Lego Technic Hadirkan Mobil Balap Le Mans Peugeot 9X8

Andrew FrancoisAndrew Francois - Sabtu, 15 April 2023
Lego Technic Hadirkan Mobil Balap Le Mans Peugeot 9X8
Dijual mulai Rp 3 jutaan. (Foto: Lego)

PADA 2019, Peugeot mengumumkan kembalinya mereka ke Kejuaraan Balapan Ketahanan Dunia dan Le Mans 24 Jam dalam kategori hypercar baru. Pembuat mobil Prancis itu meluncurkan 9X8 sebagai penerus 905 dan 908 dengan powertrain hybrid dan output puncak 939 tenaga kuda.

Tentu saja versi road-legal bahkan tidak dipertimbangkan. Namun, sekarang ada cara yang terjangkau untuk memiliki mobil balap Le Mans itu. Peugeot bekerja sama dengan Lego untuk membuat 9X8 24H Le Mans Hybrid Hypercar sebagai bagian dari seri Lego Technic.

Ini merupakan wujud mini nan detail berskala 1:10 dari mobil balap aslinya dengan replika yang tepat dari mesin hybrid powertrain dan transmisi tujuh kecepatan. Fitur penting lainnya ada komponen eksterior yang bersinar dalam gelap, suspensi yang berfungsi penuh, dan mesin V6.

Baca juga:

LEGO Rilis Set Ideas Konser BTS

Menawarkan detail tingkat tinggi. (Foto: Lego)

Mobil Lego Technic dengan 1.775 buah bricks ini memiliki tinggi lebih dari 5 13 cm, lebar 22 cm, dan panjang 50 cm. Banderolnya jelas tidak murah dengan harga USD 199,99 (Rp 3 juta), tapi itu pasti setidaknya beberapa ratus kali lebih terjangkau daripada mobil balap yang sebenarnya.

“Kerja sama teknis kami dengan Lego Group dimulai pada Januari 2022, lima bulan sebelum Peugeot 9X8 terungkap. Butuh satu tahun untuk mengembangkan proyek sepenuhnya dengan tim teknis dan desain, memungkinkan kami untuk langsung mengubah detail teknis 9X8 ke model Lego Technic," terang Direktur Teknis Peugeot Sport Olivier Jansonnie.

Baca juga:

Mosaic Wall Jakarta di Toko Lego Terbesar di Indonesia

Lengkap dengan bagian lampu yang menyala dalam terang. (Foto: Lego)

Menurutnya, sangat penting bagi kedua merek untuk membuat model yang serealistis mungkin. Mobil balap aslinya itu telah diluncurkan selama balapan Kejuaraan Eropa Dunia FIA di Portugal bulan lalu, di mana mesin aslinya memasuki lintasan sebagai bagian dari persiapan Peugeot untuk kembali ke Le Mans.

Peugeot direncanakan bakal kembali balapan di Le Mans pada 11 Juni 2023 mendatang. Adapun ode skala Lego Technic itu akan tersedia untuk pesanan melalui berbagai toko Lego yang ada di dekat rumahmu atau diler Peugeot sendiri dijual mulai dari 1 Mei tahun ini. (waf)

Baca juga:

Lego Hadirkan Brick System-in-play agar Anak Bebas Berkreasi

#Otomotif #Lego #Hobi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan