Manfaat Luar Biasa dari Jus Daun Pepaya Daun pepaya memili banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Pixabay/EstefaneSantana)

DAUN pepaya bukan bahan makanan asing bagi sebagian mansyarakat Indonesia. Secara tradisional, daun pepaya biasa diolah menjadi sayur, campuran lauk, atau menjadi lalapan baik mentah atau direbus lebih dulu. Lalu adakah manfaat daun pepaya bagi kesehatan?

Daun pepaya kaya akan enzim seperti papain dan chymopapain, yang membantu pencernaan, mencegah kembung dan gangguan pencernaan lainnya. Selain pencernaan, senyawa alkaloid yang kaya seperti karpain bekerja efektif melawan ketombe dan kebotakan.

Daun pepaya juga mengandung vitamin A, C, E, K, dan B dalam jumlah besar dan mineral seperti kalsium, magnesium, natrium magnesium, dan zat besi.

Baca Juga: Makanan-Makanan ini Terbukti Ampuh untuk Mengurangi Rasa Sakit

Dikutip NDTV Food, verikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari jus daun pepaya. Selain olahan tradisional, kamu juga bisa membuat jus daun pepaya untuk mendapatkan manfaatnya yang luar biasa.

1. Mengobati demam berdarah

Daun pepaya dapat meningkatkan jumlah trombosit darah. (Foto: Pixabay/skeeze)
Daun pepaya dapat meningkatkan jumlah trombosit darah. (Foto: Pixabay/skeeze)

Obat umum yang disarankan oleh semua pasien demam berdarah adalah jus daun pepaya. Demam berdarah disebabkan oleh nyamuk Aedes yang terinfeksi, yang menyebarkan penyakit ini ke dalam darah kita. Demam berdarah sangat menurunkan jumlah trombosit darah, dan ekstrak dari daun pepaya diketahui membantu meningkatkan jumlah trombosit.

2. Anti-malaria

Daun pepaya bersifat anti-malaria. (Foto: Pixabay/CreativesolutionisT)
Daun pepaya bersifat anti-malaria. (Foto: Pixabay/CreativesolutionisT)

Daun pepaya memiliki sifat anti-malaria yang kuat. Senyawa yang ditemukan dalam daun pepaya adalah acetogenin yang dapat membantu mencegah penyakit berbahaya seperti malaria dan demam berdarah.

Baca Juga: Ingin Tetap Kuat Setelah Tua? Lakukan ini!


3. Baik untuk hati

Daun pepaya baik sebagai agen pembersih hati. (Foto:  Pixabay/silviarita)
Daun pepaya baik sebagai agen pembersih hati. (Foto: Pixabay/silviarita)

Sama seperti buah pepaya, jus daun pepaya juga bertindak sebagai agen pembersih yang kuat untuk hati, sehingga menyembuhkan banyak penyakit hati kronis, penyakit kuning dan sirosis hati.


4. Mendukung pencernaan

Daun pepaya kaya akan protease yang membantu pencernaan. (Foto: Pixabay/derneuemann)
Daun pepaya kaya akan protease yang membantu pencernaan. (Foto: Pixabay/derneuemann)

Buku Healing Food menyebutkan pepaya mengandung enzim papain dan chymonpapain. Kedua enzim ini telah terbukti membantu pencernaan, mencegah sembelit, dan membersihkan usus besar. Papain juga membantu menyembuhkan dan mencegah sakit maag.

Daun pepaya juga kaya akan protease dan amilase. Enzim ini membantu memecah protein, karbohidrat dan mineral yang membantu pencernaan. Sifat anti-inflamasinya yang tinggi juga mengurangi peradangan lambung dan usus besar. Jus ini juga dapat menyembuhkan tukak lambung dengan membunuh bakteri H Pylori karena sifatnya yang antimikroba.

Baca Juga: Beberapa Manfaat Kesehatan Saat Mengonsumsi Kacang Mete

5. Menurunkan kadar gula darah

Konsumsi daun pepaya bisa menurunkan kadar gula darah. (Foto: Pixabay/stevepb)
Konsumsi daun pepaya bisa menurunkan kadar gula darah. (Foto: Pixabay/stevepb)

Jus daun pepaya dapat bekerja sangat baik bagi penderita diabetes karena mengatur produksi insulin, yang pada gilirannya memeriksa kadar gula darah.

Sifat antioksidannya yang kuat juga membantu menurunkan komplikasi akibat diabetes seperti kerusakan ginjal dan hati berlemak. (*)

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Banyak Orang Lakukan saat Mandi, Kata Dermatolog

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH