Pria di Australia Temukan Bongkahan Emas Bernilai Rp 2,4 Miliar

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Jumat, 31 Maret 2023
Pria di Australia Temukan Bongkahan Emas Bernilai Rp 2,4 Miliar
Seorang pria Australia berhasil menemukan bongkahan emas di area bekas demam emas di negara itu (Foto: Instagram/@BBC)

DEMAM emas atau gold rush pernah berlangsung di berbagai penjuru bumi pada rentang 1851-1914. Ini menjadi momen ketika banyak penambang berusaha mendulang rezeki dengan mencari bongkahan emas di negara tersebut.

Salah satu peninggalan periode tersebut adalah bongkahan emas terbesar di dunia bernama Welcome Stranger yang memiliki bobot 72 kilogram di dekat area Victoria, Australia.

Tak mengherankan bila hingga kini ada area yang dinamakan Goldfields region di Victoria. Inilah salah satu pusat demam emas di Australia.

Menariknya, ternyata jejak bongkahan emas masih bisa ditemukan di sini dan ini terbukti dari kabar yang jadi viral pekan ini.

Baca juga:

Kolaborasi Ciptakan Investasi Emas Digital Lebih Aman

bongkahan emas
Bongkahan emas itu ditemukan dengan hanya bermodalkan alat deteksi logam. (Foto: Pexels/StreetWindy)

Pada pekan terakhir Maret 2023 ini, seorang pria Australia yang namanya tak disebutkan mencoba menjadi seorang penambang emas amatir di wilayah Victoria Goldfields.

Hanya dengan bermodalkan alat detektor logam, ia mencari emas di area yang mendapatkan sebutan segitiga emas Victoria itu.

Kemudian saat mendengar bunyi keras dari alatnya, pria itu lalu menggali sumbernya dan di sanalah ia menemukan batuan yang diduga bongkahan emas alami.

Demi memastikan apa yang ia temukan itu memanglah emas, pria itu lalu membawa bongkahan emas tersebut ke toko penambangan Geelong milik Darren Kamp yang berlokasi tidak jauh dari Melbourne.

Kamp mengungkapkan, ia sudah biasa kedatangan orang yang meminta pengecekan batu yang disangka emas. Sayangnya, sering kali ini bukan emas asli.

Namun ia terkejut bukan main ketika pria itu mengeluarkan bongkahan emas dari tas ranselnya. Setelah dilihat seksama, Kamp memastikan ini memang bongkahan emas asli.

Baca juga:

Bakal Ada Akun Centang Biru, Abu-Abu, dan Emas di Twitter

bongkahan emas
Dalam satu bongkahan batu itu disebut ada kandungan emas dengan total 83 ons. (Foto: Instagram/@oe24.at)

“Tapi dia mengeluarkan batu itu dan ketika ia menyerahkannya ke tangan saya, ia berkata, ‘Apakah menurut kamu ini bernilai AUD 10.000?' Saya melihatnya dan menjawab, ‘Coba AUD 100.000’,” ucap Kamp, sebagaimana dikutip oleh BBC (29/3).

Ternyata bongkahan emas itu disebut hanya setengah. Setengahnya lagi masih disimpan oleh pria itu di rumah.

Kemudian Darren Kamp pun menerima seluruh bongkahan batunya dengan berat 4,6 kilogram dan setelah dihitung kembali, total kandungan emas mencapai 83 ons atau setara dengan 2,6 kg dan bernilai sekitar AUD 240 ribu atau setara dengan Rp 2,4 miliar.

Kamp menambahkan, pria yang membawa bongkahan emas itu disebut bahagia dengan temuannya dan sudah berencana untuk menikmati penjualannya bersama keluarganya nanti. (aru)

Baca juga:

Max Verstappen Gunakan Emas Asli di Helm Juara Dunianya

#Emas #Australia
Bagikan
Bagikan