Kecantikan

Kenali Jenis-Jenis Eyeliner, Dari Pensil Hingga Gel

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Selasa, 30 Agustus 2022
Kenali Jenis-Jenis Eyeliner, Dari Pensil Hingga Gel
Penggunaan eyeliner mampu memberikan ilusi pada mata. (Foto: Freepik)

KONDISI peralihan pandemi menuju endemi saat ini di Indonesia masih mengharuskan setiap orang untuk menggunakan masker. Sebagian wajah pun tertutup. Perhatian orang lebih fokus kepada sekitar mata. Tak jarang, mata menjadi sebentuk bahasa tubuh untuk berkomunikasi. Karena itu, jangan sepelekan riasan mata.

Salah satu riasan mata yang dapat membuat penampilanmu lebih menonjol adalah eyeliner. Riasan ini memiliki fungsi untuk mempertegas garis mata. Meski begitu eyeliner tak pernah tunggal. Ia memiliki beragam jenis yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa jenis eyeliner yang mesti kamu ketahui, termasuk kekurangan serta kelebihannya.


1. Pencil Eyeliner


Ini adalah jenis eyeliner yang paling sering digunakan pada saat ini. Mungkin karena pengaplikasiannya yang cepat, mudah, dan sangat ramah lingkungan. Bukan hanya itu, eyeliner pensil juga cenderung memiliki umur panjang dan harganya terjangkau.

Kekurangan eyeliner pensil adalah perlu mengasahnya terlebih dahulu jika ingin menggunakan pensil jadul. Sementara untuk pensil mekanis, kamu hanya perlu memutar di bagian bawah untuk menggunakannya. Selain itu, warna yang dihasilkan juga kurang menonjol dan terkesan natural.

Baca juga:

Begini Cara Membuat Eyeliner yang Presisi dan Sempurna

eyeliner pencil
Pencil eyeliner memilik umur panjang dan awet. (Foto: Unsplash/Davidleveque)


2. Eyeliner Cair


Penggunaan eyeliner cair sangat pas untuk menciptakan tampilan yang lebih berani dan dramatis. Jika kamu ingin menciptakan garis tipis, penggunaan eyeliner cair adalah pilihan terbaik. Ini sangat cocok bagi mereka yang suka membuat mata kucing dan mata mesir.

Kelemahan eyeliner cair adalah sangat sulit untuk dikuasai dan cenderung lebih cepat kering. Kamu memerlukan tangan yang stabil untuk memberikan sapuan yang halus dan tepat.


3. Pen Eyeliner


Jika kamu menginginkan tampilan eyeliner cair dengan kemudahan eyeliner pensil, pen eyeliner adalah pilihan yang sangat tepat. Ujung pen yang sangat halus menjadikannya mudah untuk menggambarkan garis yang tepat. Sangat cocok digunakan bagi para pemula.

Pen eyeliner juga sering digunakan oleh para blogger kecantikan untuk membuat riasan karakter. Hasil akhirnya yang lebih matte dan tahan lama, menjadikannya sangat disukai.

Baca juga:

6 Cara Mengatasi Eyeliner Kering

jenis-jenis eyeliner
Pen eyeliner merupakan gabungan antara pensil eyeliner dan eyeliner cair. (Foto: Unsplash/Ashleypiszek)


4. Eyeliner Gel


Memiliki bentuk yang lucu karena seperti berada dalam pot kecil dan memiliki sikat kecil untuk pengapliasiannya. Eyeliner ini tak cocok digunakan para pemula karena penerapannya yang cukup sulit.

Namun, bagi mereka yang sangat mencintai riasan, eyeliner gel cukup direkomendasikan. Fungsi eyeliner gel adalah mempertegas garis bulu mata. Kandungan lilin yang tinggi menjadikannya tidak mudah luntur dan tahan air.


5. Eyeshadow sebagai Eyeliner


Eyeshadow sebenarnya bukan termasuk salah satu jenis eyeliner. Namun, kini banyak yang menggunakannya sebagai eyeliner dengan meng-hack-nya. Jika kamu ingin membuat tampilan yang tampak halus dan natural, penggunaan eyeshadow sebagai eyeliner bisa jadi pertimbangan. Untuk pengaplikasiannya pun juga mudah. Kamu cukup menggunakan kuas kecil dan mengoleskannya di sekitar mata. (nab)

Baca juga:

Ekspresikan Diri dan Mood dengan Variasi Bentuk Eyeliner

#Kecantikan #Eyeliner
Bagikan
Bagikan