Jokowi Ambil Alih Perbaikan Jalan Rusak di Lampung

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 05 Mei 2023
Jokowi Ambil Alih Perbaikan Jalan Rusak di Lampung
Jalan rusak di Provinsi Lampung yang dilintasi kendaraan Presiden Joko Widodo (ANTARA/Dian Hadiyatna)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek langsung jalanan rusak di Lampung, Jumat (5/5). Jokowi menggunakan mobil 'Indonesia 1' berjibaku melintasi jalanan yang rusak parah. Dia tampak didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Dari video yang beredar, tampak Jokowi di dalam mobil dengan jendela kanan kiri mobil di buka. Mobil sedan hitam yang ditumpangi Jokowi itu melintasi jalanan yang rusak dan bergelombang. Mobil terlihat belok ke kanan dan ke kiri untuk menghindari lubang-lubang di jalanan.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Rumah Kadinkes Provinsi Lampung Disita KPK

Terlihat juga warga yang menunggu di sepanjang jalan. Teriakan "Pak Jokowi, Pak Jokowi", juga terdengar saat Jokowi melintas.

Dalam keterangannya, Jokowi menyinggung dampak jalan rusak terhadap harga sembako di pasar saat berkunjung ke Lampung Selatan.

Jokowi mengatakan infrastruktur, terutama jalan, menjadi bagian penting dalam pembangunan daerah. Hal itu karena jalan akan berdampak pada distribusi logistik, termasuk bahan makanan.

"Biaya logistik itu sangat bergantung baik tidaknya infrastruktur yang kita miliki ya," kata Jokowi di Pasar Natar, Lampung Selatan, Jumat (5/5).

Ia ingin mengingatkan pemerintah daerah untuk mengedepankan pembangunan infrastruktur.

Baca Juga:

Pelaku Penembakan Kantor MUI Pernah Rusak Kantor DPRD Lampung

Dia memahami pemerintah daerah punya keterbatasan anggaran untuk membangun jalan. Ia akan memerintahkan Kementerian PUPR untuk membantu memperbaiki jalan rusak.

"Provinsi tidak memiliki kemampuan, kemudian kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih oleh kementerian PU, utamanya yang jalannya rusak parah," ucap Jokowi yang mengenakan kemeja putih lengan panjang ini.

Dalam keterangannya di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, pada Kamis (4/5) kemarin, Presiden juga menyebut bahwa pembangunan infrastruktur jalan merupakan hal yang sangat penting karena akan mendukung arus mobilitas barang maupun orang.

“Begitu jalan rusak–apalagi jalan produksi–akan mengganggu yang namanya komoditas itu, mobilitas orang, mobilitas barang, biaya logistik akan naik sehingga barang itu tidak bisa bersaing dengan provinsi lain, daerah lain, atau negara lain,” jelas Presiden.

Untuk itu, dalam kunjungan kerja kali ini Kepala Negara ingin memastikan bahwa infrastruktur jalan di Provinsi Lampung dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakatnya.

“Kita harus tahu semuanya manfaat infrastruktur ada di situ,” tandasnya. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Gerak Cepat KPK, Kadinkes Lampung Diamankan

#Bandar Lampung #Joko Widodo #Presiden Joko Widodo
Bagikan
Bagikan