Keroncong, Musiknya Para Pelaut Portugis

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Kamis, 07 April 2016
Keroncong, Musiknya Para Pelaut Portugis
Pertunjukan saat launching Senandung Keroncong Indonesia. (Foto: Instagram/hannalarosa.)t

MerahPutih Budaya - Banyak orang yang mengenal Musik Keroncong sebagai bagian dari budaya Indonesia. Musik keroncong juga pernah mengalami masa kejayaan di era tahun 60an. Lalu bagaimana sebenarnya awal musik keroncong di Indonesia?

Pakar seni dan budaya Ninok Laksono menuturkan sebenarnya keroncong bukanlah musik asli Indonesia. Musik keroncong dibawa oleh para pelaut Portugis ke Indonesia pada abad ke-16.

"Memang ada yang meyakini keroncong itu asli Indonesia, tapi alat musiknya itu seperti ukulele bukan dari sini. Karena para kolonial dalam hal ini Portugis membawa musik itu kesini," ucap Ninok di Gedung Sapta Pesono, Jakarta Pusat, Rabu (7/4).

Musik yang pada awalnya dinamakan dengan musik fado ini digunakan oleh para pelaut Portugis untuk mengisi waktu di dalam kapal.

"Dari sana dibawa kesini pergi ke Ambon ke Batavia. Jadi musik keroncong itu pada awalnya dipakai untuk mengisi waktu," terangnya.

Namun saat Portugis sudah tidak lagi berkuasa di dataran Indonesia, musik keroncong tetap bertahan. Bahkan saat masa penjajahan Jepang, keroncong tetap dibiarkan berkembang karena dianggap sebagai musik asli Indonesia.

"Saat penjajahan Jepang kerongcong dibiarkan karena dianggap musik asli Indonesia. Tapi musik-musik eropa lainnya disingkirkan," tutur Ninok.

Lebih lanjut Ninok menjelaskan musik keroncong tidak bisa dilepaskan oleh alat musik petik yakni ukulele. Menurutnya alat musik tersebutlah yang menjadi ciri khas dari musik keroncong

"Jadi ada bunyi creng crong. Alat musik ukulele kan begitu," pungkas Ninok. (Yni)

BACA JUGA:

  1. Senandung Keroncong Indonesia
  2. Keberanian Sundari Soekotjo dalam Senandung Keroncong Indonesia
  3. Dwiki Dharmawan Janji Aransemen Musik Keroncong
  4. Keroncong Lebih Sulit Ketimbang Pop, Kenapa?
  5. Musik Keroncong Kurang Diberi Ruang
#Musik Tradisional #Pesona Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan