Alami Masalah Kebocoran, Lebih dari 300 Ribu Mercedes Ditarik

Andrew FrancoisAndrew Francois - Sabtu, 07 Januari 2023
Alami Masalah Kebocoran, Lebih dari 300 Ribu Mercedes Ditarik
Terjadi masalah pada air yang bisa menumpuk di bagian belakang mobil. (Foto: Mercedes-Benz)

MERCEDES-BENZ telah mengeluarkan instruksi penarikan untuk lebih dari 300 ribu kendaraan mereka karena masalah kegagalan produk. Menurut dokumen yang diterbitkan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), penarikan itu diisukan untuk SUV Mercedes-Benz lama yang diproduksi sejak 2011.

Motor1, Jumat (6/1), mengungkapkan, secara khusus, unit yang terpengaruh oleh instruksi penarikan itu yakni 323.963 unit Mercedes-Benz M-Class generasi ketiga (W166), yang kini telah berganti nama menjadi GLE-Class pada edisi facelift 2015, dan GLE Coupe (C292).

Setelah diidentifikasi melalui catatan produksi, kendaraan yang terdampak instruksi penarikan itu ialah yang diproduksi sejak 1 Juli 2011. Mobil-mobil yang diproduksi setelah 25 November 2019 tidak terdampak oleh instruksi penarikan tersebut.

Baca juga:

Tampilan Mewah dengan Performa Mumpuni SUV Listrik Mercedes Benz EQS

Lebih dari 300.000 SUV Mercedes-Benz kena tarik. (Foto: Mercedes-Benz)

Dokumen NHTSA menunjukkan bahwa mobil-mobil yang akan ditarik itu memiliki masalah pada air yang bisa masuk ke area belakang kendaraan. Masalah itu tercatat dalam keluhan pelanggan yang disampaikan pada awal tahun 2018 silam, meski memang terjadi di luar Amerika Serikat (AS).

Perlu diketahui, hingga saat ini, mobil-mobil yang terdampak instruksi penarikan tersebut baru untuk wilayah AS saja. Sementara, untuk berbagai wilayah atau negara lainnya di dunia belum terdapat instruksi penarikan, termasuk di Indonesia.

Masalah itu bisa berakibat fatal, karena air yang menumpuk pada bagian belakang dapat sesekali masuk ke unit kontrol pompa bahan bakar. Hal itu jelas berbahaya. Mercedes-Benz telah menyelidiki masalah itu beberapa tahun lalu dan melakukan analisis potensi bahaya dari akumulasi air tersebut.

Baca juga:

Potensi Airbag Meledak, Mobil VW dan Audi Kena Recall

Mercedes-Benz GLE besutan 2018 ikut kena penarikan. (Foto: Mercedes-Benz)

Perusahaan menyimpulkan bahwa masalah ini dapat menyebabkan kerusakan pompa bahan bakar tersebut dan gangguan pasokan bahan bakar ke mesin, yang kemudian dapat menyebabkan mesin mati tanpa peringatan.

Namun, Mercedes-Benz hanya mengeluarkan instruksi penarikan sukarela bagi pelanggan. Artinya, pelanggan boleh saja mengabaikan instruksi penarikan itu. Instruksi penarikan tetap dikeluarkan Mercedes-Benz sebagai tindakan pencegahan, sebab keselamatan pelanggan tetap yang utama.

Nantinya, diler akan memeriksa seluruh kendaraan yang terdampak itu, pada setiap infiltrasi air ke dalam sumur roda cadangan, serta mengganti unit kontrol pompa bahan bakar jika dianggap perlu. Sumbat pembuangan juga akan dipasang di sumur roda cadangan agar tak terjadi penumpukan air. (waf)

Baca juga:

Ratusan Mobil Listrik Tesla Kena Recall, Ada Apa?

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan