Pecah Rekor, Seekor Kepiting Terjual Rp467 Juta Seekor kepiting terjual dengan harga fantastis di Jepang. (foto: pixabay/4606510)

BERAPA harga yang sedia kamu bayar untuk seekor kepiting? Puluhan ribu atau ratusan ribu? Bagaimana kalau ratusan juta?

Ya, kamu tak salah baca. Seekor kepiting terjual seharga 5 juta yen atau Rp467 juta! Rekor harga kepiting itu dipecahkan dalam sebuah lelang di Tottori, Jepang, awal November ini. Badan promosi perikanan Tottori menyebut harga jual kepiting itu sebagai yang tertinggi selama ini.

BACA JUGA: Nihi Sumba, Surga Tersembunyi Lokasi Bulan Madu Jennifer Lawrence

Harga penawaran untuk kepiting itu memecahkan rekor yang dicatat dalam rekor dunia Guinness. Rekor sebelumnya dipegang kepiting seharga 2 juta yen atau sekitar Rp253 juta. Kepiting itu juga terjual di Tottori, tahun lalu. Penawar pemenang kali ini ialah Tetsuji Hamashita, Presiden Hanashita Shoten, penjual besar perikanan.

Nantinya, kepiting mahal itu akan berakhir di piring penikmat yang beruntung di restoran mewah di Ginza. "Aku tahu ini agak ekstrem. Namun, ini sudah jadi tradisi di sini. Aku yakin sekali rasa kepiting itu akan sepadan dengan harganya," jelas Hamashita kepada CNN.

snow crab
Kepiting yang terjual dengan harga Rp467 juta. (foto: instagram @interlinetravel)

Musim tangkap kepiting di Jepang tahun ini dimulai 6 November lalu. Lelang tangkapan pertama langsung digelar keesokan harinya. Amat lazim bahwa harga pembukaan saat lelang hari pertama selalu tinggi. Para peserta lelang percaya bahwa membeli tangkapan pertama di musim itu akan membawa keberuntungan. Hamashita sendiri awalnya mengira akan menawar hingga 3 juta yen. Namun, ketika angka itu terlewati, banyak peserta lain yang berseru 'banzai' yang berarti ucapan selamat 'umur panjang' sambil bertepuk tangan.

Selain faktor kepercayaan membawa keberuntungan, kenapa harga kepiting itu bisa selangit?

snow crab
Kepiting Tottori akan berakhir di sajian restoran mewah di Ginza. (foto: Instagram @yunalah)

Krustasea pemecah rekor itu merupakan pejantan dengan berat mencapai 1,2 kg dengan lebar 14,6 cm. Cukup besar. Selain itu, jenis kepiting yang diperjualbelikan merupakan makanan yang amat dicari-cari di Jepang. Kepiting itu hanya ditemukan di perairan Perfektur Tottori. Perfektur itu terletak di Pulau Honshu, antara Osaka dan Hiroshima.

Rakyat mengenal kepiting khas ini dengan nama 'zuwaigani'. Kepiting yang biasa ditangkap pada bulan-bulan dingin ini berbentuk menyerupai bintang. Kaki-kakinya panjang, gemuk, dan punya daging empuk dan lembut di bagian dalam. Pantas saja kepiting ini jadi incaran dan bernilai tinggi.(dwi)

BACA JUGA: Manis Legit Serabi Khas Nusantara

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH