Ketika #WhatsAppDown, Apakah Telegram Lebih Baik? Telegram lebih baik (Foto: chatbotslife.com)

MINGGU (19/1) sore, aplikasi berbagi pesan WhatsApp, down. Para pengguna melaporkan keluhan tidak bisa mengirim atau mengunduh pesan multimedia seperti gambar, video, stiker, file, dokumen, pesan suara, hingga menggunakan WhatsApp Status.

Gangguan tersebut juga dialami di berbagai negara. Teruatama wilayah Eropa. Mulai dari Jerman, Belanda, Swiss, hingga Spanyol dilaporkan mengalami gangguan serupa.

Baca juga:

Lakukan Hal Ini Sebelum Februari 2020 Jika Masih Mau Menggunakan WhatsApp

Para pengguna WhatsApp pun melaporkan masalah tersebut melalui Twitter. Ramai-ramai mereka mengeluhkan dengan tagar #whatsappdown, yang jadi trending topic.

Dampaknya banyak pengguna yang beralih menggunakan Telegram. Sekedar info Telegram tersedia untuk berbagai platform, seperti Android, iOS, Windows Phone, Windows PC, Mac OS, Linux OS, bahkan melalui browser apapun.

Lalu apa sih yang membedakan WhatsApp dengan Telegram? Mengutip medium.com, empat alasan ini membuktikan Telegram lebih baik dibanding WhatsApp.

1. Penyimpanan server tidak terbatas

Kapasitas penyimpanan tak terbatas (Foto: Pexels/Mohi Syed)

Telegram menyediakan kapasitas penyimpanan tak terbatas. Artinya, semua pesan teks, gambar, file, dan dokumen akan disimpan di cloud mereka. Kamu dapat keluar-masuk beberapa kali dari sejumlah perangkat secara bersamaan tanpa harus takut kehilangan data. Bahkan, kamu dapat mengompres gambar dan video jika memiliki ukuran file yang besar.

2. Kapasitas jumlah anggota grup

Ngobrol sepuasnya (Foto: Pexels/Marek Levak)

Kapasitas Normal Group di Telegram ialah 200 anggota. Namun, ketika mencapai 200 anggota, grup berubah menjadi Super Group dengan kapasitas 5000 anggota. Super Group juga memiliki beberapa fitur lebih banyak dibanding Normal Group. Iya, kamu bisa membuat grup telegram beranggotakan satu kelurahan rumahmu.

Baca juga:

Telegraph Aplikasi Super Aman Tanpa Login Tanpa Daftar

3. Fitur nama pengguna (username)

Berkomunikasi dengan siapa saja (Foto: Pexels/Tyler Lastovich)

Kamu dapat berkomunikasi dengan siapa saja di Telegram walaupun tidak memiliki nomor kontaknya. Dengan kata lain, kamu bisa mencari temanmu dengan nama pengguna miliknya tanpa memiliki nomor kontak/teleponnya.

4. Obrolan rahasia

Jangan ghibah (Foto: chatbotslife.com)

Kamu juga dapat melakukan obrolan rahasia. Ini merupakan sejenis obrolan terenkripsi ujung ke ujung. Sehingga kamu dapat mengatur waktu untuk menghancurkan obrolan tersebut secara otomatis. Ingat, jangan manfaatkan fitur ini untuk ghibah ya! (Arb)

Baca juga:

Transfer Dana Semakin Mudah melalui Whatsapp


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH