Kemarau Panjang Bikin Air Langka, JHL Foundation Bantu Warga Cicalengka

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 01 November 2023
Kemarau Panjang Bikin Air Langka, JHL Foundation Bantu Warga Cicalengka
JHL Foundation melakukan bakti sosial di Kampung Ciakar, Desa Cicalengka. (Foto: Side.Id/Prasso)

MUSIM kemarau panjang melanda berbagai wilayah Indonesia. Termasuk pula Kampung Ciakar, Desa Cicalengka, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Akibatnya, sejumlah warga setempat menderita. Sumur mereka kering. Air pun jadi langka. Aktivitas mereka terganggu.

Merespons kondisi tersebut, JHL Foundation memberikan bantuan kepada warga setempat agar dapat mengakses air untuk keperluan sehari-hari. Sejumlah titik pengeboran pun disiapkan untuk menjadi sumber air bagi warga.

“Hari ini kita ada bakti sosial pengeboran sumur air untuk masyarakat di wilayah Cicalengka yang mengalami kekeringan. Ini baru tempat pertama, besok kita akan ada pengeboran juga dekat sini, masih di Desa Cicalengka juga,” kata Fajrin, Ketua Pelaksana Kegiatan JHL Foundation, kepada Merahputih.com, Rabu (1/11).

Baca juga:

Herloom Serviced Residence Berkonsep Hotel Bintang Empat dan Pet-Friendly

Pengeboran sumur air sudah dilakukan sejak pukul 07.00 wib. (Foto: Side.id/Prasso)
Pengeboran sumur air sudah dilakukan sejak pukul 07.00 wib. (Foto: Side.id/Prasso)

“Ini kan termasuk musibah. Dari pihak JHL Foundation, apa pun musibahnya pasti kita bantu tanpa embel-embel apa pun,” lanjut Fajrin.

Pengeboran sumur air di Kampung Ciakar sudah dilakukan sejak pukul 07.00 WIB dan masih berlangsung hingga pukul 16.00 WIB tadi. Fajrin mengatakan masih ada dua titik lagi untuk pengeboran.

“Setelah itu nanti di Senin, kita akan lanjut ke tujuh titik yang ada di Tanjung Lesung,” sambung Fajrin.

Bakti sosial yang dilakukan oleh JHL Foundation ini beroleh apresiasi dari Yusuf, salah satu perangkat Desa Cicalengka.

Ia mengatakan, masyarakat sangat terbantu berkat pengeboran sumur ini. Musim kemarau dan kekeringan menyebabkan warga harus berjalan kurang lebih 500 meter untuk mendapatkan air bersih.

Baca juga:

Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, Carstensz Mall Gelar Cosplay Costume Nusantara

Langkah ini diharapkan dapat membantu warga sekitar mendapatkan air bersih. (Foto: Side.id/Prasso)
Langkah ini diharapkan dapat membantu warga sekitar mendapatkan air bersih. (Foto: Side.id/Prasso)

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada JHL Foundation yang tanpa pamrih memberikan bantuannya, khususnya di Desa Cicalengka. Sudah tiga bulan ini kita mengalami kekeringan. Warga harus jalan kaki ke masjid untuk mengambil air buat keperluan mandi, minum, dan cuci piring,” kata Yusuf.

Di musim kemarau ini, lanjut Yusuf, warga saling membantu untuk menguatkan satu sama lain. Ada warga setempat yang tunanetra dan hidup sendirian di rumah. Untuk kebutuhan airnya, warga setempat membantu sang nenek dalam beraktivitas. Terlebih dalam situasi sulit ini.

“Air keran aja enggak nyala. Ember di sini kosong. Air minum juga enggak ada. Di rumah ini kedalaman pipanya 16 meter, tapi air tetap enggak mengalir,” kata Yusuf.

Saidi, Ketua RW 04 Kampung Ciakar Saidi, juga berpendapat serupa Yusuf. Ia mengapresiasi langkah JHL Foundation memberikan bantuan di tengah kesulitan air yang dialami warga.

“Sangat terima kasih sudah membantu masyarakat. Harapannya untuk JHL Foundation, semoga apa pun yang dilakukan lancar dan sukses,” tutup Saidi. (and)

Baca juga:

Bike Enthusiast Ramaikan Grand Opening The Cobbs Bistro Alam Sutera

#JHL Group #Kemarau #Musim Kemarau
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan