Otomotif

Tampilan Mewah dengan Performa Mumpuni SUV Listrik Mercedes Benz EQS

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 21 April 2022
Tampilan Mewah dengan Performa Mumpuni SUV Listrik Mercedes Benz EQS
Tampak depan Mercedes Benz EQS SUV. (Foto: Auto Express)

MERCEDES Benz telah merilis lini mobil listrik terbaru mereka, yaitu EQS. Rilisan terbaru ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 660 km dalam satu kali pengisian daya. Mobil listrik dengan basis desain SUV (sport utility vehicle) tersebut akan diproduksi di Amerika Serikat dan mulai dijual musim gugur atau pada September mendatang.

Mobil tersebut juga menjadi mobil listrik paling besar dari Mercedes Benz dengan banderol harga mulai dari pound sterling 110,000 atau setara dengan Rp 1,7 miliar. Seperti dikabarkan Auto Express, Kepala Penjualan Mercedes Benz Britta Seeger berharap mobil tersebut dapat menguasai pasar utama kendaraan listrik di AS, Kanada, dan Eropa.

Mercedes Benz telah mengonfirmasi EQS 450+ akan tersedia dalam varian penggerak roda belakang dan penggerak seluruh roda atau all-wheel drive (AWD). Meski Mercedes Benz memang belum mengonfirmasi kapan versi AWD tersebut akan dirilis termasuk versi performa tinggi AMG untuk EQS tersebut.

Baca juga:

Satu Unit Mercedes-Benz EQS Diperkirakan Seharga Lebih dari Rp 1.4 Miliar

Tampak belakang Mercedes Benz EQS SUV. (Foto: Auto Express)

Adapun baterai yang digunakan sama dengan yang terdapat pada Mercedes Benz EQS Saloon di mana tersemat baterai berkapasitas 107,8 kWh. Baterai tersebut bukan hanya mampu menempuh jarak jauh dalam satu kali pengisian daya tapi juga tenaga yang besar yaitu hingga 355 dk dan torsi 568 Nm.

Sementara versi AWD 4MATIC yang belum terkonfirmasi tanggal rilisnya akan mendapatkan besaran tenaga yang sama dengan torsi lebih gahar yaitu hingga 800 Nm. Namun jarak tempuh maksimalnya sedikit lebih kecil yaitu hanya hingga 610 km saja.

Namun ada pula versi yang lebih monster lagi yaitu EQS 580+ dengan tenaga hingga 536 dk dan torsi 858 Nm, mampu berangkat dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam 4,5 detik saja. Namun jarak tempuh maksimalnya lebih pendek yaitu hanya 610 km saja.

Baca juga:

Mercedes-Benz Masuk Daftar 10 Besar 'Best Global Brands 2021'

Tampak dalam Mercedes Benz EQS SUV. (Foto: Auto Express)

Seluruh versi dari Mercedes Benz EQS mendukung kemampuan pengisian daya 200 kW rapid-charging yang artinya pemilik hanya membutuhkan waktu 31 menit untuk mengisi daya dari 10 hingga 80 persen.

Seluruh versi EQS telah dilengkapi dengan sistem suspensi udara Airmatic ditambah kemampuan peredam adaptif sehingga kenyamanannya tak perlu diragukan lagi. Pengaturan suspensinya bahkan bisa dikendalikan melalui sistem pemilihan mode berkendara yang terdapat di layar monitor besar di dalam mobil. (waf)

Baca juga:

Mercedes Benz Luncurkan Proyek Maybach Terakhir Bersama Virgil Abloh

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan