Jenis Jam Tangan dan Cara Pakainya Jam tangan menjelma menjadi aksesoris untuk gaya. (Unsplash/Jonathan Francisca)

JAM tangan sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia. Jam tangan menjadi kebutuhan untuk mengetahui waktu. Menurut Fashionbeans, seiring dengan berkembangnya zaman, kemudian menjadi bagian dari gaya hidup. Namun tak semua jam tangan dapat dipakai untuk berbagai kesempatan.

Jam tangan yang kemudian menjadi barang koleksi seseorang didasarkan dari kesukaan seseorang pada jenis jam tangan tertentu. Kemudian jam tangan menjadi semacam identitas pemakainya dan 'dipaksakan' hadir pada berbagai kesempatan.

Baca Juga:

Kesalahan Umum Pria Saat Pakai Jam Tangan

jam
Beda kesempatan beda pula jam tangan yang harus dipakai. (Pexels/Mister Mister)

Aviasi

Jam tangan aviasi atau jam tangan pilot diproduksi sejak tahun 1904 oleh Louis Cartier yang dipakai oleh Albert Santos-Dumont, seorang pilot yang merupakan temannya. Bentuknya bukan seperti jam tangan pilot saat ini, tidak memiliki chronographdengan desain kotak.

Militer memberikan pengaruh besar terhadap produksi jam tangan ini, seperti Aéronavale Prancis, Kementrian Pertahanan Inggris, Luftwaffe Jerman dan Aeronautica Militare Italia. Umumnya ukuran dari jam tangan pilot saat itu mencapai 55mm, sangat mudah dilihat karena crown-nya yang besar dan bezel bergalur yang tersamar dengan sarung tangan pilot. Perkembangan saat ini menjadikan jam tangan pilot sebagai pilihan favorit, hanya saja kalau dipakai sebaiknya dalam busana kasual.

Diving

Kalau berbicara tentang jam tangan diving tak lepas dari Rolex Oyster yang diproduksi tahun 1926. Sejak saat itu pencitraan ini tak bisa lepas. Menurut International Organisation for Standardisation (ISO), jam tangan diving yang layak dan baik adalah harus unidirectional bezel, dapat terlihat dalam jarak 25 cm meski dalam kondisi cahaya minim, penandaan menit yang jelas, dan luminous.

Tak hanya itu jam tangannya juga harus tahan air, kimia, guncangan, dan magnetik. Termasuk strapnya mampu tetap melekat di tangan. Standar yang harus adalah minimum ketahanan kedalaman adalah 100m. James '007' Bond memakainya untuk kesempatan makan malam resmi, namun bukan dengan tampilan strap karet.

Militer

Ada anggapan bahwa jam tangan yang dirilis oleh kesatuan militer adalah jam tangan militer. Anggapan itu memang ada benarnya. Namun tak begitu juga, sebab ada beberapa produsen jam tangan yang mengeluarkan jam tangan yang diharmonisasikan dengan militer. Ciri jam tangan ini adalah solid, tak menonjol, dan memiliki fungsi yang tepat. Jam tangan Hamilton dinilai memiliki ciri tersebut yang cocok dikenakan oleh personil militer. Tenaga jam tangan itu disebut Khaki Field Mechanical yang menggunakan kuarsa daripada baterai yang menjamin jam tangan ini terus berfungsi. Konon Seiko dan Citizen kerap terliht dipakai oleh para personil militer. Sayangnya jam tangan ini tak cocok untuk kesempatan formil.

Chronograph

Jam tangan ini sangat menarik dilihat orang. Dapat menaikan pamor pemakainya. Namun sayangnya tak semua orang tahu fungsi dan cara mengoperasikannya. Pada dasarnya fungsi dari jam tangan ini adalah perhitungan waktu pada kegiatan, pemisahan waktu pada dua aktivitas, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan itu. Jam tangan ini hadir karena kebutuhan pada aviasi, mobil, bahkan misi luar angkasa. Paul Newman dan Steve McQueen menjadikan jam tangan ini lebih populer.

Baca Juga:

Hati-Hati Jam KW, Begini Cara Tahunya

jam
Jam tangan merupakan aksesori menambah gengsi pemakainya. (Unsplash/LumenSoft Technologies)

Formil

Dalam kesempatan formil dibutuhkan jam tangan yang terlihat elegan yang menunjang penampilan pemakainya. Makanya jam tangan jenis ini biasanya memiliki desain simple, elegan, klasik, dan harus tipis sehingga mudah terselip di lengan kemeja atau jas. Meskipun mudah terselip namun bukan berarti tidak menonjol, jam tangan ini harus mampu menunjukan jati dirinya yang mewah. Jadi baiknya jam tangan ini terbuat atau berlapis logam mulia, strapnya dari kulit terbaik, sebaiknya menghindarkan model gelang. Ketika memakai jam tangan ini, yang kebanyakan mahal, jangan berusaha menunjukan ke semua orang.

Smart

Disebut jam tangan pintar karena hampir menyediakan semua yang dibutuhkan pada zaman ini. Salah satu ciri yang harus ada, layar sentuh, terhubung dengan ponsel, dan memantau kesehatan pemiliknya. Kemudian memiliki aplikasi peta, olahraga, dan beberapa lainnya. Beberapa brand terkenal saat ini sudah merilis jam tangan ini. Meskipun tidak ada larangan, sebaiknya jam tangan ini tak dipakai dalam kesempatan resmi.

Multiple Time Zone

Jam tangan ini memuat wilayah waktu yang ada di Bumi, umumnya dapat memberikan informasi dua waktu. Untuk produksi yang sangat canggih dapat memberikan 37 waktu yang berbeda. Jam tangan ini muncul di tahun1770an untuk memberikan kemudahan para pelancong melihat waktu. Desainnya dibuat oleh Louis Cottier yang membuat ring 24 jam pada jam yang ada berikut dengan ring kota. Desain Cottier kemudian disempurnakan pada tahun 2011 dengan menghadirkan 37 zona waktu yang dibuat oleh Vacheron Constantin pada Traditionelle. (psr)

Baca Juga:

Menilik Koleksi Jam Tangan Mewah Ratu Elizabeth II

Penulis : P Suryo R P Suryo R
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Yang Harus Diperhatikan Saat Konsumsi Tablet Tambah Darah
Fun
Yang Harus Diperhatikan Saat Konsumsi Tablet Tambah Darah

Dapat mengurangi penyerapan zat besi.

MultiVersus Mulai Tahap Open Beta di Seluruh Platform
Fun
MultiVersus Mulai Tahap Open Beta di Seluruh Platform

Tahap open beta akan dirilis pada Juli.

Mitos Seputar Penggunaan Sunscreen
Fun
Mitos Seputar Penggunaan Sunscreen

Banyak kesalahan dan mitos yang kerap kali terjadi atau dipercaya orang saat memakai sunscreen.

BPA Lebih Berbahaya daripada Kandungan Etilena Glikol di Kemasan Air Minum PET
Fun
BPA Lebih Berbahaya daripada Kandungan Etilena Glikol di Kemasan Air Minum PET

Kandungan EG pada kemasan botol air minum PET masih dalam tahap aman.

Pablo Gavi jadi Pencetak Gol Termuda di Piala Dunia Qatar 2022
Fun
Poster 'Pengabdi Setan 2: Communion' Tampilkan Petunjuk Soal Plot Cerita
ShowBiz
Poster 'Pengabdi Setan 2: Communion' Tampilkan Petunjuk Soal Plot Cerita

Pengabdi Setan 2: Communion akan kembali disutradarai Joko Anwar.

Ahli Gizi: Kafein Bisa Tambah Stamina Berolahraga
Fun
Ahli Gizi: Kafein Bisa Tambah Stamina Berolahraga

Kopi terbukti secara medis dapat menambah stamina.

Mercedes-Benz C Class W206 Naik Kelas
Fun
Mercedes-Benz C Class W206 Naik Kelas

Mesin lebih bertenaga, interior lebih mewah, desain lebih elegan, dan kini dengan EQ Boost.

Cek Oli Setelah Sepeda Motor 'Riding' Jarak Jauh
Fun
Cek Oli Setelah Sepeda Motor 'Riding' Jarak Jauh

Oli sepeda motor perlu diganti setelah pemakaian jarak jauh.

Harry Halim Ekspresikan Koleksi 'The Impossible Love' di Jakarta Fashion Week 2023
Fashion
Harry Halim Ekspresikan Koleksi 'The Impossible Love' di Jakarta Fashion Week 2023

Harry Halim menampilkan koleksi terbarunya yang tidak biasa.