Lezat dan Bikin Meleleh, 8 Hidangan Khas Idul Adha dari Berbagai Negara Sheer khurma. (Foto: instagram.com/storiesfrom_dastarkhwan)

MAKANAN adalah bagian integral dari perayaan. Dan perayaan suci Idul Adha, yang secara harfiah berarti "Hari Raya Pengorbanan" dirayakan oleh muslim di seluruh dunian dengan beragam makanan khasnya negara.

Iduladha merupakan mimpi yang menjadi kenyataan bagi pecinta kuliner, terutama penyuka daging. Seperti dikutip holidayme.com, berikut 8 makanan tradisional Iduladha yang menggiurkan dari seluruh dunia yang dapat menjadi ide memasak kamu di rumah.

1. Tagine dari Maroko

Tagine dari Maroko. (Foto: instagram.com/finalboarding_call)
Tagine dari Maroko. (Foto: instagram.com/finalboarding_call)

Dinamai berdasarkan pot tembikar tempat makanan ini dimasak, tagine adalah hidangan Maroko yang populer di seluruh Afrika Utara dan dinikmati di seluruh dunia selama perayaan Iduladha. Hidangan super lezat ini terdiri dari rebusan yang dimasak lambat dan gurih yang dicampur dengan bahan-bahan seperti unggas, daging, atau ikan, yang dikukus sempurna bersama dengan sayuran.

Baca Juga: Panduan Berburu Menu 'Street Food' ketika Kamu Melancong ke Kuala Lumpur


2. Oruk dari Turki

Oruk dari Turki. (Foto: instagram.com/ozlems_turkish_table)
Oruk dari Turki. (Foto: instagram.com/ozlems_turkish_table)

Dikenal sebagai Kurban Bayram? di Turki, Iduladha dirayakan dengan penuh semangat di mana pesta keluarga disiapkan. Satu hidangan yang muncul di semua acara perayaan adalah oruk yang berasal dari Antakya, Turki. Makanan ini adalah bakso panggang yang lezat yang terbuat dari adonan bulgur dan semolina yang diisi dengan daging giling seperti daging sapi, kacang kenari, bawang parut, dan berbagai macam rempah.


3. Domba panggang, populer di semua negara Timur Tengah

Domba panggang. (Foto: instagram.com/igolero.77)
Domba panggang. (Foto: instagram.com/igolero.77)

Tidak mungkin kamu dapat merayakan Iduladha di TImur Tengah tanpa domba panggang. Ini merupakan hidangan Iduladha populer dan tradisional di Timur Tengah. Dagingnya dilapisi dengan rempah-rempah, dan mentega, sebelum dipanggang perlahan ke dalam oven.

Baca Juga: Tips Memasak Sederhana yang Harus Selalu Kamu Ingat

4. Biryani dari India

Nalli nihari dari India. (Foto: instagram.com/mansafhouse)
Nalli nihari dari India. (Foto: instagram.com/mansafhouse)

Hidangan nasi populer dari Asia Selatan yang berasal dari India, Biryani, selalu ada di hampir setiap perayaan, terutama untuk makan-makan dengan banyak orang. Dilengkapi dengan sayuran, daging, rempah-rempah, Biryani adalah stopper yang tepat untuk perayaan apa pun dan merupakan makanan tradisional Iduladha di India.


5. Nalli nihari dari India

Nalli nihari. (Foto: instagram.com/eatsshootsandposts)
Nalli nihari. (Foto: instagram.com/eatsshootsandposts)

Dengan akarnya di India (Delhi atau Lucknow), makanan spesial Iduladha yang lezat ini pertama kali ditemukan di dapur keluarga kerajaan Moghul. Nalli Nihari, yang secara perlahan tenar ke seluruh dunia, adalah saus daging yang dimasak lambat (terutama domba atau sapi, bersama dengan sumsum tulang) yang dihiasi dengan rempah-rempah dan sayuran segar.

Baca Juga: Manfaat Luar Biasa dari Jus Daun Pepaya


6. Maamoul dari Lebanon & Jordan

Maamoul dari Lebanon dan Jordania. (Foto: instagram.com/yasmina_cook)
Maamoul dari Lebanon dan Jordania. (Foto: instagram.com/yasmina_cook)

Kue tradisional Lebanon yang meleleh di mulut ini dapat ditemukan di seluruh Timur Tengah dan perayaan Iduladha. Ketika semua tamu telah tiba, atau setelah kamu selesai melahap sajian pesta Iduladha yang nikmat, saat itulah maamoul paling enak dinikmati, lebih disukai dengan secangkir teh panas atau kopi panas. Kue-kue ini disebut maamoul di Suriah, Yordania, Lebanon, Israel dan Palestina, tetapi dikenal sebagai kombe di Turki selatan dan sebagai Kahk di Mesir.


7. Herbel dari Maroko

Herbel dari Maroko. (Foto: instagram.com/jinane_abbadi)
Herbel dari Maroko. (Foto: instagram.com/jinane_abbadi)

Sarapan Iduladha tradisional di seluruh rumah muslim, herbel adalah sup seperti bubur manis yang telah ada berabad-abad. Awalnya makanan lezat khas Maroko, hidangan sederhana ini merupakan butiran gandum yang dimasak perlahan dengan campuran susu dan mentega, hingga mendapatkan tekstur halus legendarisnya.


8. Sheer Khurma dari India, Pakistan, Bangladesh

Sheer khurma. (Foto: instagram.com/reliancefreshofficial)
Sheer khurma. (Foto: instagram.com/reliancefreshofficial)

Raja dari semua makanan penutup Lebaran di Asia Tengah, sheer khurma memiliki tempat dalam perayaan dengan citarasanya yang kaya, halus, dan buah-buahan kering yang renyah. Sheer khurma pada dasarnya adalah makanan penutup mughlai yang menggunakan bihun, susu, gula, kurma, dan buah-buahan kering. (*)

Baca Juga: Ini Tren Makanan di Masa Depan Menurut Chef Riady

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH