Kepoin Hajatan Tahunan Jenama Lokal Tanah Air Kenali sejumlah acara tempat berkumpulnya brand-brand lokal memberikan penawaran terbaik dan produk yang berkualitas (Foto: Merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

PRODUK jenama lokal beberapa tahun terakhir berhasil menarik perhatian publik. Popularitas jenama lokal memang tidak terlepas dari berbagai faktor, seperti kemajuan internet, kampanye bangga lokal, wawasan konsumen, dan kualitas produk lokal.

Survei Ipsos Global Trend pada Desember 2021 bertajuk Aftershocks and Continuity melibatkan responden 24.000 responden pada 25 negara merekam tren belanja daring selama pandemi, menunjukan mayoritas konsumen dunia memilih produk bermerek global karena kualitasnya.

Namun, khusus responden Indonesia sebanyak 59 persen responden tidak setuju produk global lebih berkualitas ketimbang produk lokal. Bahkan, 87 persen responden Indonesia cenderung memutuskan untuk membeli produk lokal.

Ekosistem produk lokal dengan kampanye bangga lokal memang semakin menguat. Salah satu cara para jenama lokal dapat dikenal luas dengan tampil di festival secara khusus menampilkan jenama-jenama lokal. Di festival tersebut, para jenama lokal menampilkan produk-produk terbaiknya agar para konsumen mengenal, paham, lalu mulai tertarik mengetahui lebih dalam, hingga kemudian jadi konsumen loyal.

Salah satu acara tempat berkumpulnya sejumlah jenama lokal, Jakarta Clothing atau Jakcloth. Jakcloth merupakan gelaran tahunan paling ditunggu-tunggu Generasi Z penggemar clothing dan apparel lokal.

Baca Juga:

Pentingnya Membeli Produk Lokal Selama Ramadan

Diskon besar sejumlah produk brand lokal di JakCloth membuat ribuan masyarakat tertarik (Foto: Merahputi.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

Pada gelaran tersebut, banyak penawaran diskon diberikan dari sejumlah jenama lokal di Indonesia sehingga banyak konsumen antusias. Selain terdapat ratusan jenama lokal dengan banyaknya promo, JakCloth juga menghadirkan sejumlah musisi ternama untuk menghibur para pengunjung.

Dukung Industri Mode, Authenticity Hadir untuk Wall of Fades 2022

Diskon di JakCloth bukan potongan harga biasa, karena banyak sekali penawaran'good deal, khususnya bagi para kantong pelajar. Diskon besar tersebut sangat menarik perhatian masyarakat untuk datang ke JakCloth.

Selain JakCloth, ajang berkumpulnya para jenama lokal, tak lain Jakarta Sneakers Day (JSD). JSD merupakan gelaran eksibisi sneakers dan streetwear.

Berbagai brand sneakers lokal tampilkan koleksi terbaik dan berkualitas di Jakarta Sneakers Day (Foto: merahputih.com/Ikhsan Digdo)

Medium bagi penggemar sneakers, streetwear, hingga street art bertemu tersebut selali dipenuhi pengunjung dari dalam dan luar kota. JSD memberikan kesempatan bagi para retailer brand internasional dan jenama lokal untuk memperlihatkan hasil kolaborasi atau produk rilisan baru.

Baca Juga:

Jakarta Fashion Trend 2022 Sinergikan Fashion & Art

JSD berisi beragam program dan konten sangat menarik, dari mulai lokal dan international brand exhibition, perilisan sneakers eksklusif, peluncuran produk spesial, eksibisi seni, hingga peritel brand internasional memajang koleksi khusus.

Wall of Fades menjadi surga bagi para pencinta denim, karena banyak brand denim lokal dengan kualitas terbaik yang turut hadir dalam acara tersebut (Foto: Merahputih.com/Ikhsan Digdo)

Selanjutnya, hajatan berkumpulnya jenama lokal khusus penggemar denim, akan bertemu di Wall of Fades. Gelaran pameran fashion tersebut diselenggarakan khusus untuk berbagai jenama lokal.

Ajang digelar Darahkubiru tersebut pun menyediakan konten seputar denim, gaya hidup, hingga komunitas. Wall of Fades sudah ada sejak 2009 lalu sehingga jadi ajang bertemu penggemar denim terbesar di Indonesia.

Pada Wall of Fades 2022, Rizki Alkautsar selaku ketua umum Wall of Fades 2022 menjelaskan denim bukan sekadar pakaian sehari-hari, melainkan juga memiliki nilai lebih karena penggunanya bisa beroleh pengalaman berbeda.

Selain itu, sambungya, komunitas denim juga diharapkan bisa membawa kolaborasi untuk menghasilkan pengembangan denim bukan sekadar tentang fesyen, melainkan juga kreativitas dan seni.

"Dengan ini, kami menghadirkan empat dimensi berbeda dari Wall of Fades, anatara lain denim, experience, art movement, dan hybrid. WOF akan memberikan pengalaman denim lebih intim kepada penonton," ujar Rizqi Alkautsar pada konferensi pers via Zoom, Selasa (1/3). (Ryn)

Baca Juga:

Indonesia Pimpin Global Modest Fashion Week Association

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
4 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Kamu Sukses di Masa Depan
Hiburan & Gaya Hidup
4 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Kamu Sukses di Masa Depan

Berbagai cara dilakukan dari mulai membuka usaha atau meniti karier di kantor-kantor elite.

Salip Patek Philippe, Audemars Piguet Kini Watchmaker Terbesar Keempat di Dunia
Fun
Salip Patek Philippe, Audemars Piguet Kini Watchmaker Terbesar Keempat di Dunia

Produsen jam tangan kelas dunia memang kerap bersaing dan berkompetisi dalam jumlah penjualan.

Playground Kilang Minyak ala Arab Saudi
Travel
Playground Kilang Minyak ala Arab Saudi

Taman bertema ekstrem di tengah laut.

Industri Mode Dunia Dituntut Tunjukkan Dukungan untuk Ukraina di Paris Fashion Week
Fashion
Industri Mode Dunia Dituntut Tunjukkan Dukungan untuk Ukraina di Paris Fashion Week

Balenciaga telah menjadi jenama pertama dalam Paris Fashion Week (PFW) yang membuat pernyataan solidaritas untuk Ukraina.

Unik, Startup Produksi Daging Berbasis Udara
Fun
Unik, Startup Produksi Daging Berbasis Udara

Membuat daging dari udara mungkin terdengar seperti teknologi yang hanya ada di film fiksi ilmiah.

Persiapkan Hal Ini untuk Menciptakan Kesan Baik di Tempat Kerja Baru
Fun
Persiapkan Hal Ini untuk Menciptakan Kesan Baik di Tempat Kerja Baru

Jangan bersikap terlalu menjilat di tempat kerja baru.

Museum MACAN Hadirkan Hajatan Pameran POSE
Fun
Museum MACAN Hadirkan Hajatan Pameran POSE

Pameran Seni yang tak boleh dilewatkan.

Enggak Cuma Cuan, Ini yang Harus Diperhatikan oleh Pengusaha
Fun
Enggak Cuma Cuan, Ini yang Harus Diperhatikan oleh Pengusaha

Perjalanan membangun kepercayaan membutuhkan waktu dan biaya.

Travie McCoy Rilis 'Loved Me Back To Life’ dan Persiapkan Album Terbaru
ShowBiz
Travie McCoy Rilis 'Loved Me Back To Life’ dan Persiapkan Album Terbaru

Travis McCoy kembali dengan Loved Me Back To Life yang rilis pada 28 September 2021.