Empat Langkah Kekinian Berkontribusi Kurangi Sampah Plastik Kurangi sampah plastik dengan berbagai langkah keren (Foto: pixabay/matthew_golop)

"GIMANA sih diet kantung plastik tapi tetep kekinian?". Pertanyaan itu sering terdengar di kalangan muda-mudi ibukota. Mereka sejatinya punya kesadaran untuk berhenti menggunakan kantung plastik sekali pakai, namun malas ribs alias ribet, dan tetap bisa tampil eksis.

Pada peringatan Hari Bumi, merahputih.com menyiapkan langkah jitu agar kamu bisa berkontribusi mengurangi sampah plastik namun tetap bisa tampil eksis kekinian.

Memang enggak bisa dipungkir, plastik bersifat fleksibel, tahan air, dan praktis, namun dampaknya terhadap lingkungan enggak main-main gengz.

Jika satu orang saja memakai 4 plastik setiap hari. Bisa kamu bayangkan sampah ratusan juta penduduk di Indonesia.

Bahkan studi McKinsey dan Co serta Ocean Conservancy, Indonesia menjadi negara penghasil sampah plastik nomor dua di dunia, sesudah tiongkok.

Melihat hal itu, sudah saatnya kita juga ikut berkontribusi nyata. Caranya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah kekinian peduli sampah plastik berikut ini:



1. Bawa Botol Air Minum atau Tumbler Sendiri

penggunaan tumbler bisa mengurangi sampah botol-botol minuman plastik (Foto: instagram@haishopofficial)

Dengan membawa botol minum sendiri, kamu bisa mencegah jutaan sampah botol plastik lho guys. Selain itu, kamu juga lebih efisien dalam pengeluaran, karena tak perlu membeli air minum dalam kemasan.

Saat ini sih bukan cuma anak-anak sekolah dasar guys. Pegawai kantoran pun banyak yang membawa Tumbler dari rumah. Karena selain lebih sehat, kamu juga bisa lebih berhemat.


2. Bawa Tas Belanja Sendiri

Bawa tas belanja sendiri banyak manfaatnya (Foto: Pixabay/brrt)

Langkah kedua, cukup simple juga kok guys. Membawa Tas belanjaan sendiri. Khususnya jika kamu belanja ke pasar ataupun supermarket.

Jika penjual menawarkan untuk dibungkus dengan kantung plastik, kamu bisa menolak dan memberikan tas belanja kamu sebagai pengganti kantung plastik. Dengan begitu kamu bisa mengurangi sampah plastik dan berhemat.

3. Bawa Bekal

Sampah plastik berkurang, lebih sehat dan hemat (Foto: Pixabay/ozah_barozah)

Ketimbang harus memesan makanan dengan plastik sebagai wadah, lebih baik kamu mebawa bekal makanan sendiri dengan menggunakan kotak makan. Selain lebih hemat pengeluaran, kamu pun dapat mengurangi sampah plastik lho.

Setelah bekal makan siangmu habis pun, wadah bekal masih bisa digunakan sebagai tempat makan pengganti styrofom, kardus kotak makan, kertas nasi, dan plastik nan biasa dipakai penjual makanan.

4. Bawa Sedotan Stainless

Gunakan sedotan stainless untuk mengurangi sampah plastik (Foto: instagram@ikandestylabs)

Penggunaan sedotan plastik di rumah makan kecil hingga restoran mewah tentu sudah tak asing lagi. Namun belakangan ini penghentian sedotan plastik di tempat-tempa makan mulai gencar dilakukan karena mengakibatkan banyaknya sampah plastik hingga membludak di lautan.

Solusinya, dengan menggunakan sedotan berbahan besi tahan karat atau stainless. Mungkin ini terdengar baru, namun sudah cukup banyak yang mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Harganya pun sangat murah dan terjangkau.

Jadi tunggu apalagi cus langsung beli, selain kece kamu juga bisa kerkontribusi untuk bumi. Nah itu dia guys beberapa langkah kekinian yang bisa kamu tiru. Semoga bermanfaat yah. (ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH