Lima Partikel Berbahaya di Sekitar yang Bisa Terhirup Kita Jakarta yang memiliki kualitas udara buruk. (Foto: MP/Suryo)

POLUSI udara jadi isu sentral manusia, terutama masyarakat perkotaan. Apalagi baru-baru ini lembaga data kualitas udara IQ Air menempatkan Jakarta sebagai kota paling berpolusi di Indonesia dengan indeks kualitas udara di angka 196.

Dari polusi udara di jalanan hingga di dalam rumah. Dari yang berukuran besar seperti butiran pasir, berukuran kecil seperti emisi pembakaran logam. Termasuk yang berukuran mikroskopis seperti virus dan bakteri yang berterbangan dan menempel di barang-barang di rumah kita, semuanya berbahaya untuk kita hirup.

Baca Juga:

Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Flu

sakit
Termasuk yang berukuran mikroskopis seperti virus dan bakteri. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

”Setiap harinya rata-rata kita menghirup 11 ribu liter udara dan sudah tentu tidak semua udara yang kita hirup adalah udara bersih," ujar Durable Product Manager, air purifier Amway, Tri Susandari.

Ia mengatakan polutan dan kontaminan berbahaya bagi tubuh juga kita hirup tanpa disadari sehari-sehari. Bahkan udara yang kita hirup di dalam ruangan tidak terjamin kualitasnya. Ketika udara tercemar, partikel dan kontaminan ini masuk ke dalam pernapasan bersama dengan oksigen yang dibutuhkan tubuh.

Setiap partikel yang terhirup oleh kita memiliki ukuran yang berbeda-beda. Semakin kecil ukurannya, semakin dalam ia bisa menembus tubuh. "Jika yang berukuran 2.5 mikron saja bisa masuk jauh hingga ke paru-paru dan aliran darah, apalagi partikel yang lebih kecil dan mikroskopis, seperti virus dan bakteri?" tuturnya.

Berikut ukuran partikel dari sejumlah virus yang sering kita temui di sekitar kita:

Influenza

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderita flu dapat mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, serta batuk. Banyak orang mengira flu sama dengan batuk pilek biasa (common cold).

Walaupun gejalanya mirip, kedua kondisi ini disebabkan oleh jenis virus yang berbeda. Gejala flu lebih parah dan menyerang secara mendadak, sedangkan gejala batuk pilek biasa cenderung ringan dan muncul secara bertahap.Virus ini sangat mudah menular dan dapat menyebar melalui percikan liur saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Ukuran dari virus Influenza adalah 0,098 mikron.

Rhinovirus

Rhinovirus berasal dari Bahasa Yunani, rhino yang berarti hidung. Jika disertai enterovirus tertentu seperti virus influenza, virus adeno, dan virus-virus lainnya dapat menyebabkan penyakit batuk pilek (common cold). Virus ini mempunyai 90 tipe. Penularannya adalah dengan kontak langsung melalui saluran pernapasan.

Gejala Rhinovirus termasuk sakit tenggorokan, pilek, hidung tersumbat, bersin dan batuk. Terkadang disertai dengan nyeri otot, kelelahan, malaise, sakit kepala, kelemahan otot, atau kehilangan nafsu makan. Ukuran virus ini sangat kecil, yaitu sebesar 0.023 mikron.

Baca Juga:

Pentingnya Memahami Perkembangan Sosial Emosional Anak

virus
Virus dan bakteri serta kuman yang beterbangan di udara. (Foto: Pexels/August de Richelieu)

Virus Hepatitis A

HAV atau virus hepatitis A adalah virus yang berukuran 0.033 mikron yang menyebabkan penyakit hepatitis A dan biasanya ditularkan melalui makanan atau air minum yang terkontaminasi feses dari pengidap hepatitis A. Gejala klinis yang ditimbulkan dari penyakit ini antara lain mual, muntah, demam, lemas, feses berwarna pucat, mata dan kulit berubah menjadi kekuningan, nyeri perut, berat badan turun, urin gelap seperti warna teh, dan kehilangan nafsu makan.

Adenovirus

Adenovirus adalah kelompok virus yang dapat menyebabkan infeksi di saluran pernapasan atas, saluran pencernaan, mata, dan sistem saraf. Meskipun bisa mengakibatkan berbagai penyakit infeksi, virus yang berukuran 0.0793 mikron ini memang lebih sering menimbulkan berbagai gangguan pernapasan seperti penyakitmirip flu, radang tenggorokan, dan pneumonia.

Kelompok virus ini bisa menginfeksi semua orang dari berbagai level usia. Tetapi sebagian besar kasusnya terjadi pada anak-anak di bawah 5 tahun. Virus ini menyerang sistem pernapasan yang ditularkan melalui droplet yang keluar saat penderita batuk dan bersin atau menyentuh permukaan benda terkontaminasi dengan tangan, lalu menyentuh mulut, hidung, atau mata. Infeksi akibat adenovirus bisa menimbulkan dampak yang lebih serius pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti lansia, orang dengan gangguan imun, dan penderita penyakit kronis.

Coronavirus

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit akibat infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus berukuran kecil, yaitu 0.113 mikron ini bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.Penularannya adalah melalui percikan ludah yang keluar saat penderita batuk atau bersin.

Itulah beberapa virus yang mungkin ada di sekitar kita sebagai efek dari buruknya kualitas udara di sekitar kita. Selain menjaga sirkulasi udara dan membersihkan rumah secara rutin, penggunaan air purifier tentu bisa jadi pilihan. Pastikan air purifier yang kamu miliki ada filter berlapis ekstra terdiri dari Pre-Filter, Filter HEPA H13, dan Filter Odor.

Fungsi Pre-Filter menyaring partikel-partikel besar seperti debu dan sejenisnya. Filter HEPA H13 mengurangi lebih dari 300 patogen dan partikulat seperti virus, serbuk sari, tungau, jamur, bakteri, debu, asap, allergen hewan rumah – bahkan yang berukuran sekecil 0,0024 mikron sekalipun; serta menangkap lebih dari 15 kontaminan gas yang berbeda seperti: Benzene, Formaldehyde, Ozone, Nitrogen di-oxide, dan Sulfur dioxide. Sementara filter Odor menghilangkan formaldehida, dioksin, dan ozon serta bau tak sedap seperti rokok, masakan dan hewan peliharaan. (avia)

Baca Juga:

Mengonsumsi Obat Tertentu Ternyata Dapat Memicu Heartburn

Jangan Terlalu Sering Sleep Call
Fun
Makanan Turut Pengaruhi Kesehatan Kulit
Fun
Indonesia Masih Kekurangan Dokter Jantung
Fun
Jangan Terlalu Sering Sleep Call
Fun
Makanan Turut Pengaruhi Kesehatan Kulit
Fun
Indonesia Masih Kekurangan Dokter Jantung
Fun
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Koleksi Game Xbox 360 Tidak Ada di Layanan 'Xbox Games With Gold'
Fun
Koleksi Game Xbox 360 Tidak Ada di Layanan 'Xbox Games With Gold'

Tidak ada update gim gratis untuk lini gim Xbox 360.

Perdagangan Aset Kripto Mulai Diamankan dari Pencucian Uang
Fun
Perdagangan Aset Kripto Mulai Diamankan dari Pencucian Uang

Pengawasan aset kripto ini bisa melindungi investor, pedagang, dan lembaga terkait.

Masuk Daftar Perempuan Tercantik 2021, Lyodra Lampaui 3 Member Blackpink
ShowBiz
Masuk Daftar Perempuan Tercantik 2021, Lyodra Lampaui 3 Member Blackpink

Lyodra menempati peringkat kedelapan dalam daftar perempuan tercantik 2021 TC Candler.

Dari Gaya Boyish Hingga Feminin, Tampil Keren dengan Sepatu Brogues
Fashion
Dari Gaya Boyish Hingga Feminin, Tampil Keren dengan Sepatu Brogues

Tips padu padan outfit dengan sepatu brogues untuk perempuan.

Lagu 'Merakit' dari Yura Yunita Jadi Soundtrack Film 'Nussa'
ShowBiz
Lagu 'Merakit' dari Yura Yunita Jadi Soundtrack Film 'Nussa'

Cerita lagu Merakit cocok dengan karakter Nussa.

Demi Lovato Punya 4 Resolusi Tahun Baru
ShowBiz
Demi Lovato Punya 4 Resolusi Tahun Baru

Demi Lovato ingin memulai lembaran baru di 2022.

Xbox Patenkan Fitur Verifikasi untuk Gim Fisik
Fun
Xbox Patenkan Fitur Verifikasi untuk Gim Fisik

Kali pertama digarap Microsoft.

Startup Tawarkan Teknologi untuk Para Petambak Budidaya Udang
Fun
Startup Tawarkan Teknologi untuk Para Petambak Budidaya Udang

Para petambak budidaya udang diharap bisa dimudahkan lewat teknologi yang diciptakan.

Microsoft Meluncurkan Surface Laptop Go 2, Intip Spesifikasinya
Fun
Microsoft Meluncurkan Surface Laptop Go 2, Intip Spesifikasinya

Laptop pesaing Chromebook dengan tampilan lebih premium.

Daftar Game Gratis PlayStation Plus untuk Juni 2022
Fun
Daftar Game Gratis PlayStation Plus untuk Juni 2022

PlayStation Plus kembali hadirkan game gratis untuk pelanggan di Juni 2022.