Microsoft Rilis Aplikasi Family Safety, Bisa Awasi Anak Bermain Gawai Bisa memantau anak bermain gawai. (Foto: The Verge)

PERUSAHAAN raksasa Microsoft baru saja merilis sebuah aplikasi Family Safety untuk iOS dan Android. Mereka telah menguji aplikasi tersebut dalam beberapa bulan terakhir.

Family Safety merupakan produk garapan Microsoft untuk memungkinkan keluarga mengelola penggunaan screentime dan aplikasi. Selain itu, para orangtua menjadi lebih mudah untuk memantau anak dan menetapkan batas waktu aplikasi untuk anak-anak mereka.

Baca juga:

Rayakan Hari Persahabatan Internasional dengan Cara Unik Lewat Snapchat

Mengutip laman The Verge, aplikasi ini sudah tersedia di Google Play Store dan App Store. Aplikasi Family Safety ini sangat membantu orangtua dalam menerima laporan tentang penggunaan aplikasi dan keseluruhan screentime. Bahkan bisa menetapkan batas waktu aplikasi dengan meminta esktensi.

Memiliki content filters. (Foto: SlashGear)
Memiliki content filters. (Foto: SlashGear)

Micorsoft Family Safety juga menyambungkan aplikasi ini di Windows, Xbox, dan Android sehingga batas waktu untuk gim dan aplikasi akan disinkronkan di beberapa perangkat. Hal ini dapat membantu mencegah anak-anak dari menukar perangkat guna mendapatkan jam tambahan untuk bermain Minecraft atau Fortnite. Aplikasi tertentu juga bisa sepenuhnya diblokir.

Baca juga:

Twitter akan Blokir Tautan yang Mengandung Ujaran Kebencian dan Kekerasan

Microsoft juga menambahkan filter pencarian dan web untuk membatasi penjelajah ke situs ramah anak. Filter ini berfungsi di browser Microsoft’s Edge di Windows, Xbox, dan Android. Sebagian besar screentime dan konten ini terbatas pada Android di sisi seluler, tetapi Microsoft mengatakan akan memabwa filter serupa ke iOS.

Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk akun dengan email permintaan pembelian dan membantu mencegah tagihan kartu kredit untuk ribuan V-bucks.

Juga mampu mengecek keberadaan antar anggota keluarga. (Foto: iGamesNews)
Juga mampu mengecek keberadaan antar anggota keluarga. (Foto: iGamesNews)

Family Safety juga dapat digunakan untuk berbagai lokasi antar anggota keluarga. Microsoft menambahkan fitur pengelompokan lokasi baru selama fase beta, yang memungkinkan kamu melihat ketika banyak anggota keluarga berada di lokasi yang sama. Namun, ini menjadi fitur premium untuk pelanggan Microsoft 365.

Bagi pelanggan Microsoft 365, kamu akan mendapatkan fitur keamanan mengemudi dan membantu orang membangun kebiasaan mengemudi lebih baik.

Bagaimana, Sobat Merahputih? Apakah tertarik dengan aplikasi ini? Kamu bisa langsung mengunduhnnya di Google Play Store dan App Store. (and)

Baca juga:

Resmi Dirilis, Sony A7S Mark III Mampu Rekam Video Hingga 4K 120 FPS


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH