Kuliner
Khas Banget, Bumbu Masak ini Jadi Oleh-Oleh Beberapa daerah di Indonesia punya oleh-oleh khas berupa bumbu masakan. (foto: pixabay/pexels)

SALAH satu hal yang tak boleh dilupakan ketika melancong ialah membeli oleh-oleh. Buah tangan yang dibawa biasanya merupakan sesuatu yang khas dari daerah tersebut. Lazimnya, oleh-oleh berupa kaus, pernak-pernik suvenir, atau makanan ringan khas daerah.

Namun, ada beberapa daerah di Tanah Air yang justru punya oleh-oleh khas berupa bumbu masakan. Itu artinya, kalau membawa pulang oleh-oleh berupa bahan masakan, kamu bisa berkreasi membuat sajian lain dari bahan itu. Berikut Merahputih.com rangkum 4 oleh-oleh bumbu masakan khas Nusantara.

BACA JUGA: Pecah Rekor, Seekor Kepiting Terjual Rp467 Juta

1. Terasi

terasi cirebon
Terasi Cirebon hanya terbuat dari rebon asli. (foto: informasicirebon.blogspot)

Bumbu masak hasil fermentasi udang rebon ini punya aroma yang khas. Orang Indonesia akrab dengan terasi mengingat kegemaran menyantap sambal. Ya, terasi memang jadi salah satu bahan yang membuat sambal jadi terasa sedap.

Bukan rahasia lagi bahwa terasi yang sedap berasal dari Cirebon. Bahkan, nama Cirebon sendiri erat terkait dengan pengolahan udang hingga menjadi terasi. Konon, sejak dulu mata pecaharian sebagian besar masyarakat Cirebon ialah menjadi nelayan. Mereka menangkap ikan dan rebon (udang kecil) di sepanjang pantai. Selain itu, mereka juga berkreasi membuat terasi, petis, dan garam. Nama Cirebon kemudian muncul dari istilah suguhan cai-rebon, yang dalam bahasa Sunda berarti air sisa pengolahan udang rebon. Lama kelamaan, nama itu berubah menjadi Cirebon.

Mengingat terasi sudah berkembang lama di Cirebon, kamu enggak boleh melewatkan membeli terasi sebagai oleh-oleh. Yang membedakan terasi Cirebon dengan lainnya ialah bahan pembuatnya yang murni hanya udang rebon dan garam. Dengan begitu, rasa pasta udang itu jadi lebih segar dan gurih ketimbang terasi yang dicampur ikan.

Biasanya terasi khas Cirebon berbentuk gelondong atau balok yang cukup besar dengan kemasan sederhana. Sebagai oleh-oleh, pastinya terasi sangat mudah ditemukan di Kota Udang tersebut. Harganya pun bervariasi, tergantung dari persediaan udang rebon di perajin.

2. Tauco

tauco
Tak hanya batik, Pekalongan punya tauco sebagai oleh-oleh. (foto: taucoaslipekalongan)

Bukan cuma batik yang jadi andalan Pekalongan. Ada satu bahan masakan yang khas banget dari daerah tersebut, yakni tauco.

Di Pekalongan, tauco jadi bahan dasar dari soto tauto, sajian khas daerah itu. Tauco khas Pekalongan memiliki butiran kedelai utuh yang sangat empuk dan berwarna cokelat kemerahan. Rasanya tidak terlalu asin seperti tauco lainnya, sehingga lebih banyak disukai orang dan cocok sekali dibuat campuran sambal.

3. Bumbu Pecel

bumbu pecel
Bumbu pecel khas Madiun. (foto: youtube)

Nama kuliner pecel Madiun udah kesohor ke mana-mana. Jadi tidak mengherankan jika Madiun jadi asal bumbu pecel nikmat yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Meskipun bumbu pecel juga mudah ditemukan di kota lain, bumbu pecel khas Madiun punya rasa nikmat tersendiri. Bukan cuma berbahan dasar kacang tanah, cabai, dan gula merah, bumbu pecel Madiun juga memiliki tambahan jahe, kunyit, hingga gula aren. Tambahan itulah yang bikin rasanya lebih sedap daripada bumbu pecel lainnya.

Jangan lewatkan membawa bumbu pecel sebagai buah tangan dari Madiun jika melawat ke sana ya. Kamu bisa menikmati pecel Madiun nikmat di rumah tanpa ribet.

4. Bawang Goreng

bawang goreng
Bawang goreng khas Palu renyah dan bisa tahan hingga 1 tahun. (foto: wisatapalu)

Bawang goreng kan ada di mana-mana ya, apa spesialnya sampai jadi oleh-oleh ya? Bawang goreng yang jadi buah tangan dari Kota Palu, Sulawesi Tengah, ini memang spesial. Pasalnya, bahan baku bawang goreng asli Palu itu ialah bawang yang dipercaya hanya bisa tumbuh di Lembah Palu. Cirinya, kandungan airnya amat minim, lapisannya tebal, dan rasanya gurih.

Dengan karakter bahan baku bawang yang khas itu, bawang goreng yang dihasilkan pun jadi wangi dan amat garing. Saking garingnya, sampai bisa anda jadikan camilan dan tahan hingga 1 tahun. Yang pastin, bawang goreng oleh-oleh dari Palu bisa jadi pelengkap nasi goreng dan sajian lainnya.(dwi)

BACA JUGA: Saat Pepsi tak lagi Ada, Pilih Minuman Soda Lokal Aja

Penulis : Dwi Astarini Dwi Astarini
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Makan Mi Instan tanpa Bumbu, Berani Dong
Kuliner
Makan Mi Instan tanpa Bumbu, Berani Dong

Meski begitu, jangan terlalu sering mengonsumsi mi instan.

Lampu Depan Mobil, Bagaimana Sebaiknya?
Fun
Lampu Depan Mobil, Bagaimana Sebaiknya?

Lampu depan mobil dapat mencelakakan pengemudi lain.

Bukan Cuma Menara Eiffel, Spot Foto Di Paris Ini Tak Kalah Instagramable
Fun
Bukan Cuma Menara Eiffel, Spot Foto Di Paris Ini Tak Kalah Instagramable

Menara Eiffel bukan satu-satunya tempat keren di Paris.

Mau Bahagia? 4 Makanan Ini Solusinya
Fun
Mau Bahagia? 4 Makanan Ini Solusinya

Bahagia itu mudah, cukup dengan mengonsumsi empat makanan ini.

Museum Bebauan akan Bawa Hidungmu Mengenal Sejarah Eropa
Fun
Museum Bebauan akan Bawa Hidungmu Mengenal Sejarah Eropa

Mereka akan mengumpulkan referensi tentang bau dalam literatur

Kamera Sony Alpha Kini Bisa Jadi Webcam untuk Komputer MacOS
Fun
Kamera Sony Alpha Kini Bisa Jadi Webcam untuk Komputer MacOS

Menyusul produsen kamera lain, Kamera Sony Alpha kembangkan aplikasi webcam untuk komputer Mac

Mudahnya Konsultasi Kesehatan Lewat Alodokter
Fun
Mudahnya Konsultasi Kesehatan Lewat Alodokter

Alodokter siap memberikan layanan konsultasi kesehatan secara online.

Avengers Beri Hadiah Spesial untuk Pahlawan Cilik Pemberani
Fun
Avengers Beri Hadiah Spesial untuk Pahlawan Cilik Pemberani

Mengapa Avengers mengapresiasi pahlawan cilik ini?

Pilihan "Sampo Ungu" untuk Rambut Warna-warni Kamu
Fun
Pilihan "Sampo Ungu" untuk Rambut Warna-warni Kamu

Sampo berwarna ungu mengandung pigmen ungu untuk menetralkan warna kekuningan dan kecokelatan

Seperti di Jepang, Selokan Desa di Cirebon Ini Disulap Menjadi Kolam Ikan
Fun
Seperti di Jepang, Selokan Desa di Cirebon Ini Disulap Menjadi Kolam Ikan

Sekilas selokan tersebut mirip dengan yang ada di Jepang, meskipun tidak sebening selokan di sana.