6 Lomba yang Bikin Ngakak Saat Perayaan Kemerdekaan 17 Agustus Lomba jalan bakiak dengan sarung. (Sumber: youtube.com)

MOMEN perayaan kemerdekaan 17 Agustus tidak hanya identik dengan pengibaran bendera semata. Di berbagai daerah Indonesia, beberapa rangkaian kegiatan berupa lomba menarik masih menjadi andalan sekaligus hiburan tersendiri bagi masyarakat.

Rangkaian lomba tersebut ada yang dilakukan per grup, bahkan juga per orangan. Pemilihan lomba juga tak sembarang. Panitia tidak hanya mencari kegiatan yang hanya seru, namun juga bisa bikin kita ngakak saat melihatnya. Mungkin kamu sendiri menjadi langganan pesertanya.

Nah, mau tahu seperti apa lomba yang bisa bikin kita ngakak? Atau barangkali rancangan lomba ini bisa menjadi inspirasimu untuk membuat lomba serupa di daerah masing-masing. Berikut ulasan merahputih.com yang disunting dari berbagai sumber. (Baca juga: Sri Mulyani Indrawati: Menteri dengan Segudang Prestasi dan Kandidat Cawapres Jokowi)

Berikut 6 Lomba Saat Perayaan 17 Agustus

1. Lomba gigit koin di perayaan hari kemerdekaan

perayaan 17 agustus
Lomba gigit koin. (Sumber: youtube.com)

Pernah lihat lomba ini, kan? Atau jangan-jangan kamu pernah menjadi pesertanya? Kalau ya, berarti rasa malu akan muka cemong sudah gak kamu pikirkan. Lomba tersebut adalah upaya kita untuk mengumpulkan koin sebanyak-banyaknya.

Untuk mengambil koinnya pun tak mudah. Dalam aturan lomba itu, tangan tidak boleh mengambil koin selain hanya dengan menggunakan mulutmu. Agak susah memang. Tapi lomba ini kerap membuat orang yang melihat tertawa terpingkal-pingkal. (Baca juga: Jangan sampai Salah, Ini Batas Umur Hewan untuk Dikurban)

2. Lomba makan kerupuk pakai kecap dan saus

perayaan kemerdekaan
Lomba makan kerupuk pakai kecap dan saus. (Sumber: http://pixelenslaurensia.blogspot.com)

Kalau hanya makan kerupuk, itu hal biasa. Lantas bagaimana jika kerupuk itu ditambah sesuatu yang bisa bikin mulut kita sedikit cemong, atau bahkan kepedasan karena saus?

Mungkin hal itu bisa membuat kita yang menyaksikan akan ngakak. Apalagi makan kerupuk yang diikat dengan posisi kita dalam posisi siap, pasti agak sulit. Lomba ini biasanya diperuntukkan untuk anak kecil. Tapi jika kerupuk itu dilumuri kecap atau saus, yang menjadi pesertanya diganti menjadi orang dewasa.

Meski bisa membuat mulut kita cemong, lomba ini termasuk salah satu favorit, lho. Bisa jadi favorit kamu juga, kan?

3. Lomba jalan bakiak dengan sarung

lomba perayaan 17 agustus
Lomba jalan bakiak dengan sarung. (Sumber: youtube.com)

Lomba ini juga tidak seperti lazimnya. Biasanya, lomba bakiak setiap peserta tidak dibebankan lagi dengan menggunakan sarung. Lantas, bagaimana jika lomba tersebut dilakukan dengan menggunakan sarung? Pasti jauh bikin ribet.

Namun, hal itu justru bisa membuat kita tertawa ngakak. Apalagi di saat peserta yang terserimpet karena sarung itu sendiri. Meski demikian, positifnya dari lomba ini adalah melatih kerja sama tim.

Kalau timmu kompak, otomatis rintangan yang ada bakal terlewati dengan mudah. Apa kamu sudah pernah mencoba?

4. Lomba voli dengan kain

17 agustus
Lomba voli dengan kain. (Sumber: youtube.com)

Nah, untuk lomba ini sebenarnya lebih banyak diminati oleh ibu-ibu perumahan. Bermain voli dengan menggunakan kain tentu bukanlah hal mudah.

Ini juga dibutuhkan kekompakan tim. Apalagi saat melempar bola voli. Kalau kerja sama kurang, tentu bakal kewalahan dan membuat yang melihat tertawa terbahak-bahak.

Belum lagi kalau ada dari tiap peserta yang jatuh. Wah, bisa dipastikan sorak sorai penonton bakalan pecah.

5. Lomba balap karung di sawah

perayaan kemerdekaan
Lomba balap karung di sawah. (Sumber: youtube.com)

Mendengarnya saja sudah bikin kita tertawa. Apalagi ketika melihat langsung lomba balap karung di sawah. Sebab, umumnya lomba balap karung dilakukan di lapangan atau jalan raya.

Tapi kalau lomba ini dilakukan di tempat yang berlumpur pasti jauh lebih seru, dan tentu bikin perut kita terkocok karena tertawa. Lomba ini sih, biasanya favorit anak-anak. Mereka tidak akan peduli seberapa kotor badan ketika terjatuh di sawah yang penuh dengan air nan keruh.

6. Lomba menangkap bebek saat perayaan 17 agustus

lomba 17 agustus
Lomba menangkap bebek. (Sumber: Dadalala.com)

Pernah dengar lomba ini? Atau barangkali kamu pernah menjadi pesertanya? Ya, lomba menangkap bebek sangat jarang dilakukan, bahkan tak lazim.

Tapi di daerah Sukabumi lomba ini justru menjadi favorit bapak-bapak, lho. Selain membuat yang melihat tertawa, bagi para peserta lomba ini sangat bermanfaat. Pasalnya, seberapa banyak bebek yang didapat nantinya boleh dibawa pulang peserta.

Karena itu, meski lomba tersebut diadakan di tambak para peserta tidak terlalu peduli. Bagi mereka yang terpenting bisa membawa bebek sebanyak-banyaknya untuk dibawa ke rumah. Apa kamu tertarik?

Nah, itulah 6 lomba lucu dan antimainstream yang dilakukan di berbagai daerah Indonesia. Apa kamu berani mencoba?


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH