Makanan ini Tak Boleh Dipanaskan! Hati-hati dalam memilih makanan yang ingin dipanaskan (Foto: pixabay/polymanu)

BEBERAPA orang kerap memanaskan kembali masakan yang tersisa. Hal itu agar bisa dimakan di lain waktu dengan tujuan berhemat dan tak membuang-buang makanan.

Namun, untuk kamu yang suka memanaskan makanan, perlu diketahui jika tak semua makanan bisa dipanaskan. Karena, seperti yang dilansir dari laman Go Dok, ada beberapa makanan yang tak boleh dipanaskan.

Baca Juga:

Alive Fest 2019 Kampanyekan Hidup Sehat dan Meditasi


1. Ayam dan Telur

Jangan sekali-kali memanaskan kembali ayam karena bisa berbahaya (Foto: Pixabay/free-photos)

Mungkin kamu bingung mengapa ayam dan telur tak boleh dipanaskan. Ini karena komposisi protein di dalamnya akan pecah dan bisa memicu zat berbahaya bagi sistem pencernaan.


2. Bayam

Jangan panaskan sayur bayam (Foto: Pixabay/thilobecker)

Kamu mungkin kerap mendengar jika bayam merupakan salah satu makanan yang tak boleh dipanaskan kembali. Alasannya karena dalam proses pemanasan, bayam bisa membentuk nitrat dalam jumlah yang cukup tinggi.


3. Jamur

Jika dipanaskan, jamur akan alami perubahan rasa dan komposisi protein (Foto: Pixabay/guillermovurjevas)

Menurut Dewan Kesehatan Makanan Eropa, jamur merupakan salah satu makan yang tak boleh dipanaskan kembali. Karena jika dipanaskan, jamur akan mengalami perubahan rasa serta komposisi protein.

Baca Juga:

Jutaan Orang Tak Menyadari, Makan Terburu-buru Ternyata Buruk untuk Kesehatan


4. Kentang

Kandungan gizi pada kentang akan berkurang jika dipanaskan ulang (Foto: Pixabay/jameshills)

Untuk kamu yang menyukai makanan berbahan dasar kentang, usahakanlah untuk tak memanaskan makanan ini. Karena kandungan gizi yang ada di dalamnya akan signifikan berkurang. Selain itu, jika dipanaskan, kentang juga bisa memicu terbentuknya bakteri botulisme yang sangat berbahaya bagi tubuh.

5. Gorengan dan Santan

Jangan panaskan makanan yang mengandung santan (Foto: Pixabay/lisaredfern)

Gorengan serta makanan bersantan memang sangat diminati masyarakat Indonesia. Tapi sebaiknya tak bisa dipanaskan ulang, karena bisa membuat kolesterol menumpuk akibat proses pemanasan ulang yang menggunakan minyak. Alhasil bisa memicu beberapa jenis penyakit berat seperti jantung koroner atau stroke. (Ryn)

Baca Juga:

Pentingnya Perawatan Tubuh Bagi Laki-laki dan Perempuan

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH