Indonesia Pimpin Global Modest Fashion Week Association

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Sabtu, 11 Desember 2021
Indonesia Pimpin Global Modest Fashion Week Association
Indonesia Pimpin Global Modest Fashion Week Association (Foto: merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

PERKEMBANGAN modest fashion di Indonesia kian bergelora, tak ayal bila industri modest fashion saat ini sangat potensial. Namun, selain sebagai peluang yang potensial, sektor fashion juga bisa dimanfaatkan menjadi daya tarik untuk memperkenalkan Indonesia di mata dunia. Karena itu, pencanangan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia perlu didukung penuh oleh seluruh pihak.

Mengenai langkah tersebut, Indonesia modest fashion ingin terus berkontribusi dalam mewujudkan cita-cita itu. Adanya pentas Indonesia Modest Fashion Week 2021, menjadi fasilitator bari para founder modest fashion week dunia dalam perwujudan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia.

Hingga akhirnya, Indonesia terpilih sebagai pusat Global Modest Fashion Week Association. Hal itu tak terlepas dari perkembangan modest fashion yang kian pesat di Indonesia, yang memberikan inspirasi modest fashion kepada para pencinta modest fashion secara global.

Baca Juga:

Kemenparekraf Optimis Industri Modest di Indonesia Bangkit Kembali

Nur Asia Uno terpilih menjadi President Global Modest Fashion Week Association (Foto: merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

Kabar gembiranya, Nur Asia Uno dari Indonesia, terpilih oleh negara-negara yang memiliki modest Fashion Association sebagai "President Global Modest Fashion Week Association", yang memimpin Indonesia, Amerika, Rusia, Australia, Prancis, dan Maroko .

Pemilihan tersebut berawal dari Modest Fashion Week World Conference, yang digagas oleh Indonesia Modest Fashion Week. Tujuan conference tersebut yakni menjadikan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia.

Tentunya momentum ini bisa memberikan citra baik dalam mewujudkan cita-cita para desainer modest Indonesia, untuk menjadikan Indonesia sebagai Pusat Busana Modest Dunia.

"Tahun 2021 bukan tahun biasa dalam industry modest fashion, pada dasarnya adalah tentang mengubah. dengan fokus pada inklusi, inovasi, keberlanjutan, dan keanekaragaman dalam industri fashion & gaya hidup modest dari seluruh dunia," tutur Nur Asia Uno.

Sedikit informasi, Global Modest Fashion Week nantinya akan digelar di sejumlah negara, seperti Miami, Maroko, Rusia, dan Indonesia di tahun 2022 mendatang.

Perihal daya tarik, modest fashion pun saling bersinergi dengan sektor lainnya, karena bisa menjadi bagian menarik untuk ditawarkan pada industri pariwisata.

Kedua sektor tersebut bisa saling berkolaborasi untuk mempromosikan Indonesia dan memperlihatkan potensi modest fashion Indonesia ,yang pada akhirnya turut mengerek ekonomi nasional.

Baca Juga:

Geliat Modest Fashion di Tengah Pandemi

Modest Fashion juga memperlihatkan potensi kekayaan wastra dan budaya Indonesia menjadi sarana promosi efektif bagi Indonesia, agar dikenal luas hingga ke kancah internasional.

Karena itu, diperlukan adanya percepatan pembangunan bidang pariwisata termasuk di dalamnya sektor industri kreatif. Keberadaan Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) yang mendapatkan dukungan dari Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreatif, merupakan salah satu acara yang membantu perwujudan percepatan tersebut.

IMFW diharapkan dapat menjadi daya tarik sektor wisata, karena menyuguhkan keindahan antara tren fashion dan pariwisata, serta kekayaan lokal Nusantara. Tentunya event tersebut akan menjadi sarana promosi efektif, dalam mendukung perwujudan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia.

Jeny Tjahyawati selaku Founder Indonesia Modest Fashion Week mendukung Global Modest Fashion Week Association dan mendukung karya-karya desainer Indonesia (Foto: dok. Jeny Tjahyawati)

Mengenai event tersebut, Jeny Tjahyawati selaku Founder Indonesia Modest Fashion Week menuturkan, bahwa pihaknya mendukung penuh keberadaan karya-karya desainer Tanah Air.

"Inovasi para desainer dalam mengolah karya dengan nuansa keindahan material lokal perlu dipamerkan secara luas baik di pentas nasional dan internasional, IMFW berupaya memperkuat industri modest fashion Indonesia dengan mewadahi para pelaku UKM untuk melahirkan karya-karya berkualitas dan berdaya saing dan berkelanjutan," tutur Jeny Tjahyawati, saat ditemui merahputih.com di kawasan Jakarta Selatan.

Menurut Jeny, dengan mengedepankan kearifan lokal yang berdaya saing dan berkelanjutan, bisa menjadi peluang yang dapat memberikan dampak positif pada sektor pariwisata dan industri kreatif.

"Potensi karya desainer modest Indonesia sangatlah besar dibandingkan dengan kreasi dari negara-negara lainnya. Kreativitas desainer modest Indonesia begitu mumpuni dan memiliki daya saing global dalam karya-karya apik mereka," tambah Jeny.

Kemudian, Jeny menjelaskan, bahwa dengan sentuhan material lokal yang sering digunakan desainer Tanah Air, tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi modest fashion di Indonesia dan dunia internasional. (Ryn)

Baca Juga:

Jeny Tjahyawati, Jagoan Modest Fashion Indonesia

#Indonesia Modest Fashion Week #Pusat Fashion Muslim Dunia
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan