Deretan Benda-Benda Daur Ulang Sampah Plastik yang Kece Abis Berbagai benda daur ulang dari sampah plastik yang super kece (Foto: kolase merahputih/instagram)

BERTEPATAN dengan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April, masyarakat di seluruh dunia punya caranya tersendiri untuk berkontribusi demi Bumi yang lebih baik.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk berkontribusi, mulai dari membersihkan sampah-sampah di sekitar, hingga mengikuti tren mengurangi sampah plastik. Seperti memakai sedotan stainless dan membawa tumbler.

Tujuan utama kontribusi itu ialah membuat Bumi kita tak ternodai ribuan sampah, khususnya sampah plastik yang sangat sulit terurai. Dibutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 10-20 tahun, untuk selembar plastik untuk hancur sepenuhnya.

Untuk itu, sangat penting bagi kamu, khususnya para generasi muda penerus bangsa, untuk mengurangi sampah plastik. Salah satu caranya ialah mendaur ulang sampah-sampah plastik.

Jangan kamu pikir sampah plastik itu tidak berguna ataupun jelek. Kamu harus liat dulu beberapa karya-karya kece yang berasal dari sampah plastik berikut ini.

1. Busana untuk Catwalk

Busana fashion show kece dari daur ulang plastik (foto: instagram @affina_ndie)

Siapa bilang menggunakan plastik daur ulang enggak bisa bikin kamu terlihat kece? Buktinya seperti yang terlihat dari foto ini. Adik cantik tersebut tampak begitu kece dengan busana dari daur ulang sampah plastik. Busana tersebut terlihat sangat eye catching dengan kombinasi warna dari berbagai plastik. Belum lagi sentuhan finishing pada berbagai lini seperti mahkota dan tas dari plastik, hingga menjadi satu paduan yang pas dan menarik.

2. Hiasan Bunga

Hiasan bunga dari sampah plastik (foto: instagram @hanifa_rischa)

Selain jadi busana yang super kece, sampah plastik juga bisa dibuat menjadi hiasan rumah yang super cantik lho guys. Seperti halnya bunga mawar yang dibuat dari plastik kresek ini. Dengan sentuhan tangan kreatif, plastik diubah menjadi suatu benda yang lebih bernilai tinggi dan indah dipandang mata.

3. Tas Rajut Plastik

Tas rajut cantik dari plastik (Foto: instagram @kertabumikliniksampah)

Ketimbang kamu membuang-buang sampah kantong plastik, lebih baik ubah menjadi suatu barang yang berguna dan fashionable. Seperti halnya tas rajut kantong plastik yang super kece ini. Mungkin sekilas terlihat seperti tas rajutan benang, tapi ternyata bukan. Ini tas yang dirajut dari bahan plastik. Dengan sentuhan tangan kreatif rajutan dari sampah plastik pun bisa bernilai tinggi.

4. Dompet Rajut Plastik

Dompet rajut plastik (Foto: instagram @kertabumikliniksampah)

Ini bukanlah dompet etnik seperti yang dijual dipusat oleh-oleh tempat wisata, melainkan dompet rajut plastik yang dibuat dari kantong kresek. Untuk bahan dasarnya, kantong kresek dijadikan tali untuk bahan material rajut, setelah itu dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi sebuah dompet yang super kece.

5. Lampu Unik dari Sendok Plastik

Lampu unik dari sampah plastik (foto: instagram @kertabumikliniksampah)

Lampu unik berbentuk menyerupai buah nanas ini, terbuat dari 100 sendok plastik. Cara membuatnya pun mudah. Kamu hanya membutuhkan sendok plastik, gunting, lem tembah serta imajinasi. Bahan tersebut bisa dibuat skreatif mungkin dengan berbagai bentuk unik.

Nah itu dia, guys, beberapa benda-benda super kece yang bisa kamu buat dari daur ulang sampah plastik? Selain indah dipandang mata dan fungsional, tak menutup kemungkinan juga bisa menjadi peluang bisnis lho. Selamat mencoba. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH