Penyakit yang Tak Disangka Disebabkan oleh Polusi Udara Ternyata polusi bisa menyebabkan beberapa penyakit kronis. (Foto: Pixabay/stevepb)

SAAT ini hampir mustahil melihat jalanan kosong dari laju mobil. Perumahan dibangun di mana-mana. Pabrik pun semakin memenuhi beberapa daerah. Hutan dihabisi demi pembangunan.

Akibatnya, bukannya dipenuhi oleh oksigen bersih, bumi malah dibikin sesak oleh polusi. Kamu bisa saja membersihkan udara di dalam rumah dengan mesin penyaring polusi. Tetapi, nyatanya kamu tetap harus keluar rumah untuk melanjutkan aktivitas.

Baca Juga:

Bantu Atasi Insomnia, 4 Minuman Pemicu Rasa Kantuk

Melansir dari honeywellsmarthomes.com, banyak penyakit kronis yang ternyata bisa disebabkan oleh polusi. Kadang terdengar tidak masuk akal. Tetapi setelah ditelusuri, polusi memang berkaitan dengan banyak partikel penyebab penyakit tertentu. Efeknya sangat buruk dan berjangka panjang. Kini saatnya kita bersama-sama menyembuhkan kondisi bumi. Berikut deretan penyakit yang ternyata disebabkan oleh polusi udara.

1. Bayi prematur

Trivia 1 _ Polusi yang terhirup ibu hamil bisa merusak perkembangan janin (Foto_ Pixabay_PublicDomainPictures)
Polusi yang terhirup ibu hamil bisa merusak perkembangan janin. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

Masih tidak percaya? Sebaiknya kamu simak lebih lanjut. Tidak hanya asupan makanan saja yang bisa mempengaruhi perkembangan janin. Udara yang terhirup oleh ibu hamil juga memiliki dampak yang sangat besar. Udara tersebut akan masuk ke dalam paru-paru dan dibawa saluran peredaran darah. Kemudian partikel udara akan dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh termasuk ke janin. Udara yang terlalu banyak mengandung partikel buruk akan merusak proses pertumbuhan janin. Akibatnya bayi bisa lahir secara prematur.

2. Serangan jantung

Trivia 1 _ Polusi yang terhirup ibu hamil bisa merusak perkembangan janin (Foto_ Pixabay_PublicDomainPictures)
Udara yang dipompa oleh jantung harus bersih. (Foto: Pixabay/Pexels)

Jantung hanya boleh memompa udara yang bersih. Polusi memiliki muatan negatif yang akan ditolak oleh tubuh. Semakin sering memompa muatan negatif, saraf, dan sistem jantung akan rusak. Akibatnya bisa mengalami serangan jantung atau semakin banyak orang yang mengidap penyakit jantung koroner.

Baca Juga:

Perlu Diwaspadai, Ketahui 5 Penyebab Tangan Kesemutan!


3. Kanker paru-paru

Trivia 3 _ Partikel radikal akan mengembangkan sel kanker dalam paru-paru (Foto_ Pixabay_kalhh)
Partikel radikal akan mengembangkan sel kanker dalam paru-paru. (Foto: Pixabay/kalhh)

Tidak hanya berupa radang paru-paru atau infeksi biasa. Lama-lama partikel radikal yang berasal dari polusi akan mengendap di dalam paru-paru. Partikel ini akan berkembang menjadi sel kanker. Kamu harus siap sedia masker ketika pergi keluar rumah untuk menurunkan risiko kanker paru-paru.

4. Anemia

Trivia 4 _ Kandungan timah dalam polusi menyebabkan anemia (Foto_ Pixabay_6689062)
Kandungan timah dalam polusi menyebabkan anemia. (Foto: Pixabay/6689062)

Bagi kamu yang tinggal di dekat pabrik sebaiknya pertimbangkan untuk pindah rumah. Polusi yang dihasilkan oleh pabrik mengandung timah. Jika masuk ke dalam aliran darah akan menyebabkan anemia. (Mar)

Baca Juga:

Mitos Vs Fakta tentang Bersin


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH