Kesehatan

Manfaat Kiwi untuk Kehamilan

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 15 Agustus 2022
Manfaat Kiwi  untuk Kehamilan
Kiwi bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. (Pexels/pixabay)

ADA baiknya ibu hamil lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Sebab kesehatan janin harus dijaga agar bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik. Makanan dan Minuman yang baik dan sehat biasanya menjadi konsumsi sehari-hari bagi ibu yang sedang mengandung.

Dikutip Dr Health Benefit, salah satu cara untuk memberikan nutrisi untuk bayi yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan. Namun, tidak semua buah aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Buah yang aman dikonsumsi pada saat mengandung, salah satunya kiwi.

Baca Juga:

Berencana Hamil Anak Kedua? Berikut yang Harus Kamu Pertimbangkan

Kiwi sangat direkomendasikan untuk ibu hamil karena mengandung vitamin dan mineral. Seperti vitamin C, A, E, K, folat, kalium, zat besi, tembaga, magnesium, fosfor, dan kolin.

Banyak vitamin yang terkandung dari Kiwi seperti Vitamin C, E, K, dan masih banyak lagi. (Pexels/jj jordan)


1. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Dengan mengonsumsi dua hingga tiga buah kiwi sehari, bisa membantu menurunkan kadar lemak juga membantu pengenceran darah. Dengan begitu, kesehatan jantung ibu hamil terjaga. Kiwi juga memiliki kadar potasium tinggi yang efektif untuk menurunkan tekanan darah serta mencegah serangan jantung mendadak.

2. Menjaga tulang agar tetap kuat

Buah kiwi yang kaya akan vitamin K, sangat bermanfaat untuk membangun tulang kuat. Hal ini juga mempercepat proses penyembuhan tubuh dan mengurangi pembekuan darah. Selama kehamilan, jumlah vitamin K yang cukup juga dibutuhkan pada saat persalinan karena tubuh akan kehilangan banyak darah.

Baca Juga:

Bahaya Hipertensi Untuk Ibu Hamil dan Janin

Kiwi bisa dikonsumsi secara langsung ataupun di buat jus. (Pexels/any lane)


3. Perlindungan terhadap kerusakan radikal

Selain vitamin dan mineral, kiwi juga kaya akan antioksidan. Antioksidan sangat penting untuk mengurangi kerusakan sel akibat oksidasi. Pada ibu hamil, risiko stres oksidatif cenderung tinggi dan dapat ditangani secara efektif dengan mengonsumsi kiwi. Buah yang tinggi vitamin C ini membantu memperbaiki sel dan merangsang pertumbuhan baru.

4. Mengurangi risiko stretch mark

Ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi kiwi secara teratur akan dapat mengurangi risiko stretch mark saat melahirkan. Hal ini merangsang pembentukan kolagen yang bertanggung jawab untuk elastisitas kulit. Oleh karena itu, risiko terkena stretch mark juga akan berkurang. Tidak hanya itu, disarankan juga untuk mengoleskan krim pelembap pada area perut agar khasiat kiwi untuk mengurangi risiko stretch mark maksimal. (yos)

Baca Juga:

Kulit Mulus Bebas Stretch Mark di Masa Kehamilan

#Kesehatan #Ibu Hamil
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan