Mandi Air Dingin Bisa Mencegah Depresi, Begini Penjelasan Ilmiahnya Mandi dengan air dingin miliki banyak manfaat (Foto: pixabay/publicdomainpictures)

TAK banyak yang tahu bahwa mandi air dingin tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk kesehatan psikologi, salah satunya mendongkrak semangat.

Hal itu lantaran sensasi dari rasa dingin bisa melancarkan pernapasan, membuat aliran darah lancar serta meningkatkan asupan oksigen yang membuatmu lebih bersemangat.

Baca Juga:

Makanan ini Tak Boleh Dipanaskan!

Manfaat yang pertama dari mandi dengan air dingin yakni mendongkrak semangat. Hal itu disebabkan sensasi dari rasa dingin bisa melancarkan pernapasan, membuat aliran darah lancar serta meningkatkan asupan oksigen ke dalam tubuhmu, tentunya akan membuatmu lebih bersemangat.

Mandi dengan air dingin bisa dongkrak semangat (Foto: unsplash/nadyeldems)

Lalu manfaat yang kedua dari mandi air dingin ialah menyehatkan kulit. Berbeda dengan air panas, air dingin bisa mengecilkan pori-pori, hingga kotoran serta debu tak mudah masuk. Air dingin pun bisa mengobati jerawat, mengurangi peradangan dan melembapkan serta mencerahkan wajah secara alami.

Ketiga, manfaat mandi air dingin ialah membuat rambut kamu jadi lebih indah, lebih sehat, kuat dan bersinar. Caranya sangat mudah, hanya dengan rutin membilas rambut dengan air dingin.

Baca Juga:

Alive Fest 2019 Kampanyekan Hidup Sehat dan Meditasi

Karena air dingin yang menyentuh kulit kepala kamu, akan membuat kutikula tertutup. Hingga kandungan nutrisi dari sampo ataupun kondisioner bisa meresap sempurna hingga ke kulit kepala.

Manfaat selanjutnya jarang sekali diketahui, yakni mandi air dingin bisa meningkatkan kadara testosteron dan kesuburan. Mandi air dingin bisa memaksimalkan produksi sperma, tentu hal ini sangat baik bagi kesuburan seseorang.

Hal tersebut diperkuat dengan sebuah studi yang dilakukan oleh Thrombosis Research Institute, yang mengatakan jika mandi air dingin bisa tingkatkan kadar testosteron pada pria. Hormon testosteron sendiri tak hanya berfungsi meningkatkan libido tapi juga tenaga serta stamina pria.

Air dingin bisa mengobati depresi (Foto: pixabay/duy_ittn)

Selanjutnya manfaat yang kelima dari mandi air dingin ialah bisa mengobati Depresi. Menurut studi yang dilakukan Departemen of Radiation Oncologu di Virginia Commonwealth University School of Medicine, mandi dengan air dingin bisa menekan sel otak yang bertanggung jawab atas munculnya depresi.

Selain itu, berdaptasi dengan paparan air dingin juga bisa membantu tubuh kamu, untuk menangani aspek psikologis lainnya seperti kecemasan.

Lalu manfaat mandi air dingin yang terakhir ialah meredakan nyeri otot. Hal ini sangat baik bagi para atlet, khususnya bagi mereka yang mengalami cedera.

Sebuah studi pada 2009 mengungkapkan seseorang yang mandi air dingin selama 24 menit dengan suhu 10 hingga 15 derajat celcius, bisa mengurangi sakit otot lebih cepat ketimbang beristirahat.(Ryn)

Baca Juga:

Jutaan Orang Tak Menyadari, Makan Terburu-buru Ternyata Buruk untuk Kesehatan

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH