Kenali Cara Mengolah dan Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan kenali cara mengolah dan manfaat daging kambing bagi kesehatan (Foto: pixabay/blackwolfi)

HARI Raya Idul Adha sangat identik dengan hidangan berbahan dasar daging kambing. Karena banyak orang yang melakukan ibadah qurban dengan menyembelih hewan ternak seperti kambing ataupun sapi.

Bicara soal olahan daging kambing, tak banyak yang tahu jika daging kambing sangat menyehatkan dan banyak kandungan gizinya. Manfaat daging kambing ini bisa diperoleh asalkan dimasak dengan cara yang benar.

Baca Juga:

Yuk, Olah Daging Kambing Jadi Tongseng

Dalam 100 gram daging kambing, setidaknya terdapat 150 kalori, 27 gram protein, dan 15 gram lemak. Tak hanya itu, daging kambing juga mengandung kalium, vitamin B12, zat besi, agenisum, selenium serta omega-3.

Daging kambing memiliki beberapa manfaat (Foto: pixabay/ipegasu)

Adapun manfaat yang pertama dari daging kambing ialah memelihara massa otot. Karena daging kambing merupakan sumber protein atau asam amino yang baik. Nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga massa otot, meningkatkan stamina dan kekuatan otot, serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Manfaat yang kedua yakni mencegah anemia. Karena dalam 100 gram daging kambing, terdapat sekitar 3,5-4 miligram zat besi yang bermanfaat untuk mencegah terjadi anemia. Anemia merupakan kondisi ketika sel darah merah berkurang karena kekurangan zat besi. Kondisi itu bisa menyebabkan orgran dan jaringan tubuhmu kekurangan oksigen sehingga fingsinya bisa terganggu.

Manfaat ketiga yakni mengeola tekanan darah. Pada 100 gram daging kambing, terkandung sekitar 400 mg kalium. Nah, asupan kalium yang kamu perlukan setiap hari yakni 4500-4700 gram. Kalium sangat diperlukan bagi tubuh untuk mengatur detak jantung serta menjaga tekanan darah tetap stabil.

Tapi, perlu dicatat kamu juga harus memperoleh asupan kalium dari makanan sumber kalium lainnya selain kambing. Karena kambing mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang cukup tinggi, jadi asupannya perlu dibatasi.

Baca Juga:

Hilangkan Aroma Prengus Daging Kambing dengan Trik Ini

Setelah mengetahui beberapa manfaatnya, cara sehat mengolah daging kambing pun sangat penting. Seperti yang dilansir dari laman alodokter, berikut ini cara mengolah daging kambing yang sehat.

Pada 100 gram daging kambing matang, setidaknya mengandung 75 mg kolesterol. Jumlah itu lebih rendah dibanding kadar kolesterol pada daging sapi sirloin yang mengandung 90 mg kolesterol, atau dada ayam tanpa kulit yang mengandung 85 mg kolesterol.

Kambing bisa diolah menjadi sate, kambing panggang, kambing bakar atau sup (Foto: pixabay/saesherrra)

Karena itu, agar tak membahayakan kesehatanmu, konsumsi daging kambing direkomendasikan sebanyak 1-2 porsi setiap minggunya. Cara mengolahnya pun tak boleh sembarangan. Kamu dianjurkan untuk tidak menggoreng daging kambing, karena proses memasak dengan cara menggoreng bisa menambah kadar lemak pada daging kambing yang akan kamu konsumsi.

Kamu bisa mengolah daging kambing menjadi sate, kambing panggang, kambing bakar atau sup. Jangan lupa membuang lemak pada daging sebelum mengolahnya menjadi sebuah santapan yang nikmat.

Selain itu, tambahkan pula buah dan sayur saat menyantap daging kambing, guna mencukup asupan serat yang akan memperlancar pencernaan dan mengurangi penyerapan kolesterol. (Ryn)

Baca Juga:

Tips Mengolah Daging Kambing Agar Cepat Empuk

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH