Kimchi Baik Untuk Kesehatan, Masa Sih? Benarkah kimchi bagus untuk kesehatan? (Foto: Pixabay/Daecheonnet)

MUNGKIN kamu sudah tidak asing dengan yang namanya kimchi, makanan khas Korea yang diproduksi melalui proses fermentasi ini harus selalu ada di meja makan penduduk Negeri Ginseng. Umumnya kimchi berbahan dasar sawi putih dan difermentasi dengan bumbu khas resep keluarga yang diwariskan turun-temurun.

meskipun kebanyakan orang tidak menyukai rasa karena aroma yang keras dan menusuk tetapi kimchi ternyata memiliki segudang manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Melansir dari Universityhealthnews, kimchi mengandung banyak vitamin, mineral dan tinggi serat sehingga sangat disarankan untuk rutin dikonsumsi.

Baca juga:

Selain Kimchi dan Tteokbokki, 5 Makanan Korea yang Harus Kamu Tahu

Makanan yang difermentasi memang mengandung bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Cara membuat kimchi pun tidak sulit sehingga tidak ada alasan bagimu untuk tidak sehat. Yuk intip manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rajin mengkonsumsi kimchi!

1. Melancarkan Pencernaan

Kimchi Baik Untuk Kesehatan, Masa Sih?
Melancarkan pencernaan (Foto: Pixabay/Silviarita)

Kimchi sangat cocok dikonsumsi bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan cara enak dan tidak memerlukan usaha berlebihan.

Melalui proses fermentasi, kimchi mengandung bakteri lactobacillus yang mampu melancarkan pencernaan sehingga tidak ada kotoran yang mengendap di dalam usus. Selain untuk menurunkan berat badan, kimchi juga dapat menurunkan resiko kanker usus lho.

2. Menurunkan Kolestrol

Kimchi Baik Untuk Kesehatan, Masa Sih?
Menurunkan kolestrol (Foto: Pixabay/Rawpixel)

Dipecahnya kalori berlebih, lemak dalam tubuh serta sel-sel jahat yang terdapat dalam makanan oleh kimchi memungkinkan turunnya kadar kolestrol dalam tubuh.

Orang Korea sangat suka mengkonsumsi daging, jeroan, dan makanan pemicu kolestrol. Itu lah mengapa mereka selalu menyediakan kimchi untuk menjaga tubuhnya bersih kembali setelah mengonsumsi makanan-makanan yang bisa memicu penyakit.

Baca juga:

Resep Masakan Enak Berbahan Dasar Kimchi

3. Sumber Antioksidan

Kimchi Baik Untuk Kesehatan, Masa Sih?
Sumber antioksidan (Foto: Pixabay/bourree)

Kimchi mengandung sumber antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Antioksidan juga mampu mematikan sel radikal penyebab kanker.

Kamu tidak perlu mencari berbagai suplemen yang memiliki kandungan antioksidan karena kimchi bisa kamu produksi sendiri di rumah.

4. Kunci Awet Muda

Kimchi Baik Untuk Kesehatan, Masa Sih?
Kunci awet muda (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Sifatnya yang mampu memperlambat proses oksidasi sel dalam tubuh sangat baik untuk menjaga kekencangan kulit. Itu lah mengapa orang Korea rata-rata terlihat awet muda meskipun sudah berusia lanjut. Kulit masih terlihat kencang seperti anak muda. Jadi, apa kamu tertarik untuk rutin mengonsumsi kimchi? (mar)

Baca juga:

Resep Kimchi ala Lidah Orang Indonesia



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH