Mau Ikut Mudik Gratis Kemenhub 2018? Begini Cara Daftarnya Sejumlah kendaraan sepeda motor milik peserta mudik gratis Kementerian Perhubungan yang berada di gerbong kereta terakhir (kargo). Mudik gratis tersebut guna mengurangi tingkat pemudik yang akan menge

SUPAYA tidak kehabisan kuota, pahami dan pelajari info mudik gratis 2018 yang diselenggaran Kementrian Perhubungan (Kemenhub). Kabarnya Kemenhub menambah kuota mudik gratis di tahun 2018 ini.

Tentunya ini merupakan kabar yang sangat menggembirakan, terutama bagi Anda yang ada rencana mudik tahun ini. Supaya bisa merasakan mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kemenhub, pahami dulu beberapa hal berikut ini.

Tentunya ada beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi supaya bisa merasakan mudik gratis dari Kemenhub ini. Terlebih lagi, banyak sekali tambahan kuota mudik gratis yang akan diberikan Kemenhub. Oleh sebab itu, Anda harus tahu juga di mana saja tempat mendaftar mudik gratis dari Kemenhub ini.

Rutinitas yang Sudah Berubah Menjadi Budaya

mudik gratis
Loket pendaftaran mudik gratis untuk motor dari Kemenhub. Foto: Antara

Mudik lebaran yang pada mulanya hanyalah semacam rutinitas saat ini sudah berubah menjadi budaya unik yang ada di Indonesia. Bahkan terkesan mudik atau pulang ke kampung halaman pada saat lebaran menjadi kewajiban.

Maka dari itu, wajar saja dari tahun ke tahun arus mudik semakin bertambah banyak. Kondisi seperti inilah yang membuat banyak pihak sering menyelenggarakan program mudik gratis, salah satunya yang rutin melakukan mudik gratis setiap tahun adalah Kementrian Perhubungan (Kemenhub).

Bahkan setiap tahunnya selau ada penambahan kuota mudik gratis yang diberikan oleh Kemenhub. Menariknya lagi, Kemenhub juga menyelenggarakan mudik untuk sepeda motornya, tidak hanya orangnya. Tujuannya untuk menekan angka kecelakaan sepeda motor saat mudik lebaran yang setiap tahun semakin bertambah.


Tingginya antusias dari masyarakat yang ingin ikut mudik gratis dari Kemenhub ini, ada baiknya Anda segera mendaftarkan. Jangan sampai Anda menyia-nyiakan fasilitas menguntungkan semacam ini.

Mudik Gratis Dari Kemenhub

mudik gratis
Pemberangkatan mudik gratis. Foto: Antara

Kabar baiknya adalah jumlah kuota penumpang dan sepeda motor naik dua kali lipat jika dibandingkan dengan kuota tahun lalu. Untuk pengangkutan speda motor sendiri, rencananya berjumlah 39.446 unit. Jumlah tersebut naik sekitar 106% jika dibandingkan dengan kuota di tahun 2017 yang lalu, 19.148 unit sepeda motor.

Sedangkan kuota mudik gratis bagi para penumbang, di lebaran tahun ini rencananya mencapai 87.250 orang. Ada kenaikan jumlah sekitar 86% jika dibandingkan dengan kuota di tahun 2017 yang lalu, 46.885 orang.

Jika di tahun 2017 yang lalu, terjadi penambahan kereta api yang digunakan untuk mudik gratis, maka di tahun ini rencananya akan ada penambahan kapal terutama yang dari Jakarta menuju Semarang.

Menariknya lagi, program mudik gratis ini juga diadakan untuk moda kapal penyeberangan. Kemenhub menyediakan Kapal Ro-Ro (Roll In Roll Off) untuk tiga lintasan, Jakarta – Semarang, Jakarta – Surabaya, dan yang terakhir adalah rute Jakarta – Lampung.

Untuk kuota sepeda motor yang akan diangkut dengan menggunakan kapal rencananya tahun ini mencapai 3.000 unit. Kemudian untuk kuota penumpang mudik gratis yang akan diangkut dengan kapal rencananya mencapai 6.000 orang.

Sedangkan untuk program mudik gratis yang menggunakan kapal laut, rencananya kuota yang diberikan Kemenhub mencapai 30.400 penumpang. Lalu untuk sepeda motor, Kemenhub memberikan kuota sampai dengan 15.200 unit. Dibanding tahun lalu, jumlah ini naik sekitar 5 sampai dengan 6 kali lipat.

Program mudik gratis 2018 dari Kemenhub dengan menggunakan kapal ini tersedia untuk rute Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang PP (Pulang Pergi). Sebelum kehabisan kuota, segera daftarakan diri Anda.

Lalu kapan waktu keberangkatannya? Untuk mudik gratis Kemenhub ini rencana keberangkatannya mulai tanggal 9 sampai dengan 13 Juni 2018. Kemudian untuk arus balik dari Pelabuhan Tanjung Emas, rencana keberangkatannya pada tanggal 18 sampai dengan 22 Juni 2018.

Untuk menyelenggarakan program mudik gratis tahun 2018 ini, Kemenhub menganggarkan Rp 90 miliar. Detailnya, Rp 36 miliar untuk angkutan darat, Rp 20 miliar angkutan kereta dan Rp 34 miliar untuk angkutan laut.

mudik sepeda
Pemudik sepeda motor. Foto: Antara

Pilihan Moda Transportasinya Semakin Lengkap

Jika dibandingkan dengan program mudik gratis tahun sebelumnya, tahun ini Kemenhub menambahkan kapal sebagai pilihan moda transportasi untuk mudik gratis 2018.

Kemenhub menyediakan kapal Ro-Ro (Roll On Roll Off) untuk mengangkut penumpang dengan tujuan kota Semarang, Surabaya dan Lampung. Rencananya kapal ini akan mengangkut 30.400 orang dan 15.200 sepeda motor.

Selain menggunakan kapal, sepeda motor juga akan diangkut dengan menggunakan truk. Untuk yang menggunakan truk ini Kemenhub menyediakan kuota sampai dengan 3.150 unit sepeda motor. Kemenhub memberikan kuota sebanyak 2.000 unit sepeda motor untuk diangkut menggunakan kereta api.

Pada mudik gratis tahun 2018 ini, kuota terbanyak adalah untuk penumpang bus. Sebanyak 50.850 orang siap diangkut oleh bus yang disediakan oleh Kemenhub di tahun 2018 ini.

Cara Mendaftar Program Mudik Gratis Kemenhub 2018

daftar mudik
Pendaftaran mudik gratis. Foto: Antara

Agar supaya Anda bisa mengikuti program dari Kemenhub ini, ada dua cara untuk mendaftar. Pertama, datang langsung ke kantor pusat Kemenhub yang ada di Jakarta, Dishub Kabupaten Tangerang, Dishub Bogor, Dishub Depok, dan Dishub Kabupaten Bekasi.

Jika Anda memilih cara yang pertama ini, beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi antara lain KTP, KK, SIM, dan STNK yang masih berlaku.

Untuk cara kedua, pendaftarannya juga bisa secara online, masuk saja ke laman mudikgratis.dephub.go.id. Buruan daftar, jangan sampai Anda kehabisan kuota. Terlebih lagi sekarang sudah dibuka pendaftarannya.

Setelah Anda mengakses situs tadi, nantinya akan dilanjutkan dengan proses verifikasi. Verifikasi peserta sendiri sebenarnya sudah dilakukan mulai tanggal 9 Februari yang lalu. Sedangkan batas akhir verifikasi perserta tanggal 24 Juni 2018.

Pendaftaran mudik angkutan motor dilaksanakan di 13 stasiun, ada yang di Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Tanjung Priok, Stasiun Jatinegara, Stasiun Serpong, Stasiun Kemayoran, Stasiun Bekasi, Stasiun Depok Baru, Stasiun Tangerang, Stasiun Bogor, Stasiun Cikarang, Stasiun Cimahi, Stasiun Kiaracondong, dan Stasiun Bandung.

Sekali lagi, sebelum Anda kehabisan kuota, segera daftarkan diri Anda secepatnya. Semoga info mudik gratis 2018 Kemenhub ini bisa membantu kelancaran mudik Anda tahun ini. (*)

Artikel ini diolah MerahPutih.com dari berbagai sumber.


Tags Artikel Ini

Teguh Riyanto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH