Awas! Keseringan Main Gadget Bisa Bikin Anak Depresi Main Gadget terlalu lama dapat membahayakan kesehatan anak (Foto: pixabay/andi_Graf)

SAAT ini terpaan teknologi sungguh luar biasa. Salah satunya gadget, dari mulai orang dewasa hingga anak-anak tak lepas dari benda itu.

Bahkan banyak anak-anak yang kerap menangis saat disuruh berhenti untuk memainkan gadget. Padahal gadget cukup berbahaya bagi anak-anak jika memainkannya dalam durasi yang cukup lama dalam sehari.

Seperti yang dilansir dari laman time, untuk anak-anak yang bermain gadget sekitar 7 jam dalam sehari dapat berpotensi depresi atau cemas. Ini dibandingkan dengan yang hanya bermain gadget satu jam sehari.

Berdasarkan studi dari jurnal "Preventive Medicine Reports", dari 40 ribu data anak-anak usia 2 hingga 17 tahun, 20% anak usia 14-17 tahun main gadget hingg 7 jam setiap hari.

Bermain gadget lebih dari 7 jam dapat membahayakan kesehatan (Foto: Pixabay/stocksnap)

Menyusul hubungan antara waktu bermain gadget dan diagnosis depresi dan kecemasan, ditemukan jika anak-anak yang bermain gadget atau menatap layar gadget lebih dari 7 jam, emosionalnya lebih mudah terganggu.

Kemudian cendrung lebih memiliki banyak masalah dalam menyelesaikan tugas, ketimbang mereka yang hanya satu jam bermain gadget. Penelitian ini tak termasuk pemakaian gadget untuk mengerjakan tugas sekolah.

Sementara itu untuk remaja saat ini disebut memiliki kecenderungan menggunakan gadget lebih lama ketimbang anak-anak yang lebih muda.

"Saya terkejut awalnya bahwa lebih besar penggunaan pada remaja daripada anak-anak yang lebih muda," kata Jean Twege, profesor psikologi dari San Diego State University.

Ia menambahkan, remaja lebih banyak menghabiskan waktu di ponsel dan media sosial. Dari penelitian lainnya kegiatan itu sangat erat kaitannya dengan kesehatan yang buruk. Ketimbang menonton TV ataupun film.

Anak yang menghabiskan banyak waktu dengan gadget cendrung kurang bahagia (Foto: Pixabay/natureaddict)

Selain itu, Jean pun menemukan jika anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu dengan gadget cendrung kurang bahagia. Ini dibandingkan dengan anak-anak yang terlibat dalam aktivitas tanpa gadget atau layar. Seperti olahraga, membaca buku, serta bersosialisasi tatap muka dengan teman-temannya.

Dalam studinya Jean menunjukan jika adanya hubungan yang jelas dan kuat antara waktu bermain gadget berlebihan dengan kesehatan yang buruk. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Tips Ampuh Atasi Rasa Takut Naik Pesawat

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH