Cara Mudah Buat Kue-Kue Lebaran Favorit Proses produksi kue lebaran di pabrik rumahan. Foto: Antara

KUE lebaran bisa dikatakan sebagai sajian wajib yang dihidangkan di setiap rumah pada saat lebaran tiba. Aneka kue disajikan untuk menyambut para tamu yang datang. Namun tahukah Anda apa saja kue yang disukai oleh para tamu?

Bukan rahasia lagi jika para ibu rumah tangga akan berlomba-lomba untuk membuat kue. Ibaratnya seperti bersaing untuk membuat sajian enak di hari pertama bulan syawal. Tentunya untuk disajikan kepada para tamu yang berkunjung.

Jenis Kue Lebaran yang Paling Disukai

Biasanya, pembuatan kue dilakukan seminggu sebelum hari raya tiba. Tentunya, kue-kue yang dibuat diharapkan bisa menarik perhatian tamu. Tamu mau mencicipinya sembari bersilaturrahmi. Kue-kue ini akan disajikan di atas meja dalam aneka warna. Bisa dibayangkan jika pembuatannya akan memakan waktu lebih banyak untuk membuat beberapa kue bukan? Makanya, cara terbaik adalah membuat kue yang mudah dibuat tapi disukai oleh tamu. (Baca: Pilihan Menu Es Berbuka Ini Dijamin Buat Badan Segar Kembali)

Nah, apa saja kue kering lebaran yang mudah dibuat dan disukai para tamu? Mari simak ulasannya di bawah ini!

Kue Nastar

Nastar
Kue Nastar (Foto: Instagram/Dj_ernayu)

Salah satu kue paling banyak ditemukan di hari lebaran adalah kue nastar. Kue ini menjadi andalan bagi sebagian besar orang. Hal ini disebabkan oleh rasanya yang enak, dan cara membuatnya lebih mudah.

Kue ini memiliki kekhasan sendiri. Bentuknya agak bulat dan terlihat mungil. Namun jangan dianggap remeh rasanya. Di dalamnya diisi dengan selai nanas, membuatnya menjadi salah satu kue enak yang banyak dicari oleh tamu yang datang. Nah, bagaimana cara membuat kue nastar ini?

- Bahan-bahan untuk membuat kue nastar

Yang perlu disediakan pertama kali adalah bahan-bahan pembuatnya. Bahan-bahannya cukup banyak. Meliputi bahan utama, bahan untuk membuat selai, sampai bahan untuk olesannya. Mengenai bahan utamanya, yang Anda butuhkan cukup banyak. Tetapi bahannya mudah didapatkan. Diantaranya adalah margarine (150 gram), butter (100 gram), gula halus (90 gram), susu bubuk (50 gram), tepung terigu protein rendah (350 gram), 3 butir kuning telur dan ½ sendok teh vanili bubuk.

Sementara untuk bahan selainya adalah 1 buah nanas (diblender/diparut), gula pasir (200 gram), 2 batang kayu manis dan 2 butir cengkeh. Bahan-bahan ini akan menjadi bahan paling menentukan pada rasa. Kemudian bahan lain yang dibutuhkan adalah bahan untuk olesan kue nastar. Bahan yang harus dipersiapkan adalah 2 buah kuning telur, ½ sendok teh air dan ½ sendok teh madu.

nastar
Proses membuat kue nastar. Foto: Antara

- Cara membuat kue nastar

Setelah bahan-bahan kue nastar sudah dipersiapkan, Anda tinggal membuatnya. Pertama kalinya adalah membuat selai dan olesan nastar.

  • Membuat selai nastar

Untuk membuat selainya, langkahnya adalah memasak nanas yang sudah diblender. Masukkan kayu manis, cengkeh sampai airnya menyusut. Langkah selanjutnya adalah memasukkan gula pasir dan aduk sampai menjadi padat. Setelah itu, bentuklah selai menjadi bulatan yang kecil-kecil.

  • Membuat olesan nastar

Untuk olesannya sendiri sangatlah mudah. Bahan-bahan untuk pembuat olesan nastar dimasukkan semuanya dalam satu wadah. Kemudian, aduk sampai tercampur rata.

  • Membuat kulit nastar

Langkah pertamanya adalah memasukkan margarine, butter, gula halus dan vanilla bubuk dalam wadah. Aduklah menggunakan mixer supaya menjadi adonan. Kemudian, masukkan kuning telur satu persatu.
Masukkan juga tepung terigu dan susu bubuk. Di sini, aduklah dengan sendok kayu sampai rata. Ingat, aduk perlahan sambil memasukkan susu sedikit demi sedikit agar tercampur secara merata.

nastar
Nastar, salah satu kue favorit saat lebaran. Foto: Antara

Setelah jadi adonan, silahkan giling adonan tersebut dengan ketebalan 2 cm di atas alas plastik di kedua sisi. Kalau sudah, silahkan cetak bundar menggunakan gelas. Isikan adonan yang dicetak bundar dengan selai. Kemudian bentuk menjadi bulatan untuk menutupi selai. Habiskan adonan tadi seperti ini. Kemudian, tatalah di atas Loyang beralaskan plastik roti. Masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 30 menitan.

Jika sudah, ambillah dan pangganglah ke dalam oven selama 20 menitan dengan suhu 150 derajat. Keluarkan kembali dan olesi dengan olesan nastar. Masukkan kembali untuk dipanggang selama 15 menitan.
15 menitan berselang, warna nastar sudah mulai kecoklakatn. Anda bisa mengeluarkannya dan siap untuk dimasukkan dalam wadah. Siap untuk disajikan di hari lebaran.

Kue Bawang

kue bawang
Ilustrasi Kue Bawang (Foto: Instagram @kulinersby)

Kue lebaran yang tak kalah menjadi pilihan sebagian besar ibu rumah tangga adalah kue bawang. Kue ini rasanya enak, dan lebih renyah. Bahkan, bagi sebagian orang dimanfaatkan sebagai sajian pelengkap menu utama seperti nasi.

Kue ini termasuk kue ringan. Sekali coba, orang tidak bisa berhenti untuk mencicipinya terus. Nah, bagaimana cara membuatnya?

- Bahan-bahan untuk membuat kue bawang

Kue bawang ini bahannya lebih sedikit. Kemudian, pembuatannya jauh lebih mudah. Cuma hasilnya kadang berbeda dari tangan ke tangan. Ini buah dari kemahiran si pembuatnya. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah tepung kanji (100 gram), tepung terigu (500 gram), ebi (100 gram), sebutir telur ayam, santan (100 ml), 5 siung bawang putih, 10 buah bawang merah, 5 batang seledri, garam secukupnya dan 1 liter minyak goreng.

- Cara membuat kue bawang

Bahan kue bawang sudah disediakan, tinggal membuatnya di rumah. Langkah pertamanya adalah membuat adonan. Caranya adalah memasukkan sejumlah bahan-bahan utamanya. Bahan yang dimaksud adalah bawang putih, bawang merah, ebi dan garam. Bahan ini menjadi bumbu yang harus dihaluskan. Kemudian, siapkan mangkuk besar. (Baca juga: Mau Ikut Mudik Gratis Kemenhub 2018? Begini Cara Daftarnya)

Masukkan bumbu tersebut ke dalam mangkuk. Kemudian, masukkan pula santan dan telur. Aduk sampai bumbu bisa meresap ke dalam santan. Langkah selanjutnya adalah memasukkan tepung kanji dan terigu sedikit demi sedikit. Aduk sampai benar-benar merata dan menjadi adonan. Pastikan, tepung tersebut dimasukkan semuanya.

Jika sudah menjadi adonan, giling adonan menjadi lebih pipih. Penggilingan bisa menggunakan botol ataupun ampia.Langkah selanjutnya adalah memotong adonan yang sudah dipipihkan tadi. Potong menjadi seperti stik kecil-kecil. Lakukan pemotongan ini pada seluruh adonan yang sudah digiling tadi.

adonan
Ilustrasi adonan kue. Foto: NET

Langkah selanjutnya adalah tahap penggorengan. Panaskan minyak goreng ke dalam wajan. Goreng adonan berbentuk stik dengan api sedang sampai warnanya menjadi cokleat. Dalam tahap penggorengan, aduk-aduklah supaya tidak saling menempel ataupun menggumpal. Kalau sudah menjadi kecoklatan, angkat dan keringkan dari minyaknya.

Nah, lakukan penggorengan sampai cetakan kue bawang habis. Jika sudah kering, silahkan masukkan ke dalam wadah seperti toples. Tujuannya adalah untuk menjaga kerenyahan kue bawang ini. Itulah caranya membuat kue bawang. Khusus untuk pembuatan kue bawang ini, Anda bisa mencetak semaunya. Artinya, Anda tidak harus mencetaknya menjadi semacam stik. Tapi, bisa dibuat melebar seperti kerupuk dan digoreng.

Demikianlah beberapa jenis kue kering yang bisa dijadikan rujukan untuk melengkapi sajian di hari raya. Buatlah beberapa macam jenis kue sesuai kemampuan. Jika ingin lebih cepat, kue bawang bisa menjadi pilihan pertama. Sisanya bisa dilengkapi dengan jenis kue lainnya. Jadi, sudah siap untuk membuat kue lebaran tersebut? (*)

Artikel ini diolah MerahPutih.com dari berbagai sumber.


Tags Artikel Ini

Teguh Riyanto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH