Fosil Dinosaurus Terbesar di Dunia Dipamerkan di Museum London

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 31 Maret 2023
Fosil Dinosaurus Terbesar di Dunia Dipamerkan di Museum London
Patagotitan mayorum merupakan dinosaurus yang disebut sebagai yang terbesar yang pernah berjalan di dunia. (Foto: Wikipedia)

KEHADIRAN fosil dinosaurus di museum sejarah bukan menjadi sesuatu yang aneh. Tapi hal ini kerap menjadi objek yang menarik perhatian anak-anak, untuk datang ke sana dalam rangka melihat jejak reptil raksasa itu.

Sehingga tak heran bila publik di London antusias, ketika mendengar Natural History Museum menggelar pameran bertajuk Titanosaurs: Life as the Biggest Dinosaur. Melalui pameran ini, museum itu menghadirkan fosil dari dinosaurus terbesar di dunia.

Tema Titanosaurus pada dasarnya menggambarkan keluarga dinosaurus sauropoda, dari genus Patagotita yang notabene sebagai dinosaurus paling besar yang pernah berjalan di permukaan bumi. Genus ini hanya memiliki satu spesies bernama Patagotitan mayorum. Fosil dari dinosaurus inilah yang akan mulai dipamerkan di Natural History Museum pada 31 Maret 2023.

Baca juga:

Menerka Rasa Daging Dinosaurus

Fosil Dinosaurus Terbesar di Dunia Dipamerkan di Museum London
Natural History Museum mulai membuka pameran dinosaurus terbesar di dunia ini pada 31 Maret 2023. (Foto: Natural History Museum/Instagram)

Tak kira-kira, dinosaurus ini diperkirakan memiliki panjang 31 meter, dari hidungnya hingga ke ekor. Saat dulu hidup, bobotnya mungkin bisa mencapai 70 ton. Dalam pameran ini, museum di Kota London itu akan menunjukan kerangka representatis serta tulang fosil asli yang berasal dari femur Patagotitan dengan ukuran 2,4 meter.

Fosil femur itu disebut ditemukan di Argentina pada 2014, dan pada pameran ini akan diposisikan berdiri agar pengunjung bisa melihat seberapa besar tulang dari Patagotitan mayorum.

“Patagotitan adalah apa yang kami sebut dinosaurus sauropoda. Ini adalah kerabat dari dinosaurus seperti Diplodocus yang kamu mungkin lebih ketahui. Ini merupakan salah satu hewan besar yang badannya mirip tong dengan tipe kaki forced-out. Hewan ini hampir serupa dengan gajah raksasa yang dikombinasikan ular anakonda dengan leher serta ekor yang sangat panjang,” ungkap Ahli Paleontologi Prof. Paul Barret sebagaimana dilansir BBC, Kamis (30/3).

Baca juga:

Tidak Hanya Manusia, Dinosaurus juga Bisa Kena Kanker

Fosil Dinosaurus Terbesar di Dunia Dipamerkan di Museum London
ilustrasi dari Patagotitan mayorum. (Foto: Wikipedia)

Proses memamerkan replika kerangka dari dinosaurus terbesar di dunia ini juga bukanlah perihal yang mudah bagi pihak museum. Natural History Museum harus meminjamnya dari Museo Paleontologico Egidio Feruglio di Argentina dan menerbangkannya ke London.

Kemudian replika fosil itu harus ditempatkan di ruang pameran terbesar di museum, dengan ekornya diatur sedemikian rupa agar bisa ditekuk di antara tiang di sana. Demi memastikan replika kerangka Patagotitan mayorum itu aman, pihak museum juga harus harus menguatkan lantai di ruangan tersebut agar mampu menahan bebannya. (aru)

Baca juga:

Dinosaurus Ini Memiliki Ekor Berbentuk Hati

#Museum #Wisata Dunia #Dinosaurus
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan