Kemasan Paket yang Baik, Jamin Amannya Barang Kamu Mengemas barang untuk dikirimkan harus berhari-hati. (Foto: Unsplash/Ayub Bebo)

PENYEDIA jasa pengiriman barang memberikan kemudahan bagi warga mengirimkan paket barangnya ke tujuannya. Sayangnya ada saja kendala dalam pengiriman barang, salah satunya adalah kerusakan barang ketika sampai di tujuan.

Kerusakan barang tak melulu kesalahan jasa pengiriman barang. Kamu harus mempersiapkan kemasan paket barang kamu dengan baik. Sebaiknya tahan banting dan kedap air. Berikut ini tips-tips yang bisa kamu gunakan untuk mengirimkan barang menggunakan penyedia jasa pengiriman, menurut Dipta Cinantya yang memiliki akun online shop Beadersweet.

Baca Juga:

Lebih Bahagia dengan Gaya Hidup Minimalis bersama Lyfe With Less

1. Pembungkus berlapis

paket
Bubble wrap berlapis dapat menjaga keamanan paket kiriman. (Foto: Pexels/cottonbro)

Membungkus secara berlapis, hal yang wajib dilakukan dalam menggunakan jasa pengiriman. Ini bertujuan agar barang yang dikirim sampai ke penerima dalam keadaan yang baik dan utuh. Gunakan bubble wrap dengan ketebalan yang cukup agar tahan terhadap benturan dalam proses pengiriman. Selain itu, kamu juga harus menggunakan perekat kuat agar barang tidak bergeser dari pembungkusnya.

2. Kayu

paket
Plapis kayu menjamin barang lebih aman. (Foto: Pexels/Kaboompics.com)

Kayu digunakan sebagai pelapis karena lebih kuat menahan tekanan atau tumpukan. Karenanya, kayu banyak digunakan untuk mengirimkan barang pecah belah dan mudah rusak. Meski begitu, bukan berarti pelapis kayu tidak bisa digunakan untuk mengirimkan barang lain. Kamu tetap bisa menggunakan kayu jika ingin mengirimkan barang dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

3. Alamat penerima

paket
Tuliskan alamat dengan baik untuk memudahkan jasa pengiriman barang. (Foto: Unsplash/Handy Wicaksono)

Sebelum mengirimkan barang, pastikan bahwa kamu menuliskan nama, alamat, dan nomor telepon penerima tanpa kesalahan. Ini agar barang yang kamu kirimkan benar-benar sampai ditujuan dan bukan diterima oleh orang lain. Tuliskan dengan lengkap dan jelas untuk memudahkan pihak penyedia jasa pengiriman dalam memasukan data dan menyortir barang.

Baca Juga:

Bugatti Hadirkan Mobil Anak-Anak Seharga Rp511 juta, Intip Yuk Detailnya

4. Stiker peringatan

paket
Beri stiker atau tulisan peringatan. (Foto: Unsplash/jesse ramirez)

Yang harus kamu waspadai adalah akan banyak yang terjadi selama proses pengiriman barang. Tak jarang barang kiriman sampai ke penerima dalam keadaan yang tidak baik akibat kurang hati-hatinya oknum pengirim barang. Untuk menghindari itu kamu bisa menggunakan stiker peringatan yang ditempelkan pada pembungkus barang. Seperti 'handle with care', 'fragile' atau 'barang pecah belah'. Tujuannya adalah agar penyedia jasa pengiriman lebih berhati-hati dalam menangani paket kamu. Gunakan warna-warna mencolok agar stiker peringatan terlihat dengan jelas.

5. Jasa pengiriman terpercaya

paket
Pilih perusahaan jasa pengiriman barang yang baik dan terpercaya. (Foto: Pexels/Norma Mortenson)

Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih penyedia jasa pengiriman. Selain harga yang dipatok untuk ongkos kirim, kamu juga harus melihat reputasi dari penyedia jasa pengiriman yang kamu pilih. Pastikan bahwa penyedia jasa pengiriman itu memiliki reputasi yang baik dan tidak memiliki banyak keluhan dari pengguna-pengguna sebelumnya demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (psr)

Baca Juga:

Microsoft Rilis Aplikasi Family Safety, Bisa Awasi Anak Bermain Gawai

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH