Labu Siam, si Hijau Kaya Manfaat bagi Kesehatan dan Kecantikan Labu siam banyak manfaat untuk kesehatan. (foto: instagram @ryanartinia)

LABU siam merupakan jenis sayuran yang kalorinya rendah. Sayuran ini direkomendasikan bagi orang yang diet atau menurunkan kolesterol. Sayuran yang dikenal dengan nama jipang ini kaya serat, antioksidan, zat besi, mangan, fosdor, tembaga, vitamin B1, B2, B6 dan vitamin C.

Dengan nutrisi sedemikian rupa, labu siam punya berbagai manfaat bagi kesehatan juga kecantikan. Berikut manfaat labu siam seperti dilansir berbagai sumber.

BACA JUGA: Tren Berkebun Kian Populer Ditengah Pandemi COVID-19

1. Baik untuk Perempuan Hamil

hamil
Folatnya baik untuk ibu hamil. (foto: pexels/Dominika Roseclay)

Kandungan vitamin B9 atau folat dalam labu siam bagus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu saat masa kehamilan. Penelitian juga menunjukkan kekurangan folat saat kehamilan berakibat pada masalah kesehatan bagi bayi, misal cacat tabung saraf, masalah jantung, hingga keguguran.


2. Menjaga Kolesterol

labu siam
Bagus untuk menjaga kadar kolesterol. (foto: Instagram @duniasayur_id)

Labu siam salah satu makanan yang bagus untuk menjaga kadar kolesterol kamu berada dalam batas normal. Kalau mau kolesterol kamu normal, cobalah untuk mengonsumsi labu siam ya!


3. Cegah Radikal Bebas

radikal bebas
Labu siam juga bisa menjadi solusi untuk kulit kamu yang kasar. (Foto: pexels - Andrea Piacquadio)

Labu siam merupakan sumber vitamin C dan sebagai antioksidan yang kuat. Selain mencegah radikal bebas, kandungan vitamin C dalam labu siam membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.


4. Menghaluskan Kulit

kulit
Labu siam bisa menghaluskan kulit juga nih. (Foto: pexels/Shiny Diamond)

Bagi yang kulitnya kasar karena sering beraktivitas setiap hari, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi labu siam rebus. Kenapa? karena labu siam punya banyak kandungan nutrisi yang mampu membuat kulitmu jadi lebih halus dan kenyal.


5. Mencegah Penuaan Dini

youth
Caption

Tak hanya menghaluskan kulit, labu siam punya banyak kandungan nutrisi yang mampu menutrisi kulit dan membuat proses regenerasi sel lebih cepat. Jadi kamu akan terlihat lebih awet muda.(bfm)

BACA JUGA: Jenis Pekerjaan yang Dapat Dilakukan dari Rumah


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH