhu di kamar mandi dan pakaian kotor membuat udara di kamar mandi lembap dan bau apek, tempat sempurna untuk sarang virus dan bakteri.

4. Satu Handuk Tangan untuk Semua Orang

Setop Kebiasaan yang Merugikan Kesehatan di Kamar Mandi!
Caption

Menggunakan tisu sekali pakai lebih baik untuk mengeringkan tangan dan mengendalikan penyebaran kuman. Tetapi, masih ada kamar mandi yang menggunakan satu handuk tangan. Tanpa sadar ini dapat dampak buruk dan merugikan kesehatan. Jika tetap mempertahankannya, setidaknya handuk harus diganti sehari sekali. (Bfm)

Baca juga:

4 Kebiasaan yang Membuat Kesehatan Memburuk



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH