Kuliner

Makanan Tradisional Asia Timur Penuh Manfaat Kesehatan

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 18 Oktober 2021
Makanan Tradisional Asia Timur Penuh Manfaat Kesehatan
Makanan tradisional Asia Tenggara. (Foto: Instagram/kotakinako)

NARASI yang mengatakan masakan Asia tidak sehat sama sekali tidaklah benar. Faktanya adalah orang Asia perlu berasimilasi dengan budaya Amerika untuk membuat makanan Asia lebih menarik bagi orang kulit putih.

Belajar tentang makanan dari masakan Asia yang berbeda adalah cara untuk membangun koneksi baru ke budaya yang berbeda. Caranya dengan menghormati asal-usul dan menikmati berbagai makanan sehat dan lezat yang dapat meningkatkan kesehatan kamu.

Baca Juga:

Makan Pedas dapat Menunda Kematian. Serius!

Mengutip Prevention, berikut adalah beberapa makanan tradisional Asia Timur yang penuh manfaat kesehatan.

1. Miso

Miso adalah bumbu fermentasi dari kedelai. (Foto: Unsplash/White Rainforest)

Miso adalah bumbu fermentasi terbuat dari kedelai dan mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan usus. Miso juga kaya akan vitamin kolin dan B, yang keduanya mendukung fungsi kognitif, dan vitamin K, yang membantu pembekuan darah. Miso sangat bagus sebagai bahan dasar bumbu untuk daging atau ikan. Sup miso ini juga biasanya dilengkapi dengan tahu sutra, rumput laut wakame, dan daun bawang.

2. Kimchi

kimchi adalah sayuran fermentasi dari Korea. (Foto: Unsplash/Portuguese Gravity)

Kimchi adalah sayuran fermentasi yang sangat populer dan merupakan makanan tradisional Korea. Kimchi secara tradisional terbuat dari kubis yang difermentasi, sehingga mengandung probiotik yang mendukung keseimbangan dan kesehatan untuk usus atau pencernaan.

Kimchi sering disajikan atau dikonsumsi bersama dengan nasi atau mie instan. Selain itu, kimchi juga bisa dijadikan camilan sehat dengan menambahkannya ke dalam semur, tumisan, sandwich ataupun telur.

3. Bok choy

Bok Choy adalah sayuran yang kaya nutrisi. (Foto: Unsplash/David Todd Mccarty)

Sayuran hijau ini secara teknis adalah jenis kubis Cina. Bok Choy memiliki rasa yang ringan, lembut dan renyah, tetapi beberapa bagian daunnya terasa sedikit pahit. Selain lezat, makanan ini juga penuh dengan vitamin C dan E dan beta-karoten yang baik untuk menyembuhkan peradangan.

Baca Juga:

Kenapa Makanan Mewah Sering Dihidangkan dalam Porsi Kecil? Ini Jawabannya

Serat sayuran ini juga baik untuk pencernaan dan menjagamu untuk kenyang lebih lama. Cara yang sehat dan lezat untuk menyiapkan bok choy adalah dengan menumisnya dalam wajan dengan bawang putih dan jahe sampai layu.

4. Rumput laut

Rumput laut bisa dijadikan berbagai hidangan. (Foto: Unsplash/Patrick Perkins)

Rumput laut adalah makanan yang penuh dengan nutrisi. Makanan ini mengandung yodium, yang mendukung fungsi tiroid, serta zat besi yang sangat penting untuk oksigen dalam darah. Rumput laut juga mengandung protein dan antioksidan.

Selain menggunakannya untuk membuat sushi atau salad rumput laut, cobalah nori furikake, yaitu bumbu nasi rumput laut sebagai tambahan yang bagus untuk hidangan nasi. Bisa juga untuk ditaburkan di atas roti panggang dengan alpukat dan popcorn.

5. Minyak wijen

Minyak wijen berperan pada banyak makanan dari asia. (Foto: Instagram/merakiskinclinic)

Minyak wijen adalah penambah rasa yang penuh nutrisi. Minyak wijen dipenuhi dengan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang sehat untuk jantung, antioksidan yang membantu melawan radikal bebas, dan asam amino bernama tirosin untuk meningkatkan kadar hormon serotonin yang mengangkat suasana hati. (tel)

Baca Juga:

4 Restoran Jepang di London Ini Siap Menggoyang Lidah

#Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan