Beberapa Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Bisa Merusak Kinerja Otak Kamu Ada beberapa kebiasaan yang tak kamu sadari bisa merusak kinerja otak (Foto: pixabay/geralt)

OTAK sejatinya merupakan sistem pusat saraf, yang mengatur kinerja organ tubuh manusia. Biasanya saat seseorang merasa lelah, dia ingin mengistirahatkan otak guna menghindari stres dan menjadi lebih rileks.

Tapi, kerap tak disadari jika ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa merusak kinerja otak kamu, akibatnya kamu akan lambat dalam berpikir.

Seperti yang dilansir dari laman hhdresearch.org. Ada beberapa kebiasaan yang bisa merusak kinerja otak.

1. Kurang Tidur

Hindari kebiasaan kurang tidur (Foto: pixabay/darksouls1)

Kurang tidur atau kurang istirahat, akan membuat kamu merasa lesu serta pelupa di hari berikutnya. Karena kurang tidur mengurangi kemampuan neuron kamu hingga tak berfungsi dengan baik.

Hal tersebut mengarah ke penyimpanganmental yang bisa memengaruhi pekerjaan serta hubungan kamu. Namun tak hanya itu, efek negatif lainnya indera dan refleks kamu tumpul. Jadi ada kemungkinan besar kamu dapat mengalami kecelakaan yang berbahaya.

Terlebih jika kurang tidur kamu sudah terlampau kronis, maka efeknya bisa permanen. Jadi, sesibuk apapun kamu, sebaiknya tetap memprioritaskan tidur. Guna membuat kamu lebih produktif di hari berikutnya.

2. Tak Sarapan Pagi

Sarapan sangat penting bagi kinerja otak (Foto: pixabay/free-photos)

Tak banyak yang tahu, sarapan pagi merupakan suatu hal yang sangat penting selain maka siang dan makan malam. Karena jika kamu melewatkan sarapan pagi, bisa mengakibatkan kadar gula darah rendah yang bisa merusak otak.

Apalagi jika hal tersebut sering kali kamu lakukan. Otak kamu akan menggunakan lebih banyak energi ketimbang organ lain dari tubuh. Selain itu juga akan memakan 20 persen dari total glukosa, yang tersedia pada sistem kamu setiap harinya.

3. Kebiasaan Merokok

Hindari kebiasaan merokok untuk kinerja otak maksimal (Foto: pixabay/myriams-fotos)

Sejumlah penelitian telah dilakukan soal efek negatif dari merokok yang menyebabkan kerusakan. Salah satunya ialah merusak membran sel serta sistem saraf di area otak, yang mengatur keseimbangan, keterampilan motorik dan koordinasi.

Di mana hal tersebut pun bisa membuat penipisan pada kortes, di mana korteks merupakan salah satu bagian pada otak yang berfungsi sebagai memori dan persepsi terjadi.

Jadi usahakanlah berhenti merokok, karena sangat penting untuk kesehatan kamu secara keseluruhan, khususnya membantu kinerja otak kamu. Karena beberapa kerusakan bisa diatasi dengan berhenti merokok. Peneliti telah menemukan, jika berhenti merokok bisa mengembalikan ketebalan korteks.


4. Dehidrasi

Perhatikan asupan air untuk tubuh kamu (Foto: pixabay/rawpixel)

Tubuh seseorang sejatinya terdiri dari 70% air. Jadi peran iar sangat penting untuk setiap fungsi tubuh. Khususnya fungsi otak. Di mana para peneliti menyebutkan jika hanya dua jam ketika kita melakukan aktivitas tanpa minum, bisa menyebabkan penurunan kognitif.

Dalam sebuah studi pun ditemukan, jika dehidrasi bisa berdampak pada beberapa fungsi otak, seperti halnya pemecahan masalah yang kompleks serta koordinasi.

Dalam hal itu, kamu tak perlu pusing untuk memikirkan jumlah air yang harus kamu minum setiap hari. Namun yang perlu kamu perhatikan ialah rasa haus. Karena itu merupakan sebuah indikator yang baik dari kebutuhan air untuk tubuh kamu. Untuk itu, konsisten lah minum air sepanjang hari, agar pasokan air stabil dan otak kamu pun berfungsi dengan lancar. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH