Lemur Madagaskar Terancam Punah

Dwi AstariniDwi Astarini - Sabtu, 01 April 2023
Lemur Madagaskar Terancam Punah
Lemur memiliki perawakan kurus berbulu abu-abu dengan ekor loreng mirip zebra. (Foto: deviantart)

INGATKAH kamu dengan King Julien di film Madagascar? Ya, hewan lucu itu punya perawakan kurus dengan bulu abu-abu dan ekor loreng mirip zebra. Di dunia nyata, King Julien dikenal dengan namanya lemur. Lemur ialah primata primitif asli Madagaskar. Namun, ada juga lemur yang berasal dari Asia Tenggara dan Filipina.

Kelucuan lemur mungkin tak akan lama lagi di Bumi ini. Seperti dikabarkan Sciencedaily.com, para peneliti dari German Primate Center dan University of Zurich telah menganalisis data jangka panjang dari Madagaskar bahwa populasi lemur tikus sedang tidak stabil. Hal itu meningkatkan risiko kepunahannya.

BACA JUGA:

Pria di Australia Temukan Bongkahan Emas Bernilai Rp 2,4 Miliar


Perubahan iklim jadi salah satu faktor pendorong kepunahan lemur. Primata ini bereproduksi dan membangun bantalan lemak di tubuhnya saat musim hujan untuk digunakan bertahan di kala musim kemarau. Namun, belakangan ini Madagaskar diterpa kemarau dan kekeringan lebih lama daripada yang seharusnya, terlebih musim panas lebih terik daripada biasanya. Hal itu menjadi kekhawatiran para peneliti. Bisakah lemur tikus beradaptasi dengan perubahan iklim?

lemur

Lemur bereproduksi dan membangun bantalan lemak di tubuhnya saat musim hujan. (Foto: freepik/freepik)


“Hasil yang kami dapat menunjukkan bahkan spesies hewan yang seharusnya dapat beradaptasi dengan mudah terhadap perubahan kondisi lingkungan berkat tingkat reproduksi yang tinggi terancam kelangsungan hidupnya oleh perubahan iklim,” kata Peter Kappeler dari German Primate Center.

BACA JUGA:

Arus Laut dalam Antartika Terancam Hancur


Perubahan iklim menyebabkan fluktuasi pada kepadatan populasi dan meningkatkan risiko kepunahan secara cepat. Hal itu merupakan sinyal peringatan yang mengkhawatirkan untuk potensi kehilangan keanekaragaman hayati di daerah tropis.

Seperti dilansir Worldanimalfoundation.org, salah satu cara untuk mencegah kepunahan ialah dengan mengurangi aktivitas yang bisa berdampak terhadap pemanasan global. Mulailah membeli produk berkelanjutan, mendaur ulang semua barang-barangmu, dan perubahan kecil lainnya.(kmp)

BACA JUGA:

Fosil Dinosaurus Terbesar di Dunia Dipamerkan di Museum London

#Berita Unik #Gaya Hidup #Madagaskar
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan