Aksi Sosial
Kolaborasi HDI dan Benih Baik untuk Pendidikan Anak Panti Asuhan Anak-anak panti asuhan butuh pendidikan berkualitas. (Foto: Pexels/Rebecca Zaal)

HIGH Desert International (HDI) berkolaborasi dengan benihbaik.com meluncurkan inisiatif pengumpulan donasi dan penyediaan program pendidikan. Kolaborasi ini menghadirkan program Make Life Meaningful - Hope for a Better Life yang ditargetkan menjangkau lebih dari 10.000 anak panti asuhan di Indonesia.

Berkaca dari kesuksesan Sekolah Selamat Pagi Indonesia (Sekolah SPI), program ini diharap mampu membuat anak-anak panti asuhan memiliki cita-cita tinggi dan semangat, serta metode untuk mencapainya. Diharapkan hingga akhir Desember 2020, donasi yang dikumpulkan dari enterpriser (member) HDI dan masyarakat bisa mencapai Rp1 Miliar.

Baca juga:

Dian Sastrowardoyo x BenihBaik.com untuk Lawan COVID-19

Pada Press Conference Virtual (22/12), Brandon Chia, CEO dan Chairman HDI menuturkan sejak awal hadir di Indonesia pada 1993, HDI memang berorientasi mensejahterakan masyarakat dan menolong sesama. "Program ini hingga kini berhasil menjangkau 10.317 orang anak di 136 panti asuhan di Indonesia," papar Brandon.

Hasil penelitian Kemensos, UNICEF dan Save The Children memberi gambaran yang komprehensif tentang kualitas pengasuhan dalam panti asuhan di Indonesia. Di antaranya panti asuhan lebih berfungsi sebagai lembaga penyedia akses pendidikan daripada sebagai lembaga alternatif terakhir pengasuhan anak.

Kualitas pendidikan di panti asuhan harus ditingkatkan. (Foto: Pexels/Olia Denilevich)

Ternyata 90 persen anak yang tinggal di panti asuhan masih memiliki orang tua dan dikirim ke panti asuhan dengan alasan utama untuk melanjutkan pendidikan.

Berbicara di forum yang sama, Pengamat Kesejahteraan Sosial Universitas Padjadjaran, Dr. Budi M. Taftazani, S.Sos., MPSSp. mengakui motivasi dari keberadaan anak-anak dari keluarga tidak mampu di panti asuhan justru agar dapat memenuhi kebutuhan pendidikannya. "Untuk itu, para penyelenggara panti seharusnya menjalankan Standar Nasional Pengasuhan Anak serta lembaganya sendiri sebaiknya disertifikasi," ungkap Budi.

Baca juga:

YCAB Gagas Light Up Indonesia, Bersama Ringankan Tagihan Listrik Korban Corona

UU dan PP yang mengatur Panti Asuhan menekankan pada pemenuhan hak-hak anak seperti tugas perlindungan anak. Tujuannya untuk menghindarkan anak dari keterlantaran, eksploitasi dan kekerasan, serta juga pemenuhan pendidikan.

Anak-anak di Panti Asuhan membutuhkan perhatian khusus, karena berasal dari latar belakang yang terpisah dari keluarga dibandingkan anak-anak yang memiliki orang tua lengkap atau tinggal dengan keluarga.

Pendidikan budi pekerti dan keagamaan juga perlu ditingkatkan di panti asuhan. (Foto: Unsplash/Masjid Pogung Dalangan)

Program pengasuhan di Panti Asuhan hendaknya disiapkan untuk mendukung pendidikan umum yang diterima di sekolah. Ditambah lagi pendidikan budi pekerti dan keagamaan.

"Pastinya ini bukan hal mudah, oleh karena itu dukungan eksternal dari masyarakat menentukan kemampuan panti asuhan di dalam upayanya memberi pengasuhan optimal bagi anak-anak yang dititipkan di sana," papar Budi.

Hal ini diakui juga oleh Suryanti, pengasuh Panti Asuhan Baitul Aitam di Cilacap, Jawa Tengah. "Anak-anak di panti asuhan adalah anak-anak yang istimewa, mereka membutuhkan perhatian khusus dalam pendidikannya," ungkap Suryanti. (ikh)

Baca Juga:

Jadi Pahlawan dengan Berkontribusi dalam Gerakan #MaskerUntukIndonesia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Haechan NCT Ungkap Kisah Diterima di SM Entertainment
ShowBiz
Haechan NCT Ungkap Kisah Diterima di SM Entertainment

Berawal dari kepasrahan yang membuahkan hasil.

Tak Ada Adaptor dan Earphone Lagi di Smartphone Samsung?
Fun
Tak Ada Adaptor dan Earphone Lagi di Smartphone Samsung?

tidak menyertakan kepala charger dan earphone tampaknya menjadi tren untuk lineup masa depan smartphone, seperti samsung

Ladies, Intip Cara Unik Mengaplikasikan Pola Checkerboard Agar Tampil Standout
Fashion
'Demi Lovato: Dancing With the Devil', Ungkap Kekerasan Seksual
ShowBiz
Mengenal Lebih Jauh Mangkuk Ayam Jago yang Legendaris
Fun
Mengenal Lebih Jauh Mangkuk Ayam Jago yang Legendaris

Selain ikonik, mangkuk ayam jago juga memiliki sejarah panjang yang jarang diketahui

Foto Senyum untuk Tenangkan Pasien COVID-19
Fun
Song Joong-ki: Vincenzo Karakter Tersulit yang Saya Perankan
ShowBiz
Song Joong-ki: Vincenzo Karakter Tersulit yang Saya Perankan

Membutuhkan adegan aksi dan berbicara dalam bahasa Italia yang membuat peran ini sulit.

Update VALORANT Terbaru, Perbaiki Akurasi Tembak dan Aturan Kompetitif
Fun
Update VALORANT Terbaru, Perbaiki Akurasi Tembak dan Aturan Kompetitif

Update yang dibuat akan membuat permainan menjadi lebih seru.

Atasi Diare dengan Tips Berikut Ini
Fun
Atasi Diare dengan Tips Berikut Ini

Dalam beberapa kasus, diare memerlukan penanganan khusus dari obat-obatan.

Biar Waras, Masak Aja!
Hiburan & Gaya Hidup
Biar Waras, Masak Aja!

Kesehatan jiwa haruslah dicapai dengan menjalani hal-hal yang membuat kamu bahagia.