Kurangi Pemakaian Plastik Kalau Kamu Peduli dengan Biota Laut Biota laut menjadi korban sampah plastik (Foto: Pexels/Pixabay)

PERNAH terpikir enggak sih dampak plastik yang kamu gunakan? Memang, plastik sangat praktis untuk digunakan. Misalnya untuk kamu bawa bekal ke kantor. Cukup dibungkus menggunakan plastik kecil. Lalu dimasukkan lagi ke kantong kresek.

Sesampainya di kantor, tinggal kamu buka bungkusan plastik itu. Kemudian tinggal kamu santap bekal kamu dengan menggunakan wadah makan di kantor. Sementara plastik yang kamu gunakan tadi, tinggal kamu buang dengan mudahnya. Pulang kantor kamu enggak akan terbebani sampah apapun.

Baca juga:

Permintaan Maha Penting Pangeran Harry Saat Menginap Di Hotel

Nah, tapi tanpa kamu sadari, sampah plastik yang kamu gunakan tadi berpotensi mengancam nyawa biota-biota laut. Kok bisa? Jadi begini, sampah plastik yang kamu buang tadi bisa saja enggak terpilah dengan benar atau terbuang sembarangan.

Ujung-ujungnya sampah plastik tersebut bisa mengalir ke laut, bahkan ke belahan dunia lainnya. "Ujungnya bisa ke lautan, nah dari lautan tuh bisa terbawa ke mana-mana. Jadi bisa mencemari laut dan terbawa arus lalu mencemari ke mana-mana," ujar Direktur Pemafaatan Ilmu dan Teknologi Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Dr. Nani Hendiarti kepada merahputih.com di Jakarta, Selasa (30/7).

Sampah plastik bisa mengalir ke laut (Foto: Pexels/Artem Beliaikin)

Menurut Nani, sampah platik yang mencemari laut itu bisa berubah menjadi mikroplastik (potongan plastik yang sangat kecil). Karena terlalu kecil, mikroplastik itu bisa termakan oleh ikan tanpa sengaja. Bahan plastik berbahaya, sehingga biota lauta bisa saja mati karena memakan mirkoplastik. "Yang kasihan biota laut jadinya," tambah Nani.

Baca juga:

Empat Langkah Kekinian Berkontribusi Kurangi Sampah Plastik

Manusia bisa menjadi korban karena mengonsumsi ikan yang memakan plastik (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Bahkan enggak hanya biota laut yang bisa menjadi korban. Kamu yang hidup jauh dari laut juga bisa menjadi korban sampah plastik yang termakan ikan tadi. Sebab, bisa saja ikan yang memakan plastik tadi tertangkap nelayan, kemudian kamu konsumsi.

Kalau sudah termakan Kata Nani, perut kamu bisa terluka, bahkan menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Mengingat ada campuran bahan yang tajam pada plastik. "Plastik kan juga ada yang tajam bahannya, Jadi kalau masuk ke manusia bisa luka gitu," tukasnya.

Yuk sahabat Merah Putih, kurangi pemakaian plastik. Minimal, jangan pernah membuang sampah plastik sembarangan ya. (ikh)

Baca juga:

Deretan Benda-Benda Daur Ulang Sampah Plastik yang Kece Abis

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH