Lampiaskan Kemarahan dengan Cara Sehat dan Produktif Saat perasaan marahmu membuat tertekan atau tidak, ada baiknya menyiapkan sebuah teknik mengatasinya. (Pexels/freestocks.org)

MARAH, sedih bahkan kecewa tentu saja bisa menjadi salah satu bentuk emosi yang muncul setiap harinya. Ketika itu terjadi dan kamu merasakannya, tentu saja itu sangat wajar. Kemarahan tidak hilang begitu saja, tetapi itu tidak berarti kamu harus menyerah padanya dalam kemarahan yang tak terkendali.

Saat kamu merasa bahwa perasaan marahmu membuat tertekan atau tidak, ada baiknya menyiapkan sebuah teknik mengatasinya. Jika tidak, kamu berisiko menyerang dengan cara yang tidak sehat, berpotensi menyakiti diri sendiri dan orang di sekitarmu.

Melansir dari laman Lifehacker, berikut adalah ide untukmu untuk berbagai cara sehat untuk menyalurkan agresi dan melampiaskan amarah kamu.

Baca Juga:

Cara Menenangkan Pasangan Marah Sambil Berteriak

marah
Luapkan marah kamu. (freepik/jcomp)

Bergeraklah

Baik itu berlari cepat, bertinju, atau meninju tembok. Jika melalui latihan yang rutin maka terbukti benar dari seseorang yang mengalihkan amarahnya. Sudah lama kita tahu bahwa olahraga menghilangkan stres.

Kamu bisa temukan video latihan gratis secara online atau lakukan beberapa lari sprint di blok rumahmu. Jika kamu memiliki pekarangan rumah, cobalah untuk melempar bola ke dinding. Ini terlihat konyol, tetapi dengan membiarkan kamu berteriak atau mendengus selama berolahraga dapat membantumu masuk ke zona pelepasan amarah.

Frustrasi

Menerima email yang memicu kemarahan dari atasan? Cetak dan sobek sampai tercabik-cabik. Jika kamu merasa tidak memiliki pelampiasan fisik untuk kemarahanmu maka buatlah sendiri. Kamu juga bisa menuliskan semua pikiran marah di atas kertas dan kemudian menghancurkannya sesukamu, apakah itu mencoret-coretnya, mengirimkannya melalui mesin penghancur, atau melemparkannya (dengan aman) ke dalam api.

Jika kamu memiliki tempat yang aman untuk melakukannya, cobalah hancurkan beberapa sampah lama hingga berkeping-keping. Kuncinya di sini adalah berhati-hati tentang bagaimana kamu merepresentasikan secara visual tidak hanya kemarahan, tetapi fakta bahwa melepaskannya emosi.

Baca Juga:

Terkonfirmasi, Lapar Bikin Marah

marah
Mendengarkan musik dan bernyanyi adalah salahsatu ide lain melampiaskan amarah. (freepik/freepik)

Kreativitas

Kamu juga bisa melampiaskan kemarahan melalui saluran yang lebih menenangkan dan bijaksana. Jika berlari di sekitar blok rumah dan merobek kertas hanya menambah kemarahan, maka berikut adalah beberapa ide untuk menyalurkannya dengan cara yang lebih terkontrol:

1. Bernyanyi. Jika memungkinkan, bernyanyilah di dalam mobil atau ruang tertutup akan sangat idealuntuk kamu lakukan.

2. Menggambar atau melukis. Kamu tidak perlu menjadi artistik untuk merasakan manfaat percikan catdi atas kertas atau kanvas. Ini tentang melepaskan emosi, bukan tentang membuat sesuatu yang bisadipajang untuk hiasan dinding.

3. Jurnal. Jangan merasa tertekan untuk mengartikulasikan kemarahan kamu bahkan hanya mengetikcatatan di note ponsel dapat membantu menenangkan kamu.

4. Mendengarkan musik. Temukan musik yang menenangkan dan membangkitkan semangat untukmengalihkan perhatian dan memberi kamu kedamaian.

5. Cobalah yoga. Pernapasan dalam dan fokus pikiran tubuh akan memaksa kamu untuk duduk denganamarah, tanpa membiarkan amarah itu bisa mengendalikan kamu.

Orang yang dipercaya

Seperti halnya reaksi emosional yang kuat, memendamnya di dalam hati kemungkinan besar akan menjadi bumerang untuk kamu. Pertimbangkan untuk menghubungi teman terpercaya atau orang terkasih tentang kemarahan yang kamu rasakan. Evaluasi apakah tanggapanmu sebanding dengan masalah yang dialami. Sedikit perspektif dapat membantu meredakan emosi dan membantumu menenangkan diri.

Sesudah kamu mengalami masa dengan kemarahan, jika sudah berhasil melewatinya, cobalah untuk mendokumentasikan saat-saat itu. Kamu dapat mengidentifikasi pola yang membuat kamu marah. Apakah kamu selalu kesal pada orang yang sama atau pada perilaku atau situasi tertentu. Dengan kamu mengetahui hal ini, maka kamu akan dapat mengantisipasi, membantu mengelola atau menghindari perasaan marah di masa depan. (DGS)

Baca Juga:

Mudah Menangis Saat Marah? Ini Penjelasan Medisnya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tukar Mobil dengan Sepeda Listrik, Warga Perancis Dapat Rp 59 Juta
Fun
Tukar Mobil dengan Sepeda Listrik, Warga Perancis Dapat Rp 59 Juta

Perancis ingin saingi Belanda dan Jerman dalam penggunaan sepeda oleh masyarakatnya.

Meski Sudah Rampung, Warner Bros. Batal Merilis Film 'Batgirl'
ShowBiz
Meski Sudah Rampung, Warner Bros. Batal Merilis Film 'Batgirl'

Warner Bros. tidak akan merilis film Batgirl.

Trilogi Persona Hadir di Nintendo Switch
Fun
Trilogi Persona Hadir di Nintendo Switch

Trilogi ini dimainkan pada berbagai platform.

Inspirasi Tampilan Antitradisional Kimono
Fashion
Inspirasi Tampilan Antitradisional Kimono

Bisa banget menggunakan kimono dalam kegiatan sehari-hari.

Cerita Pele Kunjungi Indonesia, Lebih Mengesankan di Luar Lapangan
Olahraga
Cerita Pele Kunjungi Indonesia, Lebih Mengesankan di Luar Lapangan

Keterampilannya mengolah si 'kulit bundar' dianggap jauh dari 'spektakuler'.

Tulisan Tangan Raja Charles III dan Karangan Bunga di Atas Peti Mati Ratu Elizabeth II
Fun
Menang di MotoGP San Marino 2022, Bagnaia Makin Dekat ke Puncak Klasemen
Olahraga
Menang di MotoGP San Marino 2022, Bagnaia Makin Dekat ke Puncak Klasemen

Perebutan juara dunia MotoGP 2022 semakin ketat.

Pilih Cover Mobil yang Baik untuk Manjakan Mobil Kamu
Fun
Pilih Cover Mobil yang Baik untuk Manjakan Mobil Kamu

sesuaikan cover mobil dengan kebutuhan.

5 Bahasa Cinta yang Mendefinisikan Perilaku Kamu
Fun
5 Bahasa Cinta yang Mendefinisikan Perilaku Kamu

bukan hanya cara mengekspresikan atau mengungkapkan rasa cinta

66 Atlet Esports Siap Wakili Indonesia di SEA Games 2021 Hanoi
Fun
66 Atlet Esports Siap Wakili Indonesia di SEA Games 2021 Hanoi

66 atlet akan bertanding sesuai nomor game di SEA Games 2021.