Pilihan Menu Es Berbuka Ini Dijamin Buat Badan Segar Kembali Ilustrasi. Foto: Wikipedia

ERA digital telah memudahkan Bunda mencari referensi menu buka puasa. Mulai dari yang sederhana sampai menu berbuka puasa dengan proses pembuatan yang cukup ribet.

Dari semua menu buka puasa, menu takjil adalah hal penting yang harus Bunda perhatikan. Pertanyaannya sekarang adalah selain kurma, kira-kira apa menu takjil yang cocok untuk berbuka puasa.

Berbicara mengenai menu takjil seperti ini, yang pertama terlintas di dalam pikiran Bunda pastinya adalah membuat minuman yang menyegarkan. Wajar saja, rasa haus saat berpuasa pastinya berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan rasa laparnya.

Sekarang coba Anda ingat-ingat, saat berpuka puasa, apakah makan dulu atau minum terlebih dahulu? Pastinya semua sepakat jika minum terlebih dahulu. Mana mungkin makanan bisa masuk jika belum minum terlebih dahulu.

Takjil dan Minuman Berbuka yang Menyegarkan

takjil
Takjil buka bersama. Foto: Antara

Tak terasa bulan Ramadan atau yang sering juga disebut dengan bulan puasa akan segera tiba. Bagi umat Islam, sangat meyakini jika bulan Ramadan ini merupakan bulan yang penuh berkah serta bertabur pahala.

Wajar saja, apapun amalan baik Anda akan dilipat gandakan menjadi sepuluh kalilipat. Oleh sebab itu, jika diperhatikan, umat Islam akan lebih rajin ibadahnya selama bulan suci Ramadan ini. Untuk menyambut bulan Ramadan ini, tak melulu soal ibadah saja, pastinya Bunda juga sudah memikirkan menu berbuka puasa baik untuk makanana utama maupun yang cocok untuk dijadikan takjil.

Setelah sekuat tenaga menahan rasa lapar dan haus selama sehari penuh, segelas minuman segar untuk melegakan dahaga wajib ada. Pertanyaannya sekarang adalah minuman apa saja yang menjadi favorit masyarakat Indonesia ketika berbuka puasa?

1. Sup Buah

sop buah
Foto: Buah AZ


Bisa dikatakan bahwa sub buah ini merupakan menu takjil paling favorit bagi masyarakat Indonesia. Bahkan keberadaannya di atas meja makan selama bulan suci Ramadhan dipandang sebagai sebuah keharusan. Terlebih lagi cara membuat sup buah seperti ini juga terkesan mudah dan praktis. Bunda bisa membuatnya dari campuran beberapa buah seperti buah naga, semangka, kiwi, melon, pepaya, dan lain sebagainya.

Setelah itu, Bunda tinggal menyipakan jenis buah sesuai dengan selera, air, susu kental manis, dan sirup. Bunda tinggal mencampurkan semua bahan tadi dan sup buah siap disajikan. Sebenarnya bukan tanpa alasan banyak yang menjadikan sup buah sebagai menu takjil. Hal ini disebabkan sub buah bisa membuat badan Anda segar kembali. Wajar saja demikian, sebab di dalam buah dikenal mengandung berbagai jenis gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

2. Es Selendang Mayang

selendang mayang
Foto: NET


Selain es buah, es selendang mayang juga sangat menyegarkan jika dijadikan sebagai menu untuk takjil. Mungkin bagi Anda yang bukan warga Jakarta kurang familier dengan menu takjil yang satu ini.

Jadi sebenarnya es selendang mayang ini merupakan minuman tradisional asli Jakarta yang terbuat dari tepung hunkwe yang dicampur dengan air dan sagu tani. Selain nikmat dijamin sangat menyegarkan. Terlebih lagi jika diminum saat matahari sedang terik-teriknya atau saat berbuka puasa.

Adonan tepung tadi umumnya diberi pewarnan merah dan hijau. Lalu untuk kuahnya sendiri kebanyakan berasal dari air rebusan daun pandan, gula merah, dan santan. Penasaran?

3. Es Dawet

dawet
Foto:Halhalal.com


Es dawet atau yang sering juga disebut dengan es cendol ini juga tak kalah istimewanya sebagai menu takjil saat berbuka puasa. Bahkan saking istimewanya, es dawet ini bisa dengan sangat mudah Anda temukan pada saat bulan puasa.

Bagi yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, sebenarnya proses pembuatan es dawet cukup simpel dan pastinya Bunda dijamin bisa membuatnya sendiri. Untuk bahan utama es cendol adalah tepung beras dan hunkwe. Dawet atau cendolnya sendiri umumnya diberi pewarna sesuai dengan selera, tapi kebanyakan berwarna hijau dan merah.

Bagaimana dengan kuahnya? Untuk kuahnya sendiri umumnya terbuat dari santan dan air hasil rebusan dari daun pandan. Bagi Anda pecinta rasa manis, bisa menambahkan gula merah cair atau gula jawa. Dijamin lebih legit lagi rasanya.

4. Es Buah Selasih

es buah selasih
Foto: IndonesianFood


Bagi Anda yang belum pernah merasakan segarnya es buah selasih ini, coba rasakan kesegarannya pada saat berbuka puasa nanti. Dan jika ditempat Anda belum ada yang menjualnya, tenang saja, Bunda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Terlebih lagi cara membuat es buah selasih juga terbilang mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Cara membuat es buah selasih ini sebenarnya ada kemiripan dengan ketika Bunda membuat es kacang hijau.

Bunda bisa mengawalinya dengan merendam biji buah selasih dalam air hangat sampai bijinya mengembang. Setelah itu Bunda tinggal menyiapkan kuahnya saja. Caranya Bunda tinggal menyiapkan air yang dicampur dengan sirup. Supaya lebih segar lagi, Bunda juga bisa menambahkan potongan buah supaya es buah selasih terlihat lebih menarik dan lebih menyegarkan lagi. Ini tentunya juga bisa menjadi inspirasi bisnis pada bulan Ramadahan.

5. Es Kopyor

kopyor
Foto: Youtube

Selain menyegarkan, es kopyor ini juga bisa membuat tubuh Anda semakin bersemangat. Sebenarnya bahan utama untuk membuat es kopyor ini adalah daging kelapa yang diserut. Tapi jika Bunda kesulitan menemukan kelapa, Bunda bisa menggantinya dengan membuat serutan kelapa imitasi. Maksudnya seperti apa? Bunda bisa menggantinya dengan agar-agar tanpa warna yang Bunda potong bentuk dadu atau diserut.

Lalu bagaimana dengan airnya? Bunda tinggal mencampurkan air dan sirup. Jangan sampai lupa untuk menambahkan es batu secukupnya. Dijamin akan cocok sekali untuk menghilangkan dahaga Anda.

6. Es Kacang Hijau

kacang hijau
Foto: HalHalal.com


Bagi masyarakat Indonesia, pastinya sudah tidak asing lagi dengan kacang hijau. Selain mengandung gizi dan nutrisi yang sangat lengkap, bisa dijadikan sebagi menu takjil sehat sekaligus menyegarkan.

Terlebih lagi, cara membuat es kacang hijau ini pun terbilang sangat mudah. Bunda hanya perlu merendam kacang hijau mentah ke dalam air hangat sampai mengambang.

Setelah itu, Bunda tinggal mencampurkan air rebusan daun pandan, gula merah, dan jangan lupa untuk menambahkan santan supaya rasanya lebih nikmat lagi. Es kacang hijau sudah siap untuk Bunda hidangkan sebagai menu takjil.

7. Es Kolak Pisang

kolak pisang
Foto: Papasemar


Menu takjil paling rekomended yang terakhir adalah es kolak pisang. Untuk membuatnya, yang Bunda butuhkan hanya pisang gepok, kolang-kaling, serta ubi kuning. Kemudian untuk kuahnya, Bunda hanya perlu menyediakan air, santan, tepung maizana secukupnya, dan gula merah. Untuk kolak pisang sendiri bisa disajikan dalam keadaan masih hangat atau bisa ditambahkan dengan es sesuai dengan selera.

Di atas hanya sebatas menu takjil yang berupa minuman saja. Oleh sebab itu tugas Bunda belumlah selesai. Bunda masih harus memikirkan menu buka puasa untuk mekananan utamanya juga. (*)

Artikel ini diolah MerahPutih.com dari berbagai sumber.



Teguh Riyanto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH