Kisah Nakata Firdaus, Calhaj Termuda Solo yang Gantikan Almarhumah Ibundanya

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 09 Juni 2023
Kisah Nakata Firdaus, Calhaj Termuda Solo yang Gantikan Almarhumah Ibundanya
Nakata Firdaus, calhaj termuda asal Solo. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Nakata Firdaus tak menyangka bisa naik haji di usia 19 tahun. Namun, ada kisah haru di balik keberangkatan calon jemaah haji termuda di Solo ini.

Nakata menjelaskan, dirinya naik haji tahun ini karena menggantikan ibundanya yang meninggal dunia pada 2020. Sedangkan, ayahnya sudah terlebih dahulu pergi ke Tanah Suci.

Baca Juga

Sakit Demensia Berat, Calhaj Asal Demak Gagal Berangkat Naik Haji

"Jadi, saya yang menggantikan ibu saya yang meninggal tahun 2020 lalu. Saya berangkat sendiri. Kalau bapak sudah berangkat sebelumnya,” kata dia, Kamis (8/6).

Almarhumah ibundanya sudah mendaftar haji sejak tahun 2012. Tetapi, karena sang ibu telah tiada sejak tiga tahun lalu, maka dirinya yang diminta untuk menggantikan ibunya naik haji.

”Tentu sedih kehilangan tercinta, harusnya ibu bisa berangkat. Tapi sudah dipanggil Allah. Jadi ini amanah untuk menggantikan ibu,” kata dia dengan wajah sedih.

Baca Juga

360 Calhaj Kloter Pertama Grobogan Tiba di Asrama Haji Donohudan

Saat ditanya persiapan, Nakata mengaku tidak banyak yang disiapkan. Ia hanya membawa pakaian dan barang-barang yang akan diperlukan di Tanah Suci. Meskipun ia sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Manasik Haji selama beberapa waktu.

Sementara itu, tahun ini calon jemaah haji yang diberangkatkan dari Solo ada sebanyak 451 orang. Mereka terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter), yakni kloter 52 dan 53.

”Tapi ada dua orang TPHD (Tim Pendamping Haji Daerah) yang tertinggal dan masuk ke kloter 54,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Solo, Hidayat Maskur. (Ismail/Jawa Tengah).

Baca Juga

Calhaj asal Demak Meninggal Dunia di Madinah

#Calon Jemaah Haji
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan