Hobi
 Lumut Marimo Bisa Berusia 200 Tahun, Cara Merawatnya Mudah Marimo Moss Ball untuk tambah keindahan ruangan (Foto: facebook/Marimo Moss Ball)

USIA kamu saja belum tentu sampai 100 tahun. Tapi bola lumut marimo nyatanya bisa hidup sampai 200 tahun. Tumbuhan ini hanya membutuhkan sedikit perawatan.

Secara teknis, bola lumut Marimo sama sekali bukan lumut. Meski terlihat seperti lumut mereka adalah alga beludru yang tumbuh perlahan dengan bentuk bola.

Baca juga:

Peliharaan Berbentuk Bola Ini Viral di Internet

Di negara asalnya, Jepang, tumbuhan unik ini diartikan sebagai bola rumput laut. Mereka dianggap sebagai simbol keberuntungan.

Nah, meskipun usianya amat panjang, merawat lumut ini mudah kok. Menurut eHow.com, siapkan terlebih dulu wadah untuk memelihara lumut ini. Gunakan vas, wadah kaca lainnya atau aquarium. Sediakan pula cangkang kerang atau bintang laut untuk mempercantik wadah lumut marimo.

Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Rendam Bola Lumut

Rendam tumbuhan ini dengan air keran yang dingin. Jika mereka telah diangkut, mereka mungkin belum menerima semua air yang mereka butuhkan. Rendam selama setidaknya 30 menit agar marimo meresap airnya.

Langkah 2: Bersihkan Mereka

Remas bola lumut Marimo dengan lembut di antara jari-jari. Saat berada di bawah air, maka air akan menjadi keruh karena bola lumut melepaskan sedimen yang menumpuk di dalam alga. Pindahkan bola lumut bersih ke semangkuk air tawar. Jadi jangan khawatir ya kalau air menjadi keruh.

Lumut marimo yang cocok dipelihara dirumah bahkan kamar tidur untuk menambah keindahan ruangan (Foto: facebook/Moss Ball Pets)

Langkah 3: Pilih Glassware

Pilih vas kaca bening, stoples, atau tempat lilin yang cukup lebar untuk menampung dua sampai tiga bola lumut marimo tanpa berkerumun. Wadahnya juga harus cukup dalam agar bola benar-benar terendam air. Jangan gunakan penutup ganggang karena tumbuhan ini membutuhkan akses ke karbon dioksida.

Langkah 4: Tambahkan Layer of Rocks

Tuang sekitar satu inci kerikil akuarium ke dalam wadah untuk memberikan pondasi tempat bola lumut dapat menempel. Kamu juga bisa menggunakan kerikil atau manik kaca agar akuarium nampak lebih cantik.

Langkah 5: Tambahkan Cabang

Sebuah cabang memberikan latar belakang vertikal untuk pengaturan akuatikmu. Meskipun bisa menggunakan ranting kecil yang bisa ditemukan dimana saja, akan lebih baik jika kamu memilih sebongkah karang kering. Jika perlu, potong dahan menjadi potongan-potongan kecil yang muat di dalam wadah.

Baca juga:

Pemain Pemula, ini nih Kisi-Kisi Perawatan Ikan Cupang

Lumut marimo yang berbentuk bulat menambah keindahan kamar tidurmu (Foto: Facebook-Blush & Bloom Beauty Records)

Langkah 6: Tambahkan Shell

Berikan aksen akuatik lain pada pengaturan dengan menempatkan kerang laut atau bintang laut di dalam wadah. Letakkan di atas kerikil sambil tetap menyediakan ruang yang cukup untuk bola lumut marimo.

Langkah 7: Posisikan Bola Lumut

Sekarang tempatkan bola lumut marimo bersih ke dalam wadah. Cari posisi yang nyaman dilihat mata. Ingatlah bahwa mereka akan mengembang di air dan terus tumbuh perlahan. Selain itu, memilih dua bola dengan ukuran berbeda membuat pengaturan visual lebih menyenangkan.

Langkah 8: Isi Dengan Air

Isi wadah dengan hati-hati menggunakan air yang dingin. Karena tumbuhan ini akan nampak lebih segar jika dipadukan dengan air dingin.

Jangan kaget ya saat menambahkan air, bola lumut bisa mengapung. Itu karena mereka belum menyerap semua air untuk tenggelam kembali. Bersabarlah karena alga menyerap air, ia akan duduk di bebatuan lagi ketika telah melalui proses penyerapan.

Untuk merawat bola lumut marimo, jauhkan dari sinar matahari langsung. Ganti air setiap dua minggu (simpan sekitar seperempat air lama di dalam wadah).

Jangan lupa kamu juga bisa putar bola sesekali agar tidak rata di bagian bawah. Selain itu, kamu bisa meremasnya dan menggulungnya di sekitar telapak tangan untuk mempertahankan bentuk bulatnya. (joe)

Baca juga:

Cara Pelihara Ikan Hias Air Laut Tapi Tinggal di Puncak Bogor

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Animasi Spider-Verse 2 Bakal Lebih Menakjubkan
Fun
Animasi Spider-Verse 2 Bakal Lebih Menakjubkan

Dibocorkan sendiri oleh sang produser.

Garap 'Fantastic Four', Sutradara Josh Trank Hampir Lakukan Kesalahan Kedua
Fun
Skater Rusia Meninggal Misterius di Usia Muda
Fun
Skater Rusia Meninggal Misterius di Usia Muda

Dia meninggal di usia 20 tahun.

Kangen Tom Hanks? Lihat Lagi 3 Film Terbaiknya Sepanjang Masa 
ShowBiz
Jangan Langsung Marah saat Anak Berkata Kasar
Fun
Jangan Langsung Marah saat Anak Berkata Kasar

Belum tentu si kecil mengerti kata kasar yang diucapkan.

Mereka yang Kuat Hadapi Stres Berat Menurut Zodiak
Fun
Mereka yang Kuat Hadapi Stres Berat Menurut Zodiak

Deretan Zodiak yang Kuat Hadapi Stres Berat,

YouTube Siap Luncurkan Shorts Pesaing TikTok
Fun
YouTube Siap Luncurkan Shorts Pesaing TikTok

YouTube hadapi TikTok dengan Shorts dimulai dari India.

Koleksi Sneakers Terbaru Kolaborasi Supreme x Nike Air Force 1 Low
Fashion
Koleksi Sneakers Terbaru Kolaborasi Supreme x Nike Air Force 1 Low

Koleksi terbaru ini akan dirilis 5 Maret 2020.

Salahkah Berkepribadian Sensitif?
Fun
Salahkah Berkepribadian Sensitif?

Baikkah menjadi orang yang baperan?

WHO Sebut COVID-19 Mungkin Tidak Akan Pernah Hilang Dari Dunia
Fun
WHO Sebut COVID-19 Mungkin Tidak Akan Pernah Hilang Dari Dunia

COVID-19 akan berlangsung dalam jangka waktu panjang.