kehamilan

Kulit Mulus Bebas Stretch Mark di Masa Kehamilan

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Kamis, 17 Februari 2022
Kulit Mulus Bebas Stretch Mark di Masa Kehamilan
Bebas stretch mark saat hamil (Sumber: Pexels/freestockorg)

MASA kehamilan membawa begitu banyak perubahan berarti bagi calon ibu. Salah satunya tubuh. Di masa kehamilan, perempuan mengalami perubahan bentuk tubuh dan berat badan untuk memberi ruang bagi bayi yang sedang berkembang. Perubahan ini kerap diikuti dengan munculnya stretch mark pada perut, dan bagian tubuh lainnya.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Mama’s Choice terhadap 1515 orang perempuan menunjukkan 91% diantaranya mengalami stretch mark. Stretch mark bukan hanya dialami oleh ibu yang hamil saja. stretch mark juga rawan muncul pada mereka dengan kenaikan berat badan atau penurunan berat badan yang sangat ekstrem.

Baca juga:

Seorang Pria Positif COVID-19 Selama 14 Bulan, Kok Bisa?

"Orang dengan obesitas dan orang yang berat badan terlalu cepat turun bisa menimbulkan stretchmark. Pertumbuhan saat remaja yang begitu pesat (growth spurt) juga bisa menimbulkan stretchmark. Biasanya di area paha atau payudara," tutur dr. Dia Febrina SpKK dalam virtual launching, Mama's Choice Stretch Mark Serum. Keadaan Ini membuat banyak perempuan resah dan tidak percaya diri. Selain itu, kondisi kulit yang meregang juga menimbulkan reaksi gatal pada kulit yang mengganggu.

hamil

Kulit area perut gatal saat hamil (Sumber: Pexels/Garon Piceli)



"Stretch yang mark baru muncul pertama kali akan berwarna kemerahan. Ketika ditahap ini segera ditangani, maka hasilnya jauh lebih efektif dan lebih cepat menyamarkan noda," ujar dr. Dia.

Namun jika stretch mark tidak segera mendapatkan penanganan, warna kemerahan tersebut akan berubah menjadi putih dan lebih sulit dihilangkan. "Semakin matang (semakin menua) usia stretchmark semakin susah dihilangkan. Perlu dikasih kelembaban supaya bisa tersamarkan," lanjutnya lagi.

Baca juga:

Tes PCR Tak Perlu Dilakukan Berulang? Ini Kata Dokter

hamil

Kandungan penting untuk menyamarkan garis stretch mark (Sumber: Pexels/Amina Filkins)

Ada beberapa kandungan aktif yang efektif untuk menyamarkan garis-garis stretchmark. "Ketika masa kehamilan, kolagen menipis akibat peregangan. Untuk itu penting mengaplikasikan krim untuk merangsang kolagen seperti vitamin C," ucapnya.

Selain vitamin C, kandungan niacinamide juga bisa untuk mengurangi kemerahan. "Bahan organik Alpha Bisabolol bisa untuk meregenerasi sel kulit, mugwort sebagai anti inflamasi, dan niacinamide untuk mengurangi kemerahan dan mencerahkan," terangnya.

Dia menyarankan para calon ibu untuk mulai mengaplikasikan serum dengan kandungan di atas sejak awal kehamilan. "Stretch mark cream bisa mulai dipakai sejak trimester kedua sampai menjelang kelahiran," jelasnya.

Selain mengaplikaskan cream khusus stretch mark, dirinya juga menyarankan untuk rutin memijat area sekitar stretch mark. "Pijatan saat kehamilan bisa membantu stretchmark memudar atau meminimalisir stretch mark baru. Kuncinya harus rajin," tukasnya. (Avia)

Baca juga:

Penelitian: Kekurangan Vitamin D Membuat Kondisi Pasien COVID-19 Lebih Parah

#Angka Kehamilan #Resiko Kehamilan
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan