Konsumsi Protein Berlebihan Bisa Berbahaya, ini Penjelasannya Konsumsi berlebihan bisa menimbulkan bahaya (Foto: pixabay/stevepb)

BEBERAPA makanan nikmat mengandung protein seperti halnya daging dan susu. Protein jadi zat penyusun gizi seimbang. Belum lengkap nutrisimu jika tak mengonsumsi protein.

Namun, tak sedikit pula orang yang coba melakukan diet tinggi protein, dengan alasan kecantikan. Padahal, mengonsumsi protein berlebihan itu berbahaya, guys.

Lantas apa saja bahaya yang ditimbulikan karena mengonsumsi protein berlebihan? Ini nih penjelasan lengkap mengapa protein berlebih bisa berbahau, seperti dilansir laman Health Line.

1. Bau Mulut

Cegah bau mulut dengan tak mengonsumsi protein berlebih (foto: pixabay/robinhiggins)

Jika kamu mengonsumsi protein dalam jumlah yang berlebihan. Bisa mengakibatkan bau mulut. Terlebih apabila kamu mengurangi konsumsi karbohidrat.

Untuk mengatasinya, kamu bisa lebih sering menyikat gigi, mengunyah permen karet serta perbanyak konsumsi air putih.

2. Sembelit

Perhatikan asupan protein dan serat (Foto: pixabay/derneuemann)


Untuk kamu yang diet tinggi protein dan membatasi karbohidrat, dapat menyebabkan rendah serat. Hal itu bisa menyebabkan sembelit.

Langkah untuk mengatasinya, perbanyak minum air putih dan mengonsumsi makanan yang mengandung cukup banyak serat.

Baca juga: Beberapa Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Bisa Merusak Kinerja Otak Kamu


3. Masalah pada Ginjal

Asupan Protein berlebih bisa mengakibatkan kerusakan pada ginjal (foto: Mohamed_hassan)

Jika kamu melakukan diet protein tinggi untuk waktu yang cukup lama. Bisa berisiko kerusakan pada ginjal. Karena kelebihan nitrogen serta produk sisa metabolisme protein, dapat membuat ginjal kamu bekerja extra untuk menyingkirkannya.

Selain itu, konsumsi protein berlebihan dapat mengakibatkan ginjal menjadi tak normal serta dehidrasi berelbihan, dan membuat urin menjadi pekat.

4. Diare

Protein berlebih bisa mengakibatkan diare (Foto: pixabay/conmongt)

Orang yang mengonsumsi makanan serta minuman berprotein berlebihan, tanpa mengonsumsi serat. Dapat mengakibatkan diare.

Solusi untuk menghindarinya ialah, banyak minum air putih, perbanyak asupan serat dan hindari minuman yang mengandung kafein.


5. Dehidrasi

jaga asupan air agar tak dehidrasi (foto: pixabay/derbocholter)

Tubuh kamu sejatinya mengeluarkan nitrogen berlebih dengan air serta cairan. Jika mengonsumsi protein berlebihan itu berarti mengonsumsi banyak nitrogen.

Baca juga: Liza Natalia, Eksis Berkontribusi Gaungkan Gaya Hidup Sehat Lewat Zumba

Hal tersebut bisa mengakibatkan kamu merasa lebih haus dari biasanya. Untuk mengindari hal itu, minum lah lebih banyak air guna mencegah dehidrasi. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH