Wisata Dunia

Kepulauan Paling Terpencil di Dunia Ini Jarang Dijamah Manusia

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Kamis, 22 Juli 2021
Kepulauan Paling Terpencil di Dunia Ini Jarang Dijamah Manusia
Kepulauan terpencil di dunia. (Foto: ExpeditionsOnline)

DARATAN yang ada di bumi terhampar luas. Ada gurun pasir yang kering hingga kutub diselimuti salju. Begitu luasnya hingga masih ada beberapa tempat yang begitu asing dan jarang dikunjungi manusia bahkan nyaris tidak terjamah. Berikut sejumlah kawasan yang paling terpencil di dunia yang dilansir Britannica.

1. Kepulauan kerguelen

Kerguelen
Kepulauan Kerguelen. (Sumber: STSTW)

Kepulauan Kerguelen adalah gugusan kepulauan yang terletak di wilayah Samudra Hindia. Kondisi geografis kepulauan ini cukup unik karena diselimuti gletser, rerumputan, dan lumut. Kepulauan Kerguelen juga dikelilingi oleh pegunungan.

Baca juga:

Pulau Pahawang, Snorkeling, Diving dan Bercanda Bersama Nemo

Suhu rata-rata di wilayah ini adalah 2,1 hingga 8,1 derajat celsius. Kepulauan ini jarang dikunjungi manusia tetapi jadi rumah yang nyaman bagi kawanan anjing laut, penguin dan elang laut.

2. Pulau Spitsbergen

Spitsbergen
Pulau Spitsbergen. (Sumber: Oceanwide Expedition)

Pulau ini terletak di Kepulauan Svalbard, Norwegia dan memiliki luas 39.044 kilometer persegi. Pulau Spitsbergen berbatasan dengan pantai Greenland di timur dan pantai Eropa di Utara. Sama seperti Pulau Kerguelen, Pulau Spitsbergen juga diselimuti oleh salju yang tebal dan menjadi surga bagi populasi beruang kutub.

Meskipun didominasi oleh salju, kita masih bisa menemukan pemukiman di Pulau Spitsbergen. Pemukiman utama di pulau tersebut adalah Longyearbyen. Di pulau Spitsbergen juga terdapat Svalvard Global Seed Vault, fasilitas pengamanan yang berfungsi untuk melindungi benih tanaman pangan dunia apabila terjadi krisis global.

3. Pulau Pitcairn

Pitcairn
Pitcairn. (Sumber: Travel Thru History)

Pulau Pitcairn merupakan pulau vulkanik yang terletak di Pasifik Selatan. Dahulu, pulau tersebut sempat dijadikan persinggahan oleh pemberontak kapal Inggris HMS Bounty. Saat ini Pulau Pitcairn diakui sebagai cagar alam laut terbesar di dunia. Kawasan laut di Pulau Pitcairn seluas 830 ribu kilometer persegi.

Baca juga:

Ini Destinasi Wisata Dunia Terbaik 2021 Versi National Geographic

4. Novaya Zemlya

novaya
Novaya Zemlya. (Sumber: CruiseMapper)

Novaya Zemlya merupakan gabungan antara dua pulau besar di Arktik yakni Pulau Severny di utara dan Yuzhny di selatan serta beberapa pulau kecil. Kepulauan ini memisahkan Laut Barents dan Kara di sepanjang pantai barat laut Rusia. Ketika Perang Dingin, Novaya Zemlya menjadi lokasi uji coba nuklir sebanyak 100 uji coba antara tahun 1954 dan 1990.

5. Georgia Selatan

georgia
Georgia Selatan. (Sumber: Oceanwide Expedition)

Georgia Selatan merupakan teritori seberang laut Inggris dan berada di Atlantik. Pulau ini berbatasan dengan Kepulauan Falkland di sebelah timur dan berbatasan dengan Cape Town, Afrika Selatan di sebelah barat.

Pulau ini hanya dihuni oleh sekelompok kecil ilmuwan dan personel pendukung yang memelihara stasiun Survei Antartika di Grytviken. Pada abad ke-19 kota ini juga kerap kali dijadikan sebagai pangkalan perburuan paus dan ekspedisi ilmiah. (avia)

Baca juga:

ESD Research Proyeksikan Kerusakan Lingkungan di Tahun 2100

#Wisata #Travel #Wisata Dunia
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan