Manfaat Gula Palem bagi Kesehatan Gula palem alternatif bagi kamu yang suka manis tapi sehat. (Foto: Pinterest/spoonuniversity.com)

PERNAH dengar pemanis yang terbuat dari gula palem? Ternyata bukan hanya gula pasir dan gula aren saja yang bisa kamu gunakan untuk masak. Gula palem disebut-sebut sebagai pemanis yang sehat dan aman dikonsumsi oleh tubuh. Rasanya hampir sama dengan gula pasir biasa tetapi manisnya tidak terlalu giung. Cocok untuk digunakan sebagai pemanis kue tradisional. Minuman hangat seperti teh dan kopi juga tak kalah nikmat jika menggunakan gula ini.

Melansir dari spiceography.com, ternyata gula palem memiliki keunggulan yang tidak dimiliki jenis gula lainnya. Dari mulai membunuh sel kanker sampai memperbaiki struktur tulang. Karena lebih sehat, gula palem cukup aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dalam batas yang dianjurkan. Penasaran apa saja manfaat gula palem? Yuk intip ulasan berikut ini.

Baca Juga:

Penyakit yang Tak Disangka Disebabkan oleh Polusi Udara


1. Inulin

Trivia 1 _ Inulin bisa melancarkan pencernaan (Foto_ Pixabay_Pexels)
Inulin bisa melancarkan pencernaan. (Foto: Pixabay/Pexels)

Gula palem mengandung inulin, serat fermentasi yang mampu membunuh banyak bakteri. Inulin merupakan polimer alami kelompok karbohidrat yang baik untuk sistem pencernaan. Jika perutmu sedang merasa tidak enak atau pencernaan sedang tidak lancar, gula palem yang dicampur air hangat bisa dijadikan sebagai cairan pembersih usus. Selain itu, inulin juga berfungsi sebagai pengontrol kadar gula di dalam darah bagi penderita diabetes tipe dua. Jika sudah sampai ke usus besar, inulin dijadikan makanan bagi bakteri baik.

2. Osteoporosis

Trivia 2 _ Potassium dalam gula palem menurunkan resiko osteoporosis (Foto_ Pixabay_OltreCreativeAgency)
Potassium dalam gula palem menurunkan resiko osteoporosis. (Foto: Pixabay/OltreCreativeAgency)

Di dalam gula palem terdapat kandungan potassium. Zat ini diperlukan untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi. Mengkonsumsi gula palem secara berkala bisa menurunkan risiko terkena penyakit osteoporosis.

Baca Juga:

Bantu Atasi Insomnia, 4 Minuman Pemicu Rasa Kantuk


3. Antioksidan

Trivia 3 _ Gula palem mengandung antioksidan yang bagus untuk kulit dan melawan sel kanker (Foto_ Pixabay_Gromovataya)
Gula palem mengandung antioksidan yang bagus untuk kulit dan melawan sel kanker. (Foto: Pixabay/Gromovataya)

Ternyata gula palem itu tinggi antioksidan sehingga bisa meningkatkan kesehatan kulit. Antioksidan juga memiliki peran penting dalam membunuh jaringan radikal bebas di dalam tubuh. Jaringan ini jika dibiarkan akan berkembang menjadi tumor atau kanker.


4. Phytonutrients

Trivia 4 _ Nutrisi dalam gula palem mampu membunuh sel-sel perusak (Foto_ Pixabay_DzeeShah)
Nutrisi dalam gula palem mampu membunuh sel-sel perusak. (Foto: Pixabay/DzeeShah)

Nutrisi yang ada di dalam gula palem cukup beragam. Ada anthocyanidins, polyphenols dan lainnya. Ragam kandungan nutrisi tersebut aktif dalam membunuh sel-sel jahat di dalam tubuh seperti bakteri, virus, sampai sel kanker. Sepertinya sudah saatnya kamu mulai mengganti pemanis biasa dengan gula palem. Manfaatnya top! (Mar)

Baca Juga:

Tren 'Challenge' Jus Seledri, Bagus atau Tidak?



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH