Selain Kimchi dan Tteokbokki, 5 Makanan Korea Selatan yang Harus Kamu Tahu Selain Kimchi dan Tteokbokki, 5 Makanan Korea Selatan yang Harus Kamu Tahu. (Foto: freetobesite.com)

KOREA Selatan bukan dikenal hanya dengan drama dan musiknaya saja. Makanannya pun menjadi daya tarik tersendiri. Selain kimchi dan tteokbokki (kue beras) ada makanan yang tidak kalah enak. Berikut 5 makanan Korea menurut laman theculturetrip yang wajib kamu santap.

1. Bulgogi

bulgogi
Bulgogi, daging sapi yang dipanggang (Foto: bonappetit.com)

Bulgogi merupakan hidangan yang terbuat dari daging sapi. Bulgogi sering dipanggang dengan bawang putih, irisan bawang bombay, lalu ditambahkan dengan kecap asin dan gula untuk menambahkan cita rasa daging. Sebelum memakannya, kamu bisa membungkus bulgogi dengan selada dan biasanya dimakan dengan ssamjang (pasta pedas dan kental).


2. Japchae

japchae
Mi Korea yang dicampur dengan sayuran (Foto: hipfoodiemom.com)


Sering disajikan sebagai lauk selama makan siang atau makan malam. Japchae adalah hidangan mie tradisional Korea (seperti sohun) yang dicampurkan dengan ubi goreng, sayuran parut tipis, daging sapi, dan sedikit saus kecap dan gula.

Dalam wadah, semua bahan dicampurkan ke dalam mi yang sudah direbus. Kemudian diaduk bersama minyak wijen, irisan cabai, dan wijen. Japchae dikenal karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut namun sedikit kenyal. Jika dicampurkan dengan nasi, namanya menjadi japchae-bap.

3. Samgyetang

samgyetang
Samgyetang memiliki kandungan energi tinggi. (Foto: thinkstock.com)

Hidangan utama selama musim panas. Samgyetang merupaka sup tradisional yang memiliki kandungan energi karena ada ginseng dalam hidangan ini. Terbuat dari ayam satu ekor yang sudah direbus, bawang putih, nasi, daun bawang, jujube Korea, ginseng Korea, dan rempang-rempah. Untuk membuat ayam menjadi empuk, membutuhkan waktu 2-3 jam untuk merebusnya dengan api kecil. Orang Korea biasanya memakan samgyetang pada tiga hari istimewa yaitu chobok, jungbok, dan malbok yang merupakan tiga hari terpanas dalam setahun.

4. Soondubu-jjigae

soondubu-jjigae
Soonbubu dimasak di dalam mangkuk khusus yang bisa menyerap panas. (Foto: maangchi.com)


Soondubu-jjigae adalah sup Korea pedas yang terbuat dari dubu (tahu dalam bahasa Korea), sayuran, jamur, seafood, daging sapi, ikan, atau babi, dan gochujang (pasta cabai). Kadang, di beberapa daerah, ada bahan yang diganti atau ditambahkan ke dalam campuran. Meskipun ada variasi yang berbeda, secara tradisional, telur mentah diletakkan di atas sup dan dicampur dengan sup sebelum disajikan untuk menambah rasa tambahan pada hidangan. Soonbubu dimasak di dalam mangkuk khusus yang bisa menyerap panas walaupun sudah diangkat dari kompor.


5. Seolleongtang

seolleongtang
Seolleongtang merupakan hidangan lokal Seoul. (Foto: instagram@chinese_korean_food)

Seolleongtang merupakan hidangan lokal Seoul. Sup tradisional Korea ini terbuat dari tulang dan daging sapi yang dibumbui dengan garam, lada hitam, daun bawang cincang, atau bawang putih cincang sesuai dengan yang akan dipesan. Kaldunya berwarna putih dan sering dimakan bersama nasi. (sel)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH