Jenis Pekerjaan yang Dapat Dilakukan dari Rumah Pilihan kerja yang dilakukan di rumah banyak ditawarkan via internet.(Foto: Unsplash/Thought Catalog)

MENURUT data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2019 tercatat ada sekitar 7,05 juta pengangguran di Indonesia. Kementrian Keuangan memperkirakan angka pengangguran itu akan bertambah 5 juta jiwa dalam masa pandemi COVID-19 ini.

Sememntara di Amerika tercatat lebih dari 30 juta orang pengangguran menurut catatan akhir April 2020. Peningkatan jumlah ini dipicu sejak Maret lalu seiring dengan diberlakukannya aturan #DiRumahAja untuk memperlambat penyebaran COVID-19. Pembatasan juga memengaruhi acara-acara besar seperti acara olahraga dan konser. Hal ini menyebabkan penutupan banyak bisnis seperti restoran, pusat kebugaran, dan toko.

Baca juga:

Taktik Jitu Pengusaha Akomodasi di Bali Berusaha Tidak Terpuruk Badai COVID-19

Dalam waktu singkat, pandemi ini, membuat banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah menjadi lebih menarik. Kesempatan untuk mendapatkannya jenis pekerjaan ini masih banyak tersedia. Sayangnya yang ditawarkan memang hanya dalam status karyawan lepas.

Dilansir laman People, berikut adalah beberapa kategori yang mungkin sangat cocok untuk orang yang ingin bekerja dari rumah selama pandemi.

1. Transcriber

1
Biasanya cuma butuh koneksi komputer atau internet (Foto: Unsplash/Jakob Owens)

Posisi transkrip akan cocok bagi mereka yang perlu menghasilkan uang cepat saat bekerja dari rumah. Biasanya, semua yang diperlukan adalah koneksi komputer atau internet. Sang pemilik hanya akan mengirim file video atau audio yang perlu ditranskripsikan.

Rev.com telah terbukti menjadi salah satu layanan paling populer untuk transkripsi dan menawarkan posisi lepas. Perusahaan seperti Upwork dan GoTranscript juga membuka aplikasi bagi yang tertarik.

2. Penerjemah

2
Di upah per jam dengan layak (Foto: Unsplash/Romain Vignes)

Posisi ini mengharuskan pelamar menguasai lebih dari satu bahasa. Seorang penerjemah memungkinkan untuk mendapatkan upah per jam yang layak hanya dengan membantu orang berkomunikasi. Translate.com menawarkan peluang untuk bekerja lepas bagi orang-orang yang lulus tes terjemahan, yang dapat ditemukan di situs web mereka.

Penerjemah dibayar berdasarkan jumlah kata dan mereka dapat menarik pembayarannya kapan saja yang dikirim langsung ke akun Paypal mereka. Biro Pekerjaan juga mencari seseorang untuk mengisi peran penerjemah lepas.

3. Sales Representative

3
Agen membantu klien via telepon (Foto: Unsplash/Berkeley Communications)

Perusahaan seperti eHealth dan Salesforce mempekerjakan agen penjualan jarak jauh untuk membantu mencarikan pelanggan dengan produk mereka. Saat bekerja dari rumah, agen akan bertugas membantu klien melalui telepon dan mencapai target penjualan.

Baca juga:

Digital Learning Untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar Efektif

4. Penulis

4
Hanya membutuhkan komputer dan koneksi internet (Foto: Unsplash/Belo Rio Studio)

Berbagai perusahaan mencari penulis kontributor untuk situs web mereka. Yang kamu butuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet. NerdWallet, sebuah perusahaan keuangan pribadi, sedang mencari seorang penulis data untuk meliput asuransi. Careers Inc. sedang mencari penulis untuk membantu membuat resume, profil LinkedIn dan surat pengantar untuk apoteker.

Jika kamu mencari sesuatu yang berhubungan dengan hiburan, Valnet menyewakan buku komik, film, dan penulis TV sebagai kontributor di situs webnya, CBR.com.

5. Desainer

5
Posisi desainer banyak tersedia (Foto: Unsplash/Theme Photos)

Buat kamu yang lebih kreatif, ada juga tersedia puluhan posisi desainer lepas dengan tawaran gaji menarik. Artisan Creative, Something Massive, BVA Commerce, dan Mondo semuanya menawarkan posisi kreatif. (lgi)

Baca juga:

Tips Strategi Agar Tetap Bertahan Melewati COVID-19 Buat Pelaku Bisnis

Kredit : leonard


Leonard G.I